Dibeli Pengusaha Surabaya, Segini Harga OTR Toyota GR Supra di Jatim

Gresik, Otomotif1.com – Dari sekian banyak dealer Toyota di Jawa Timur, nampaknya keberuntungan , berpihak pada PT Arina Parama Jaya (Arina Toyot) dealer resmi Toyota yang berlokasi di Jalan Veteran, Gresik Jawa Timur. Pasalnya, Arina Toyota sukses membukukan SPK penjualan perdana sport car Toyota GR Supra di Jawa Timur.

Menurut penuturan Branch Manager Arina Toyota Gresik, Steven P Gunarto Toyota GR Supra dibeli oleh seorang pengusaha asal Surabaya, yang namanya enggan disebutkan seharga Rp 2,125 milyar (OTR Jatim).

“Kami bersyukur, dealer kami menjadi yang pertama berhasil menjual satu unit kendaraan sport car Toyota GR Supra kepada konsumen kami. Selain karena harganya yang cukup mahal, permintaan untuk sport car ini sangat terbatas, pada tahun 2019 ini saja penjualan untuk Indonesia hanya diberikan kuota sebanyak 12 unit, dan satu unit diantaranya kami berhasil menjualnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Steven menuturkan kepada Otomotif1, Senin (16/12).”Meski dibanderol dengan harga fantastis, namun peminat kendaraan ini sebenarnya cukup banyak, tapi kuotanya sendiri oleh Toyota Astra Motor (TAM) sangat terbatas apalagi indennya cukup lama sampai harus menunggu 6 bulan, karena kendaraan ini dikirim langsung (CBU) dari Austria dan bukan dari Jepang”.

“Pada awal tahun lalu, TAM sudah mendistribusikan 4 unit kepada konsumennya, sedangnya sisanya sebanyak 8 unit baru didistribusikan bulan Desember 2019 ini, dan dealer Arina Toyota menjadi satu-satunya dealer di Jawa Timur yang mendapatkan kuotanya,” sambungnya.

Meski permintaan terhadap Toyota GR Supra bukan hanya di Indonesia tapi juga di pasar global cukup tinggi, namun penjualan kendaraan ini sangat dibatasi kuotanya oleh pihak pabrikan. Itulah kenapa kendaraan begitu special, karena untuk Indonesia hanya dipasarkan sebanyak 12 unit dalam setahun.

Toyota GR Supra pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2019, sempat menjadi primadona saat kemunculan perdana kendaraan sport hasil kolaborasi BMW Z4 ini. Selain itu, Toyota Supra ini sangat terkenal dikalangan penggila game, khususnya sejak PS 2 diperkenalkan beberapa tahun lalu, Toyota Supra menjadi pilihan para pecandu game balap.

GR Supra adalah generasi ke-5 dari legenda sportcar Toyota Supra yang generasi pertamanya diluncurkan pada 1978. Nama GR sendiri berasal dari GAZOO Razing yang merupakan bagian dari Toyota Motor Corporation (TMC) yang bertugas membuat mobil Toyota yang lebih emosional dan menyenangkan.

Dalam pengembangannya, GR Supra melewati serangkaian uji coba di lintasan sirkuit dan berbagai jalan raya. Targetnya, menemukan komposisi dan kunci terbaik sportscar sejati namun tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari.

Selain itu, GR Supra juga dikembangkan untuk dapat mencapai kinerja sensitivitas yang tinggi dimana setiap dinamika atau gerak mobil bisa menimbulkan emosi kegembiraan (Supreme Fun to Drive) dan dapat membuat koneksi yang kuat dengan pengemudinya. Menghasilkan drivability yang kuat menjadi salah satu poin utama dalam pengembangan GR Supra agar bisa tercapai.

Guna lebih memperkuat drivability, gardan GR Supra dilengkapi teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang dikontrol secara elekronik. Fitur ini mampu membuat mobil meluncur mulus saat di tikungan, dan segera bisa dipacu begitu berada pada track yang lurus. Fitur LSD ini sangat diperlukan mengingat keputusan para engineer untuk tetap mempertahankan konfigurasi legendaris Supra dengan mesin 3.000 cc Turbo 6- silinder segaris. GR Supra dilengkapi transmisi 8-speed Sport Automatic. Mesin 3.000 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 340 PS yang dicapai pada putaran mesin 5.000-6.500 rpm dan torsi maksimal sekitar 500 Nm pada putaran 1.600-4.500 rpm.

Sebagai sportcar sejati, GR Supra juga dilengkapi dengan titik optimal dari tiga elemen kunci stabilitas kendaraaan yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity). Para engineer memutuskan untuk memperkecil rasio wheelbase menjadi 2.470 mm, pusat gravitasinya lebih rendah, dan distribusi berat kendaraan dibuat seimbang atau 50:50 antara bagian depan dengan belakang. Keseimbangan tiga elemen inilah yang yang membuat GR Supra tetap stabil dalam berbagai kondisi lintasan, terutama saat melewati tikungan.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here