Etios Valco VS Honda Brio

 

Perbandingan dalam artikel kali ini yakni antara Toyota Etios Valco dan Honda Brio. Keduanya merupakan perbandingan yang cukup ketat yang terjadi pada hatcbzck dan Sedan. Mobil-mobil ini juga cukup laris di pasaran. Jika anda sedang tertarik dengan kedua mobil ini dan ingin membelinya salah satu saja, mungkin informasi mengenai kelebihan dan kekurangan antara Toyota Etios Valco dan Honda Brio ini akan sangat bermanfaat untuk anda.

Kelebihan Etios Valco

  1. Kabin Mobil Lega

Kelebihan Etios Valco yang pertama adalah terletak pada kabin mobil. Toyota Etios Valco memiliki kabin mobil yang cukup bahkan paling lega di kelasnya. Hal ini dapat dilihat dari terakomodasi penumpang yang ada di dalam kabin dengan tinggi mobil mencapai 175 cm. Dengan ukuran tersebut, penumpang tidak harus mengalami adu dengkul maupun kepala dengan plafon mobil.

  1. Ukuran Bagasi Lapang

Bagi anda yang suka berbelanja dan melakukan perjalanan jauh tentu mendambakan mobil dengan bagasi yang lapang. Bagasi mobil Etios Valco juga termasuk cukup lega dibandingkan dengan mobil kompetitor lainnya. Meskipun memang masih berukuran kecil jika dibandingkan dengan  Suzuki Splash ataupun Daihatsu Sirion, namun jika dibandingkan pada Mitsubishi Mirage dan Honda Brio, kedua mobil ini akan kalah jauh dibandingkan dengan Etios Valco.

  1. Bahan Bakar Irit

Kelebihan yang ketiga dan yang paling dicari adalah penggunaan bahan bakar etios valco cukup irit. Mobil yang dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1200 cc ini, lebih irit bahan bakar. Hal ini terbukti dengan ada tes uji yang beberapa kali dilakukan oleh majalah-majalah otomotif Indonesia. Walaupun bukan yang paling irit dalam kelasnya, namun mobil ini tetap menjadi favorit konsumen karena penggunaan bahan bakar nya yang cukup irit.

  1. Cooler Box

Ini letak spesialnya Etios Valco. Etios Valco merupakan satu satunya Hatchback yang ada di Indonesia yang ia dibekali fitur kotak pendingin (Cooler Box) yang ditempatkan di Console Box di Dashboard. Fitur ini, dapat menjaga minuman agar tetap dingin saat dikonsumsi selama perjalanan.

  1. Steering Switch

Fitur Etios Valco memang cukup lengkap. Bagi anda yang senang mendengarkan audio selama berkendara, tentunya anda tidak ingin kesulitan dalam menyentuk console yang ada di tengah dashboard agar dapat mengganti ataupun mengubah channel dan volume audio yang ada di mobil. Anda cukup menggunakan jempol tanpa perlu melepas setir kemudi mobil.

  1. Fitur Safety

Kelebihan Etios Valco yang terakhir adalah terletak pada fitur Safety nya. Etios Valco memberikan fitur Safety berupa SRS Airbags yang mana dapat menjamin keselamatan dan keamanan pengendara. Sehingga mengurangi terjadinya resiko benturan pada penumpang di dalamnya.

Kekurangan Etios Valco

  1. Desain Spedometer Kurang Pas

Kekurangan Etios Valco yang pertama terletak pada Desain Spedometernya yang kurang pas. Spedometer diletakkan di tengah sehingga tidak sesuai dengan posisi pengemudi.

  1. Sistem Audio Lama

Kekurangan Etios Valco yang kedua terletak pada sistem Audionya. Sistem audio yang digunakan dalam Toyota Etios Valco ini masih menggunakan sistem audio dengan tipe yang lama, sehingga di dalam mobil anda tidak dapat memutar beragam file. Bahkan anda tidak dapat memutar berbagai file dari smartphone anda.

  1. Fog Lamp

Kekurangan yang selanjutnya adalah pada fog lamp Etios Valco. Tidak semua tipe Etios Valco dilengkapi dengan lampu kabut. Meskipun beberapa tipe diantaranya sudah terdapat fog lamp, namun fitur ini tidak diberikan pada semua tipe.

  1. Material Interior Mobil

Kekurangan Etios Valco yang terakhir adalah pada material interior mobil. Tidak hanya itu, material yang menyusun interior mobil ini menggunakan bahan yang biasa biasa saja, sehingga tampilan interior mobil juga terlihat biasa dan kurang menunjukkan kesan modern dalam kabin mobil.

Baca Juga ( Inilah Mobil Yang Nyaman Untuk Perjalanan Jauh )

Kelebihan Honda Brio

  1. Peforma Mesin 

Bahkan untuk sejenis kelas hatchback, Honda Brio memiliki tenaga yang paling besar yaitu 1300 cc. Oleh sebab itu, manuver mobil ini cukup bagus dan juga sangat lincah. Performa mesin juga didukung oleh mesin kapasitas 1,3 L SHOC i-VTEC yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 100 Ps pada putaran 6000 rpm dan toris mencapai 13 kg.m pada putaran 4800 rpm.

  1. Handlingnya Stabil

Sistem handling mobil ini cukup stabil ketika digunakan, hal inilah yang membuat sistem kemudiannya tidak mudah loss. Sehingga baik wanita sekalipun akan sangat mudah mengendari mobil ini.

  1. Irit Bahan Bakar

Jika anda mencari mobil yang irit bahan bakar, mungkin Honda Brio ini sangat cocok untuk anda. Honda Brio menggunakan sistem tekhnologi PGM-FI pada sistem pasokan bahan bakarnya. Hal inilah yang membuatnya dapat menekan penggunaan bahan bakar kendaraan. Untuk satu liter-nya saja, Mobil ini dapat mencapai 20 km.

  1. Mudah Dikendarai pada Jalanan yang Sempit

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya desain eksterior Honda Brio memang kecil. Hal ini tentu memudahkan pengemudi untuk dapat membawa mobil pada jalanan-jalanan yang sempit sekalipun. Bahkan tidak sulit bagi pengemudi untuk menggerakkan mobil meskipun kondisi jalanan sangat terbatas.

  1. Ramah Lingkungan

Honda Brio mengusung konsep LCGC (Low Car Green Car). Mobil ini memang diproduksi dengan tujuan yang serta merta ramah lingkungan dan harganya pun murah

Baca Juga ( World Premier Brio RS Generasi Baru Di GIIAS 2018 )

  1. Sistem Keamanan Canggih

Seperti mobil-mobi; pada umunya, Honda Brio dilengkapi dengan fitur kemanan yang sangat lengkap. Mulai dari Dual SRS Airbags serta Pretensioner Seatbelt yang dilengkapi dengan Load Limiter. Selain itu, mobil ini juga terdapat teknologi G-Force Control + ACE yang berfungsi meredam dan melindungi kabin mobil pada saat terjadi tabrakan atau terjadi sebuah benturan.

  1. Fitur Hiburan Lengkap

Ini yang sangat menyenangkan karena Honda Brio dilengkapi dengan fitur-fitur hiburan yang lengkap dan juga canggih. Dengan Double Din, anda bisa memutar MP3, Single Disc, USB port dan radio pada mobil ini. Tentu saja hal ini akan membuat perjalanan jauh pun tidak terasa lama ditempuh.

Kekurangan Honda Brio

  1. Jok Bagian Belakang

Kekurangan yang pertama dari Honda Brio adalah dapat anda lihat pada kursi yang terletak dibagian belakang yang memang kurang nyaman ketika ditempati oleh orang-orang dewasa. Kaki penumpang yang duduk di bagian belakang akan mentok, karena kurang luasnya area sekitar kaki.

  1. Bagasi Sempit

Kekurangan Honda Brio selanjutnya adalah terletak pada bagasi. Bagasi yang dimiliki Honda Brio sangat sempt. Meskipun dari luar terlihat cukup bongsor, namun faktanya ukuran bagasi Honda Brio sangat kecil. Sehingga saat berpergian jarak jauh, anda tidak bisa membawa barang terlampau banyak.

  1. Desain Interiornya Terlihat Murah

Dari luar, Honda Brio memang terlihay keren dan sporty, namun bisa dilihat pada desain interior mobil yang terlihat sangat sederhana terutama pada bagian dashboard, tentu saja ini sangat berbeda dari desain-desain mobil masa kini. Peletakan AC Mobil pada bagian kanan dan kiri dashboard seperti yang memang umum digunakan dan untuk bagian joknya, sayang sekali Honda Brio masih menggunakan material bahan yang sangat tipis, sehingga membuat pengemudi kurang nyaman jika harus melewati jalanan-jalanan yang rusak.

  1. Central Lock yang Tidak Otomatis

Kekurangan yang lainnya adalah Central Lock pada Honda Brio tidaklah otomatis mengunci langsung saat mobil akan melaju.

Perbandingan Etios Calvo dan Honda Brio

  1. Harga Mobil

Perbedaan yang paling terlihat dari Etios Valco dan Honda Brio adalah harga kedua mobil ini. Etios Valco memang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan Honda Brio. Untuk Etios Calvo dibanderol dengan harga Rp 150,5 Juta. Sedangkan pada Honda Brio dibanderol dengan harga Rp 131,5 Juta.

  1. Tenaga dan Torsi

Perbedaan yang kedua adalah pada Tenaga dan torsinya. Etios Valco, mesin kendaraannya dapat mengeluarkan tenaga hingga 77 Ps dan Torsi mencapai 104 Nm. Sedangkan pada Honda Brio dapat mengeluarkan tenaga hingga 89 Ps dan Torsi mencapai 110 Nm.

  1. Dimensi Mobil

Dimensi kedua mobil ini juga berbeda satu sama lain. Pada Etios Valco memiliki dimensi 3775x1695x1510 mm yang mana lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Brio yang memiliki dimensi 3640x1680x1485 mm.

  1. Sistem Suplai Bahan Bakar

Perbedaan selanjutnya terletak pada suplai bahan bakar yang digunakan pada kedua mobil ini. Untuk Etios Valco sendiri dibekali dengan teknologi EFI. Sedangkan pada Honda Brio dibekali dengan PGM FI yang mana merupakan andalan dari Honda.

  1. Pilihan Warna

Perbedaan terakhir terletak pada pilihan warnanya. Mobil Etios Valco hadir dengan 6 pilihan warna yang menarik di pasaran. Sedangkan untuk Honda Brio sendiri hadir dengan pilihan warna yang lebih banyak sekitar 8 warna.

Baca Juga ( Ignis VS Ayla )

Nah, kira-kira itulah tadi penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihan antara Etios Valco dan Honda Brio. Jadi, yang mana yang membuat anda tertarik?

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here