Diuji Toyota Owner Club, 3 MPV Toyota Tempuh Jarak 6.800 km Lintasi Timor Leste

 

Jakarta, Otomotif1.com – Difasilitasi PT Toyota-Astra Motor (TAM), 3 komunitas pengguna Toyota (Toyota Owner Club) akan menjajal ketangguhan Toyota Kijang, Avanza Veloz dan Sienta dengan menempuh jarak 6.800 km, melintasi 6 pulau dan menyeberangi 5 selat untuk sampai di Dili, ibukota Timor Leste.

Ini untuk pertama kalinya yang juga merupakan perjalanan terpanjang dengan menggunakan multi model produk Toyota yang akan ditempuh oleh 3 komunitas  yang berada dibawah naungan TOC yaitu, Toyota Kijang Club (TKCI), Veloz Community Velozity dan Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA).

“Toyota-Astra Motor mendukung aktifitas TOC yaitu touring lintas negara Indonesia – Timor Leste yang bertajuk Beyond Beautiful Indonesia. Selain menjadi ajang untuk membuktikan durability mobil-mobil Toyota dalam menempuh jarak yang cukup  jauh dengan medan jalan yang beragam, aktifitas ini juga akan mengeksplore destinasi wisata menarik sepanjang rute perjalanan sehingga bisa menjadi informasi yang positif bagi masyarakat,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata, pada acara pelepasan rombongan  TKCI, Velozity dan Tosca, di Jakarta, Kamis (29/3).

Perjalanan touring lintas Negara Indonesia-Timor Leste akan ditempuh selama hampir sebulan lebih, di mulai pada 29 Maret di Jakarta dan direncanakan tiba di Dili pada 10 April 2018, dan kembali ke ibukota pada akhir April 2018.

Menggunakan masing-masing satu unit Toyota Kijang Buaya (generasi pertama Kijang) dan All New Kijang Innova (generasi ke-6 Kijang),  Avanza Veloz (2012), Grand New Veloz (2015) dan Al New Sienta (2016),  rombongan melintasi beberapa kota besar dan kecil di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores dan Timor Leste.

Selain singgah pada beberapa destinasi wisata yang menjadi kebanggaan Indonesia, termasuk lokasi-lokasi wisata menarik yang belum tersentuh, selama perjalanan tersebut rombongan TOC juga akan melakukan beberapa aktivitas lingkungan dan sosial dengan mengikutsertakan komunitas TOC, serta masyarakat sekitar. Selain membangun mushola, rombongan TKCI, Velocity dan Tosca juga akan melakukan pembersihan sampah di pantai-pantai yang menjadi destinasi wisata, pemeliharan terumbu karang, aktifitas pendidikan cinta lingkungan bagi siswa, serta donasi buku dan seragam sekolah.

“Kami harapkan perjalanan ini dapat memberikan manfaat dalam menumbuhkan kesadaran akan cinta lingkungan kepada masyarakat, sejalan dengan komitmen Toyota untuk senantiasa peduli terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan untuk meraih masa depan yang lebih baik. Dan dengan berbagai kelebihan dari kendaraan Toyota yang digunakan,  semoga rombongan TOC dapat menikmati perjalanan tersebut dengan aman dan nyaman tanpa menemui hambatan apapun hingga kembali ke tempat tujuan,” kata Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

Toyota Kijang kehadirannya tak lepas dari respon Toyota terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serba guna di pertengahan 1970-an. Kijang awalnya sengaja dirancang sebagai kendaraan yang sesuai karakter dan spesifik pasar, serta kondisi geografis Indonesia melalui kehadiran generasi pertamanya yang diluncurkan pada Juni 1977 dalam konsep Basic Utility Vehicle (BUV).

“Selain untuk  memperlihatkan kepada publik tentang daya tahan dan kenyamanan, serta keamanan dari MPV Toyota yang diproduksi di Indonesia, Keikusertaan Toyota Kijang, Avanza-Veloz dan Sienta juga menunjukkan kemampuan industri otomotif Indonesia dalam mengembangkan kendaraan MPV produk local yang handal, tangguh dan merupakan andalan ekspor berkualitas global,” ungkap Soerjopranoto.

Sementara,kehadiran Veloz tidak terlepas dari kesuksesan Toyota menghadirkan Avanza sebagai low MPV untuk mendukung mobilitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui riset mendalam yang selalu dilakukan Toyota terhadap setiap produk yang akan diluncurkannya. Kondisi geografis, infrastruktur jalan, demografi masyarakat Indonesia yang semakin dinamis sesuai dengan daya beli yang dimiliki, serta tuntutan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih telah mendorong Toyota menghadirkan Veloz pada 2011.

Sedangakan Sienta adalah MPV yang diproduksi oleh Toyota untuk pasar Jepang dan Indonesia. Mobil ini sudah mulai diproduksi secara massal di  Toyota Karawang Plant 2, Jawa Barat, pada akhir Juni 2016. Sementara, mesin NR-engine dengan Dual VVT-i yang digunakan Sienta sudah diproduksi di Toyota Karawang Plant 3 yang diresmikan pada bulan Maret 2016. Mobil ini tersedia dalam empat pilihan tipe, yaitu E, G, V dan Q.

“Keikutsertan Toyota Veloz, Toyota Kijang dan Toyota Sienta sebagi  dua MPV produk global Toyota Indonesia yang kehadirannya mampu melebihi ekspekatsi masyarakat, tak hanya lekat dengan julukan mobil yang nyaman dan aman bagi keluarga Indonesia, tetapi juga teruji menyusuri jalan-jalan raya di Indonesia yang mempunyai kontur beragam,” tandas Soerjopranoto.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here