Di Balik Kenyamanan Berkendara, Ini Dia Seabrek Fitur Keamanan Mitsubishi Xpander Hingga Sukses Raih Bintang 4 dari ANCAP

Otomotif1.com – Menyapa masyarakat Indonesia lewat sebuah kendaraan concept yang bernama XM Concept pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Mitsubishi Xpander kendaraan keluarga dengan model Low Multi Purpose Vehichle (LMPV) apertama kali muncul pada sebuah situs web Mitsubishi Motors pada 17 Juli 2017, kemudian diperkenalkan pada 24 Juli 2017 di Jakarta, sampai akhirnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan secara resmi pada tanggal 10 Agustus 2017 diajang GIIAS.

Kehadiran Mitsubsihi Xpander sukses membentot perhatian masyarakat Indonesia, karena modelnya yang benar-benar mendobrak pakemnya sebagai kendaraan keluarga di Indonesia.

Sebagai kendaraan keluarga, Mitsubishi Xpander memang sengaja dikembangkan khusus untuk pasar Indonesia dan sesuai dengan kontur dan atmosfir di negeri yang memiliki beragam jenis medan dan kontur jalanan.

Kendaraan yang memiliki silangan MPV dan SUV (Sport Utility Vehicle) hadir langsung menggebrak pasar otomotif keluarga Indonesia. Boleh dikatakan mobil ini sangat sempurna untuk melibas semua kontur jalanan yang ada di seluruh Indonesia.

Beberapa hal yang menjadi kunci kesuksesan Xpander di Indonesia bukan hanya dari segi tampilan eksterior yang menjadi inspirasi bagi banyak kendaraan di tanah air, tapi juga dari fitur kenyamanan sebagai kendaraan keluarga misalnya ruang kabin yang lega, senyap serta suspenski yang stabil dan handal.

Sebenarnya Otomotif1.com sudah beberapa kali mencoba kenyamanan Mitsubishi Xpander sejak pertama kali diluncurkan di GIIAS 2017 di Serpong Tangerang, sampai menjajal kenyamanan Mitsubishi Xpander melibas padatnya Kota Surabaya bahkan untuk sekadar pulang pergi Surabaya-Malang, mobil ini luar biasa nyaman dan minim noise alias senyap.

Jika menilik dari kelebihan Mkitsubishi Xpander sebenarnya terlatak dari rancang bangun kendaraan yang ternyata memiliki andil besar pada kenyamanannya, salah satu kunci dari keunggulan Xpander terletak pada wheel track atau jarak antara lebar kendaraan yang biasa dihitung dari sumbu roda kanan dan roda kiri.

Mitsubishi Xpander memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.695 mm. Dengan wheel track Mitsubishi Xpander seperti ini berada di angka 1.700 mm hingga 1.720 mm.

Dengan kata lain, kenyamanan dalam berkendara menggunakan Mitsubishi Xpander begitu tinggi, hal ini sangat berpengaruh pada penggunanya, terutama jika melakukan perjalanan malam, mata tidak mudah lelah akibat sorotan lampu dari kendaraan lain yang berlawanan arah.

Selain memiliki tingkat kenyamanan yang mumpuni, Mitsubishi Xpander juga memiliki tingkat keamaman terbaik di kelasnya.

Pihak pabrikan telah menyematkan beragam fitur keselamatan aktif maupun pasif bekerja sebelum atau mencegah terjadinya kecelakaan. Fitur keselamatan ini bekerja secara kompurterisasi, sebelum mobil hilang kendali atau akan menabrak.

Adapun fitur-fitur keselamatan aktif seperti Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA).

Sedangkan fitur keselamatan pasif bekerja ketika mobil terkena benturan atau kecelakaan. Ada banyak fitur pasif, beberapa di antaranya adalah Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter, serta Isofix atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak.

Selain itu, adalagi fitur keselamatan laun yaitu Active Stability Control untuk mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat kendaraan bermanuver.

Rangka body juga termasuk sebagai fitur yang bisa meredam terjadinya kecelakaan yang fatal, seperti boy RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) yang ditanam pada Mitsubishi Xpander.

RISE adalah teknologi rangka body yang dibuat dari High Tensile Metal, sehingga bagian dalam kabin terlindungi dari benturan karena rangkanya lebih kuat.

Teknologi RISE sendiri merupakan kesatuan antara body dan sasis untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Efektif menyerap energi tabrakan dari segala arah (depan, belakang, samping), sekaligus juga untuk meminimalisir kerusakan dan menjaga penumpang dalam kabin agar tetap aman.

Dalam tabrakan hebat, fitur ini menjaga bentuk interior tetap utuh, sehingga kemungkinan selamat pada penumpang menjadi lebih besar.

Selain itu, ada juga fitur Pedestrian Protection yang dibuat sedemikian rupa agar lebih aman bagi pejalan kaki. Fitur ini merupakan struktur peredam energi benturan di kap mesin, bumper, dan fender untuk minimalisir deformasi akibat benturan serta minimalisir cedera bagi pejalan kaki.

Fitur ini mampu menekan dampak kecelakaan terhadap pejalan kaki melalui built impactabsorbing di material kap mesin dan bumper depan. Dalam kasus ketika terjadi tabrakan, cidera diminimalkan dengan bentuk depan yang akan membulat dan terbuat dari bahan non-logam.

Selain itu, fitur lain keselamatan dari Mitsubsihi Xpander saat berkendara juga memberikan rasa nyaman bagi seluruh penggunanya, karena Mitsubshi Xpander sudah dibenamkan fitur seperti Emergency Stop Signal, HAS atau Hill Start Assist, juga ASC atau Active Stability Control, yang membawa produk ini ke level yang lebih tinggi dari sekedar kendaraan LMPV biasa.

Dengan fitur yang jauh di atas para kompetitornya tidak mengherankan jika Mitsubishi Xpander sukses meraih bintang 4 dari Asean New Car Asessment Program (ANCAP). Pengguna Mitsubsihi Xpander di tanag air tentunya boleh berbanga hati, Mitsubishi Xpander yang dijual di indonesia pada bulan september 2017 lalu, adalah mdel MPV mitsubishi pertama yang diuji oleh asean ncap. Secara keseluruhan, XPANDER memperoleh skor 71,66 poin.***

 

 

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img