Daimler Pelopor Pelatihan Khusus Keselamatan Lalu Lintas Bagi Sopir Truk

Setelah satu hari sebelumnya menggelar School Driving kepada para sopir truk di Kota Surabaya yang diberi tema "Safety First, Efficiency Follow” akhirnya ditutup di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (9/5)

 

Surabaya, Otomotif1.com – Roadshow “Safety First, Efficiency Follow” yang diselenggarakan oleh salah satu media TruckMazg dengan menggandeng PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), yang dimulai pada 8-9 Mei 2018 akhirnya mencapai puncaknya di Kota Surabaya.

Sebagai titik pusat logistik antara bagian barat dan timur Indonesia, Surabaya menjadi salah satu daerah terpadat dan tersibuk. Kota ini menghubungkan persediaan logistik dari Jawa, pusat dari sebagian besar pabrik di Indonesia, ke berbagai provinsi di wilayah timur. Ditambah dengan berbagai perkembangan infrastruktur masif saat ini di seluruh Indonesia, termasuk Surabaya, hal ini berujung pada semakin padatnya jalan raya.

Ditemui Otomotif1 saat penutupan acara, Pemimpin Redaksi TruckMagz Ratna Hidayati mengatakan, “Data dari kepolisian Jawa Timur menunjukkan bahwa truk adalah kontributor signifikan pada kepadatan lalu lintas, khususnya jalan-jalan yang terhubung dengan pelabuhan Tanjung Perak. Di tahun 2015, jumlah kendaraan logistik yang beroperasi di Jawa Timur mencapai 408.894 unit, menjadikan keselamatan lalu lintas sebuah tantangan khusus bagi Kota Surabaya”, katanya.

Daimler menggunakan truck Axor sebagai kendaraan pelatihan bagi para sopir truk di Kota Surabaya.

 

Acara yang juga mendapat dukungan dari Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Timur berlangsung sukses dibeberapa kota di Pulau Jawa, sebelum akhirnya ditutup di Kota Surabaya sebagai kota pemuncak gelaran “Safety First, Efficiency Follow”.

Sementara itu, bagi mercedez-Benz sendiri kampanye keselamatan menjadi prioritas utama sejak pertama kali berdiri pada tahun 1886.

“Pendekatan Mercedes-Benz dalam memastikan keselamatan mengemudi berfokus dalam aksi antisipatif, bukannya reaktif. Pendekatan ini ditandai dengan analisa kecelakaan kendaraan niaga yang dilakukan pihak internal, yang mendukung pengembangan para insinyur dengan menyediakan berbagai informasi mengenai sebab dan akibat setiap kecelakaan. Dan analisa ini menjadi sebuah elemen penting dalam pengembangan pengetahuan kombinasi tanpa tanding dan relevansi praktis dalam bentuk sistem-sistem keamanan aktif dan pasif,” ungkap General Manager Commercial Vehicle Planning and Life Cycle Management South East Asia Region Daimler, Maximilian Knorr yang hadir pada jumpa pers di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (9/5).

General Manager Commercial Vehicle Planning and Life Cycle Management South East Asia Region Daimler, Maximilian Knorr, dalam keterangan persnya dihadapan para wartawan Kota Surabaya Rabu (9/5).

 

Sebagai pemimpin dan perintis di industri kendaraan berat di tanah air, Mercedes-Benz mengembangkan sistem tersebut inhouse dan terus menciptakan inovasi – inovasi baru untuk menciptakan jalur darat yang lebih aman di masa depan. Fitur keamanan ini telah diperkenalkan di kendaraan Mercedes-Benz di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

“Truk dan bus Mercedes-Benz didesain menjadi kendaraan ramah-pengemudi dalam setiap aspek operasional dan kenyamanannya. Seluruh sistem mengemudi dan karakteristik pengontrolan, termasuk Anti-Lock Braking System, LED daytime running light dan kabin dengan kenyamanan maksimal, dirancang sesuai dengan kebutuhan pengemudi, memastikan pekerjaannya menjadi lebih mudah,” sambung Knorr.

Berdasarkan pada hal tersebut, DCVI secara konsisten menekankan pentingnya melengkapi pengemudi pelanggannya dengan pengetahuan tentang keselamatan mengemudi serta regulasi yang berlaku. Untuk mewujudkan hal ini, para pengemudi di setiap kategori kendaraan dibekali dengan pelatihan keamanan mengemudi khusus yang dibawakan oleh instruktur berpengalaman.

Tujuan dari roadshow “Safety First, Efficiency Follow” ini adalah untuk mengedukasi para pengemudi serta pemilik perusahaan tentang keselamatan dan efisiensi dalam berkendara. Bersama-sama dengan TruckMagz, DCVI telah memberikan pelatihan bagi 229 pengemudi di tiga kota.

Tiga pengemudi terbaik telah dipilih berdasarkan kinerja mereka dalam ujian dan praktek, yaitu: Hari Widoyanto, PT Eka Sari Lorena; Puji Ady Ronggo, PT Karya Usaha Baru; dan Dany Ary Wiranugraha, PT Karya Usaha Transport.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here