Diramaikan 215 Starter, Yamaha Sunday Race 2018 Berlangsung Seru Di Sirkuit Sentul

 

Jakarta, Otomotif1.com – Diramaikan 215 starter, gelaran Yamaha Sunday Race (YSR) 2018 putaran perdana yang berlangsung di Sirkuit Sentul Bogor dimulai, dengan 10 kelas yang dilombakan tengah berlangsung Minggu (8/4).

Ajang yang langsung dipromotori Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai ATPM Yamaha di Indonesia, nampaknya akan semakin seru dengan kehadiran kelas baru R25 Comm B. Terbukti,  kategori R25 Comm B ternyata memiliki jumlah peserta terbanyak dengan jumlah 62 starter, mereka datang dari berbagai komunitas Yamaha R25, bahkan mereka dengan setia turut ikut YSR selama 3 tahun terakhir ini sejak 2015 YSR di gelar.

“Peserta yang baru ikut musim ini dibuatkan kelas khusus, ‘R25 Comm B Beginner’ pesertanya luar biasa langsung 29 pembalap yang terdaftar. Mereka datang dari berbagau komunitas R25 seperti YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), R25 Rock, YARRCI (Yamaha R25 Rider Cub Indonesia) dan Cornering Indonesia. Tidak mau kalah seru, musim ini kelas Superstock  bertambah bergairah dengan 13 starter,” ungkap Kadek Suma, Divisi Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Begitu pula di kelas R15 yang ternyata tidak kalah serunya di ajang YSR 2018 kali ini. Aksi para pembalap junior tak pelak menjadi pusat perhatian karena ini juga termasuk kelas baru di ajang YSR 2018.

“Kelas ini kami beri nama All New R15 Idemitsu Junior Pro,  pesertanya berasal dari para pembalap junior yang selama ini bertarung di kelas Motoprix MP5 dan MP6 dan sebanyak 17 pembalap muda berbakat ikut serta di dalamnya. Syarat mutlak maksimal berusia 16 tahun, diproyeksikan untuk pembalap masa depan Indonesia, yang suatu saat mampu membuktikan Merah putih Semakin Di Depan” ungkap Kadek.

Para rider ini datang dari berbagai penjuru tanah air seperti Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Madura dan Jawa. Seperti salah satu rider Nia Ramdhani yang datang dari Sumatera Utara, Medan, kemudian Andi Mahmud Mappeganti dari Sulawesi Tengah ataupun Fahmi Basam asal Sulawesi Tengah. Mereka bernaung di sekolah balap seperti D45 Road Racing Academy, Bob’s R7 Racing School, Rey Racing School dan Hendriansyah Racing School.

All New R15 Idemitsu Junior Pro, aksi para pembalap junior yang menjadi pusat perhatian karena ini juga termasuk kelas baru di ajang YSR 2018

 

Jadi untuk pacuan All New R15 yang merupakan motor sport yang merupakan penyempurnaan dari R15 yang langganan Juara Nasional di IRS dan tidak terkalahkan. All New R15 dengan VVA memiliki tenaga tertinggi di kelasnya disediakan langsung Yamaha Indonesia. Perkembangan mengejutkan Saat kualifikasi terjadi penajaman waktu yang signifikan. Hal ini sangat membuat kami optimis metode edukasi balap sport yang terseleksi dan terarah ini mampu mengakselerasi kemajuan dunia balap di Indonesia.

“Metode belajar bersama dengan pembalap senior yang sangat berpengalaman sangat efektif, dimulai dengan briefing pagi hari, dilanjutkan medical check-up agar mereka dapat mengetahui kondisi tubuh mereka sendiri dan ditekankan kepada pembalap muda tersebut pentingnya Persiapan diri sebelum balapan. Dicontohkan cara komunikasi intensif dengan teknisi, review hasil latihan dan cara mengevaluasinya, lengkap pokoknya !,“ terang Kadek Suma, Divisi Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Hasilnya Luar biasa, pembalap pembalap muda tersebut mengalami peningkatan waktu yang sangat tajam saat kualifikasi dibandingkan saat latihan bebas. Seperti petarung asal Sulawesi dari tim Yamaha PRS, Fahmi Basam yang sebelumnya mengukir 2 menit 08,262 detik (FP), kemudian menjadi 2 menit 02,284 detik saat kualifikasi Sabtu  (7 April).

“Saya memperbaiki racing-line berdasarkan masukan yang saya terima dari Instruktur dan yang utama ialah makin bersemangat dan optimis dapat mempertajam catatan waktu,“ tutur Fahmi Basam yang masih berusia 13 tahun dan beberapa waktu lalu merebut podium juara MP5 dan MP6 dalam Motorprix 2018 Sidrap, Sulsel.

Ajang YSR 2018 kali ini selain pertarungan para racer yang berasa dari komunitas dan kelas professional yang digelar Minggu (8/4), hadir pula hiburan menarik yang akan menghibur para penonton, seperti aksi freestyle yang akan dilakukan oleh Wawan Tembong freestyle yang menjadi juara ditingkat Asia.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here