Demi Mencegah Penyebaran Virus Corona, Distributor Respiro Ridingware Siap Rumahkan Karyawannya

Jakarta, Otomotif1.com – Menyikapi himbauan pemerintah terhada wabah Corona yang terjadi, PT Sinergi Mitra Utama (SMU) sebagai produsen dan distributor ridingware berlabel Respiro, telah melakukan banyak hal dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menghadapi peyebaran virus Corona.

Dalam jangka waktu dua minggu terakhir ini, PT SMU telah melaksanakan dua langkah konkrit yang difokuskan untuk lingkungan internal dan eksternal.

Hal ini disampaikan langsung oleh Marketing Communication& Community Development, PT SMU, Tedy Suryadi, Rabu (25/3) di Jakarta. Menurutnya, beberapa hal penting yang sudah mulai diterapkan kepada seluruh jajarannya dilingkungan kerja PT SMU sejak dikeluarkannya himbauan pemerintah.

“Hal yang sudah kami berlakukan secara Internal itu antara lain bertujuan untuk mematuhi sepenuhnya himbauan Pemerintah dalam menghadapi pandemik Virus Corona ini dengan cara membatasi pergerakan karyawan perusahaan hanya dari rumah ke kantor saja bagi yang memang pekerjaannya harus stay di kantor dan memberikan kebijakan bekerja dari rumah bagi karyawan yang bisa melakukan pekerjaannya dari rumah atau karyawan tersebut dalam kondisi kurang sehat,” ujarnya.

Target yang utama bagi PT SMU adalah meningkatkan kualitas kebersihan dan higienitas lingkungan kerja, dengan penyemprotan desinfectan di seluruh area kerja serta menyediakan hand sanitizer di setiap bagian ruangan yang digunakan sebagai akses publik.

Lebih jauh Tedy menuturkan, perusahaannya juga membuat kebijakan darurat untuk menyediakan dan menyediakan kebutuhan Vitamin C, Vitamin E setiap hari untuk dikonsumsi oleh seluruh karyawan yang tetap beraktifitas di kantor, serta menyediakan masker bagi seluruh karyawan terutama yang sedang kurang fit kesehatannya sebelum dipulangkan atau disarankan untuk bekerja dari rumah.

“Saat ini pihak manajemen akan melakukan tindakan tegas bagi karyawan yang terbukti melakukan pelanggaran ketentuan pemerintah atau perusahaan yang berakitan dengan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona, dengan memberikan SP-1 atau merumahkan sementara karyawan tersebut sampai kondisinya kembali aman dari potensi penyebaran virus setelah tidak menjadi carrier,”  tegasnya.

Langkah tegas yang diambil oleh PT SMU bukan hanya sebatas pada aktivitas di dalam area lokasi kerja. Tapi, langkah tersebut juga diterapkan secara Ekternal, misalnya melakukan pembatasan kunjungan supplier, relasi dan juga meeting, jika memungkinkan dilakukan melalui online meeting dengan platform digital.

“Melakukan tindakan pencegahan dengan penyemprotan cairan desinfectan setiap hari di seluruh area Gudang Friendly Logistik Respiro dan seluruh petugas gudang wajib menggunakan masker dan sarung tangan ketika menyiapkan barang keluar-masuk gudang,” ujarnya.

Hal lain yang juga dilakukan adalah dengan melakukan penyemprotan desinfectan kepada semua barang yang akan dikirim dan sudah dalam keadaan ter-packing karena barang-barang Respiro tidak termasuk dalam kategori makanan, sehingga penyemprotan kemasan masih memungkinkan dilakukan.

“Yang tak kalah pentingnya adalah, melakukan pengawasan langsung secara periodik setiap hari nya terhadap pelaksanaan seluruh SOP di atas agar berjalan sesuai standar,” pungkas Tedy menutup pembicaraan.

Reporter-SonnyWibz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here