First Impression Kawasaki Ninja ZX-25 R di Kota Pahlawan Surabaya

Otomotif1.com – Setelah sukses diluncurkan di Jakarta pada Juli 2019 lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melalui dealer resminya untuk Jawa Timur, Bali dan Lombok yaitu PT Surapita Unitrans kembali memperkenalkan Kawasaki Ninja ZX-25R atau Ninja ZX 250R kepada masyarakat Surabaya.

Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya menjadi wilayah yang wajib bagi Kawasaki Indonesia untuk membawa motor fenomenal ini untuk diperkenalkan kepada masyarakat kota Surabaya.

Perlu diketahui, Surabaya memiliki masyarakat penggila motor terbesar di Indonesia. Hampir semua pabrikan motor dunia hadir di Surabaya. Sebut saja, KTM, Harley-Davidson, Ducati, Triumph bahkan BMW Motorrad meski berusia tidak lama karena masalah internal.

PT Surapita Unitrans sangat paham bagaimana menghadirkan motor sport kepada masyarakat Kota Pahlawan ini. Terbukti, beragam catatan positif telah diraih oleh dealer Kawasaki terbesar yang ada di wilayah Indonesia timur.

Nah, pada hari Sabtu, (15/8/2020) ketika seorang blogger Leopold Sudaryono melakukan test ride Kawasaki Ninja ZX- 25R, dijadikan kesempatan oleh PT Surapita Unitrans untuk memperkenalkan Ninja ZX-25R kepada komunitas Kawasaki di Surabaya dan juga beberapa media yang hadir di sana.

Dalam kesempatan tersebut, Jefry Chandra, General Manager PT Surapita Unitrans yang ditemui Otomotif1 di lokasi acara, Sabtu (15/8/2020) mengatakan. Kegiatan ini bukan official launch, jadi kebetulan hari ini ada Leopold memang mau ngetes Kawasaki
Ninja ZX-25R dari Semarang ke Surabaya.

“Kan imagenya motor sport hanya cocok untuk wilayah perkotaan dan tidak cocok untuk dengan jarak jauh, nah kebetulan pada hari ini Leopold ini melakukan testimoni bahwa motor ini bukan cuma cocok untuk dalam kota saja, tetapi untuk jarak jauh juga oke,” ujarnya.

Perlu diketahui, hadirnya Ninja ZX250R dengan mesin empat silinder sejajar, sempat menghebohkan para penggila motors port di tanah air.

Bukan cuma mesinnya yang berkapasitas 250 cc yang begitu responsif, tapi juga riding position nya yang memang terinspirasi dari rangka motor diajang World Superbike yang kemudian diaplikasikan kepada motor kelas 250 cc ini.

Hal inilah yang menjadikan banyak para tester motor ini terkagum-kagum bukan cuma lantaran muntahan power dari mesin agresif Kawasaki Ninja ZX-25R, tetapi juga riding position yang memang sangat nyaman di lintasan balap tapi juga lintasan jalan umum.

Menurut penuturan Leopold sendiri sangat mengakui, yang menjadi daya tarik utama dari para pemilik Ninja ZX-25R ini adalah sensasi ketika memutar throttle untuk melakukan akselerasi di tikungan.

“Sensasinya begitu menyenangkan pada saat putaran mesin meningkat dan pada saat raungan putaran rpm tinggi dari mesin empat silinder sejajar bergema, seakan mirip seperti kita membesut sebuah superbike,” ujarnya kepada Otomotif1.

Berikut adalah beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para pemilik Kawasaki Ninja ZX-25R.

Fitur Elektronik

Kawasaki Ninja ZX-25R memiliki fitur elektronik canggih dan terbaru dari Kawasaki Corporation yaitu, Kawasaki Traction Control (KTRC).

Ninja ZX-25R adalah yang pertama menggunakan fitur Traction Control di kelas sport 250cc. Dengan 3 mode berkendara dan dapat disetel Off.

Kemudian ada juga fitur Power Mode Selection yang dapat diatur dengan mode full atau low.

Kawasaki Quick Shifter (KQS)

Fitur ini hanya ada di type tertinggi dari Kawasaki Ninja ZX-25R. Fitur KQS ini berguna untuk mengakomodasi pengendara merasakan keunggulan lebih dari mesin Ninja ZX-25R ketika berada ditikungan. Hal inilah yang menjadi nilai plus ketika motor ini melaju melibas tikungan maupun ketika motor menurunkan kecepatan.

Fitur Quick Shifter (upshifts dan downshifts) dipasang dan merupakan yang pertama di kelas 250cc. Fitur KQS sendiri baru berfungsi di atas 2.500 rpm.

Rangka

Hadirnya Ninja ZX-25 R meman terinspirasi dari Ninja ZX-10R, yang telah memenangkan ajang WSBK 5 kali berturut-turut.

Karena itu itulah, Ninja ZX-25R menawarkan kemudahan manuver baik berkendara di dalam kota dan karakter supersport handling ketika berkendara di sirkuit.

Terinspirasi dari ajang racing World Superbike ketika memutuskan komponen utama rangka motor ini dan perhatian lebih untuk mencapai keseimbangan yang sempurna berkontribusi ke motor Ninja ZX-25R.

Sebagai hasilnya, handling Ninja ZX-25R mirip dengan Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R ketika memasuki tikungan.

Ketika berkendara melalui tikungan, ketenangan tingkat tinggi dan feedback yang baik dapat memberi pengendara rasa aman dan nyaman yang terhubung dengan lintasan dan memberi rasa percaya diri untuk mengeksplorasi batas berkendara.

Suspensi SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston)

Ninja ZX-25R menggunakan suspensi depan inverted (USD) fork dengan diameter 37 mm dan menggunakan teknologi SFF-BP untuk penggunaan harian dan menawarkan performa di sirkuit.

Horizontal Back-link Rear Suspension

Untuk suspensi belakang, menggunakan Horizontal Back link menawarkan karakter progresif karakter yang berkontribusi handling motor superport. Lagi-lagi fitur ini merupakan debut pertama di kelas 250cc dan mirip dengan Ninja ZX-10R

High-Performance Supersport Brakes

Diameter besar dari disc brake depan (310 mm) menggunakan “radial-mount monobloc caliper” dan disc brake belakang dengan diameter besar (220 mm) memberikan pengereman yang kuat dan menyalurkan “brake touch” dahsyat, membantu pengendara mengatur kecepatan yang pas di tikungan dan mengontrol ketika berkendara dalam kemacetan kota.

Riding Posotion

  1. Riding position yang agresif menempatkan pengendara di posisi yang terbaik untuk memanfaatkan keunggulan handling superport Ninja ZX-25R yang gesit.
  2. Tangki bensin yang mudah dijepit kedua kaki menawarkan kontak yang baik dengan motor.
  3. Bantalan jok yang kokoh menawarkan potensi sport riding dan kenyamanan.
  4. Karena disain dari jok dan seat height 785 mm, Ninja ZX-25R menawarkan jangkauan mudah ke tanah.
  5. Footpeg alumunium dengan disain supersport menawarkan direct feel dan kontrol yang baik.
  6. Brake dan clutch lever yang dapat disetel

Styling

Sebagai mesin yang paling powerful di kelas 250cc, Ninja ZX-25R dengan gaya Ninja yang agresif memancarkan aura kekuatan yang ganas dan ledakan mesin dalam aksinya.

Dengan Ram Air intake yang terletak di tengah cowling bagian atas, mengukuhkan Ninja ZX-25R mempunyai kelas tersendiri dibanding model 250cc yang lain.

Twin LED headlights menjadikan Ninja ZX-25R “stand out” dan memberikan penerangan istimewa. Spoiler winglet yang tajam berkontribusi terhadap tampilan Ninja family yang gagah.

Air duct samping yang berfungsi sebagai pendingin mesin melalui udara dan garis agresif yang membuat Ninja ZX-25R lebih stylish. Silencer dengan disain pendek memberi kesan ringan, racy image dengan lubang akhir besar mencerminkan
performa tinggi dari Ninja ZX-25R.

Panel Instrumen

Panel instrumen berdisain canggih dengan tachometer analog besar diapit oleh lampu indikator dan indikator gear dan LCD screen multi fungsi di sisi lain.

* Indikator posisi gear di tengah meningkatkan pemindahan gear yang presisi
* Lampu indikator shifting gear
* Selain dari digital speedometer dan indikator posisi gear, fungsi display lain termasuk      odometer, dual trip meter.

Indikator bahan bakar, sisa jarak tempuh, konsumsi bahan bakar rata rata dan pada saat berkendara, temperatur udara, temperatur coolant (dalam bentuk grafik bar dan juga tersedia dalam angka) penunjuk jam, Indikator Power mode dan KTRC, Indikator KQS(SE models) dan Indikator eco riding.

Mesin

Mesin terbaru 249 cm3 Liquid-cooled 4-stroke In-Line Four Mesin In Line Four Ninja ZX-25R memberikan performa yang melampaui kelas 250cc lain, performanya terbaik di kelasnya dengan Maksimum power 51 PS dengan ram air power 50 PS tanpa ram air.

Dikembangkan dari mesin Ninja ZX Supersport lainnya, mesin baru ini menawarkan putaran mesin yang cepat, respon throtlle yang cepat dan berkarakter fleksibel yang mengkombinasikan torsi low-mid yang kuat untuk city riding dan power “screaming” di rpm tinggi untuk riding di sirkuit yang mencapai lebih dari 17.000 rpm.

Suara mesin yang mengagumkan

Intake dan exhaust Ninja ZX-25R dibuat dengan detail untuk menambah pengalaman menyenangkan dalam mengeksplorasi mesin In Line Four.

Electronic Throttle Valves

Electronic Throttle Valves memberikan respon mesin yang smooth dan natural yang difasilitasi juga Traction Control, power mode dan quick shifter (upshifts and downshifts) sehingga pengendara dapat merasakan sensasi lebih dari mesin Ninja ZX-25R.

Centre Ram Air System

Ram Air duct system dengan posisi tengah yang merupakan fitur Trademark dari beberapa model Kawasaki Ninja ZX dan dirancang dari feedback Ninja H2, meningkatkan efisiensi berkontribusi pada peningkatan kinerja mesin.

Special Promo

PT Surapita Unitrans memberikan promo untuk 2.000 pembeli pertama akan mendapatkan layanan gratis Kawasaki Road Service selama satu tahun.

Hadir dengan dua varian, Kawasaki Ninja ZX-25R dibanderol dengan harga OTR Jatim
untuk Std Rp 99.800.000 dan tipe tertinggi SE Rp118.800.000.

UPDATE TERBARU

Related news

Semakin Dekat dengan Konsumen, BMW Astra Surabaya Resmikan BMW Luxury Store di Grand City Mall Kota Surabaya

Otomotif1.com - Guna memenuhi keinginan konsumen yang ingin melakukan modifikasi tapi dengan asesoris asli BMW, nampaknya tidak perlu pusing lagi untuk mencarinya. Tinggal, datang...

Tampil Lebih Racing Dengan Ubahan Terbaru, Suzuki Wagon R Edisi Khusus 50 Tahun Suzuki Kini Bisa Dipesan di UMC

Otomotif1.com - Merayakan 50 tahun kehadiran Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara virtual meluncurkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition, Sabtu...

Ini yang Membuat DFSK Super Cab Laku Keras di Daerah Perbukitan Seperti Malang

Otomotif1.com - Sampai saat ini, banyak orang bertanya apa sih hebatnya DFSK Super Cab? Padahal kendaraan yang menggunakan dua jenis bahan berbeda bensin dan...

Semakin Dekat Masyarakat Kota Pahlawan, KTM Husqvarna Hadir di Wiyung Surabaya

Otomoti1.com - Konsistem dan komit dalam mengembangkan KTM di Indonesia, khususnya dalam hal pelayanan kepada konsumen di Kota Pahlawan, KTM Indonesia terus dikembangkan dengan...
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here