Suzuki Ertiga VS Avanza beserta Kelebihan dan Kekurangan Lengkap

Dua MPV ini sama-sama banyak konsumennnya. Sama-sama mobil pilihan terbaik bagi para keluarga Indonesia. Persaingan diantara kedua mobil ini juga cukup sengit dengan segala spesifikasi dan fitur-fitur yang lengkap dan juga berkualitas. Jadi tak heran jika kedua mobil ini selalu dibanding-bandingkan satu sama lain. Bagi anda yang mungkin tertarik dengan kedua mobil ini namun masih bingung yang mana yang sebenarnya lebih cocok untuk kebutuhan anda. Artikel kali ini akan membahas kelebihan juga kekurangan Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza. Simak penjelasan dibawah ini

Kelebihan Suzuki Ertiga

  1. Desain Eksterior dan Interior

Hal pertama yang perlu kita bahas adalah kelebihan Suzuki Ertiga. Kelebihan pertama terletak pada bagian eksterior dan juga interiornya. Tampilan body dan interior mobil ini memang sudah dikenal elegant dan menjadi daya tarik bagi konsumennya. Tampilan elegan dari eksterior mobil ini didiukung dengan adanya peletakan lampu berukuran besar yang dilengkapi halogen. Tak hanya itu saja, body nya juga terlihat kokoh dan tangguh untuk kelas low MPV.

Sedangkan untuk sisi interiornya. Juga terdapat kesan elegant didalamnya. Kabinnya juga cukup lega, dapat menampung hingga 7 penumpang didalamnya. Bahkan ukuran kabinnya lebih luas jika dibandingkan dengan mobil lainnya dalam kelas low MPV lainnya. Ternyata tidak hanya itu, legroom dan headroom mobil juga cukup luas sehingga membuat penumpang lebih nyaman selama berkendara.

Baca Juga ( Heboh, Suzuki All New Ertiga Disambut Meriah di Surabaya )

  1. Performa Mesin

Kelebihan Ertiga yang kedua adalah pada performa mesinnya. Ertiga menggunakan mesin K14B DOHC VVT dengan 16 katup 4 in-line silinder. Mesin mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 95 PS/6000 rpm. Meski masih tergolong kecil, Suzuki Ertiga sudah dibekali dengan penggerak toda depan yang memiliki peforma baik sehingga tenaga yang berasal dari mesin dapat terdistribusikan langsung menuju roda. Dengan begitu,  Ertiga mampu melaju hingga 100km/jam dalam waktu 14 detik dan mencapai top speed 160km/jam. Disamping itu,  mesin VVT nya juga sudah dibekali fitur MPI, Drive Wire Technology, Metal Timing Chain yang membuat peforma maksimal namun tetap hemat bahan bakar.

  1. Konsumsi Bahan Bakar yang Hemat

Ini juga faktor dimana Ertiga banyak dipilih para keluarga di Indonesia, karena memang konsumsi bahan bakarnya yang irit. Konsumsi bahan bakar mobil Ertiga ini cukup hemat, penggunaan 1 liter dapat digunakan untuk berjalan pada 12-18 kilometer. Hal ini karena didukung penyaluran tenaga menggunakan FWD sehingga membuat bahan bakar menjadi lebih irit.

  1. Impresi dan Handling

Meski body nya cukup panjang dan besar namun handling Ertiga cukup baik. Mobil ini suspensi yang mumpuni dan membuat stabilitas mobil menjadi lebih baik. Suspensi bagian depan menggunakan sistem McPherson Strut dan suspensi belakang menggunakan rigid axle plus torsion.

Baca Juga ( Komparasi Harga Suzuki All New Ertiga Diantara para Kompetitornya )

  1. Fitur Keamanan Lengkap

Dibandingkan competitor lain dikelasnya, Suzuki Ertiga dibekali dengan fitur-fitur keamanan yang lengkap, seperti : Air bags, immobilizer, amrest di bagian bangku belakang, sistem pengereman ABS dan EBD yang menjaid keunggulan tersendiri dari Suzuki Ertiga.

  1. Rasio Transmisi Panjang

Kelebihan Ertiga selanjutnya adalah terletak pada rasio transmisi yang panjang. Dengan rasio transmisi yang panjang ini saja akan membuat pengemudi Ertiga lebih mudah melakukan akselerasi. Selain itu, kondisi rasio transmisi yang panjang juga akan membuat kendaraan dapat dengan mudah melintasi di medan off road sekalipun.

Kekurangan Suzuki Ertiga

   1. Muncul Bau Sengit Saat Kecepatan Tinggi

Kekurangan yang pertama dari Suzuki Ertiga yang sering terlihat adalah adanya bau sangit saat Ertiga dikendarai dengan kecepatan tinggi. Kecepatan tinggi ini tepatnya diatas 100 Km/Jam. Bau sangit ini dikarenakan material ceramica catalic coverter yang mengeluarkan bau yang begitu sangit saat suhu mobil tinggi. Bahkan bau sangit ini daoat menembus hingga ke kabin mobil dan tentu saja akan sangat menganggu.

2. Cat Body Mobil

Kekurangan selanjutnya adalah pada Cat body mobil. Cat yang digunakan melapisi bagian luar mobil ini sangatlah tipis jika dibandingkan dengan mobil-mobil dikelasnya. Bahkan anda juga dapat melihat jika terdapat beberapa bagian luar mobil yang QC nya kurang terlalu baik.

 3. Ban Mobil

Kekurang Ertiga lainnya terletak pada ban mobilnya. Kualitas bannya memang dirasa kurang baik. Namun untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mencoba mengisinya dengan nitrogen dan lakukan penggantian ban setiap 40.000 km.

4.  Jok Tidak Dapat Dilipat

Walaupun kabin Ertiga cukup lega namun sayang, pada bangku di baris kedua dalam kabin Suzuki Ertiga tidak dapat dilipat. Padahal bangku di baris ketiga dapat dilipat yang membuat bagasi menjadi lebih luas. Tak hanya itu saja, pelipatan jok mobil ke arah belakang dapat membuat jok mobil cepat kotor dikarenakan cairan yang berasal dari barang barang bawaan dapat tertumpah ke jok mobil.

5. Sulit Melalui Tanjakan Saat Kabin Penuh

Karena memang Tenaga mesin yang hanya 95 PS saja, ini membuat Ertiga sulit melalui tanjakan saat kabinnya penuh. Ini tentu membuat tidak nyaman jika anda pergi ke suatu tempat yang penuh dengan tanjakan.

Setelah tuntas membahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga, selanjutnya adalah Kelebihan dan juga kekurangan Toyota Avanza. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Toyota Avanza :

Kelebihan Toyota Avanza

1.      Irit Bahan Bakar dan Bertenaga

Mobil yang dikenal sejuta umat ini memang dikenal akan mesinnya yang irit sehingga cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, apalagi saat anda melakukan perjalanan jauh, anda tidak melulu mampir ke SPBU. Disamping itu, dengan dibekali mesin tipe IL 4 Silinder 16 Valve DOHC VVT-I, ini membuat Avanza dapat menghasilkan tenaga maksimal sekitar 104 Hp/6000 rpm dan torsi maksimal mencapai 137 Nm /4000 rpm.

Baca Juga ( Cara Merawat Avanza Sendiri dengan Baik )

2.      Harga Jual Stabil

Karena memang cukup laku dipasaran, mobil ini memiliki harga jual yang stabil dipasaran. Jadi jika anda ingin menjual mobil ini, anda tidak perlu khawatir dihargai dengam harga jual yang rendah.

3.      Sistem Keamanannya Lengkap

Ini merupakan yang terpenting dalam sebuah perjalanan. Bicara soal sistem keamanan, Avanza sudah dibekali dengan beberapa fitur fitur terlengkapnya, mulai dari sistem pengereman ABS dan Dual SRS Airbags yang mana merupakan fitur keselamatan wajib yang perlu ada di dalam sebuah kendaraan.

Kekurangan Toyota Avanza

  1. Sering Limbung Dalam Kecepatan Tinggi

Kekurangan Toyota Avanza yang pertama yakni Limbung jika dikendarai dengan kecepatan tinggi. Mobil yang satu ini memang terasa empuk saat digunakan dalam kecepatan rendah, namun ketika digunakan dalam kecepatan tinggi akan terasa limbung, karena lingkaran pegas spiral nya cukup lebar sehingga mobil akan sangat bongsor jika dibandingkan dengan dimensi pada shockabsrober serta ukuran mobil.

  1. Aki Sering Bermasalah

Kekurangan sekaligus masalah lainnya adalah Aki Avanza sering bermasalah. Ini umumnya terjadi ketika mobil sulit dinyalakan saat mesin panas. Namun ini tidak terjadi pada Avanza keluaran terbaru.

  1. Sirip Ventilasi Cepat Memudar

Kekurangan selanjutnya terletak pada Sirip Ventilasi pada mobil. Sirip ventilasi di bagian bawah wiper mobil Avanza ini memang cepat sekali memudar, meskipun mungkin anda sudah mengantisipasinya dengan cairan pengkilap. Sehingga jika Sirip ventilasi memudar, tentu saja membuat tampilan mobil anda tidak menarik lagi.

Perbandingan

Ertiga VS Avanza

  1. Ukuran Mobil

Pebedaan yang terlihat dari kedua mobil ini adalah ukurannya. Meski sekilas terlihat sama saja namun nyatanya dari segi ukuran, kedua mobil ini berbeda. Untuk Suzuki Ertiga, memiliki dimensi 4.265×1.695×1.685mm. Sedangkan untuk Avanza memiliki dimensi 4.120×1.635×1.695mm.

  1. Fitur Mobil

Perbedaan lainnya, pada fitur yang dimiliki. Ertiga dari segi fitur, memang lebih mewah dibandingkan dengan kompetitornya. Ini sangat terlihat pada dashboard mobil, sistem audio, serta terdapat kontrol yang dapat diatur langsung oleh pengemudi. Sedangkan untuk Toyota Avanza, Fitur-fitur yang ada pada Ertiga tersebut hanya terdapat pada kelas tertingginya (Avanza Veloz).

  1. Mesin Mobil

Mesin dari kedua mobil ini pun berbeda. Suzuki Ertiga disenjatai dengan mesin 1400 cc 4 SIlinder segaris yang didukung dengan Multi Point Injection. Sedangkan untuk Toyota Avanza hadir dengan 2 pilihan mesin yaitu 1300 cc dan juga 1500 cc.

Baca Juga ( Perbedaan Mobil Avanza dan Xenia, Mana yang Lebih Baik? )

Nah itulah perbedaan serta kelebihan dari dua mobil yang tengah populer saat ini yakni Toyota Avanza dan juga Suzuki Ertiga. Pada dasarnya setiap mobil memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang mana yang lebih membuat anda tertarik?

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here