Fungsi Aki Secara Umum yang Wajib Anda Ketahui

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen mobil yang satu ini. Umumnya pengendara mobil pasti tidak asing dengan accu atau aki. Entah yang sudah lama mengendarai mobil ataupun bagi pemula, apakah anda sudah tahu benar fungsi umum aki yang sebenarnya?

Accu atau aki sendiri adalah sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel ( dapat berbalikan ) dan memiliki efisiensi yang sangat tinggi. Adapun proses elektokimia yang reversibel  adalah bahwasanya di dalam baterai tersebut tempat berlangsungnya proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik ( proses pengosongan ).

Nah, artikel kali ini akan membahas lebih detail mengenai fungsi aki secara umum. Apa saja fungsi aki secara umum? Simak artikel dibawah ini :

  1. Penyimpanan Energi

Fungsi aki yang pertama adalah sebagai tempat untuk penyimpanan energi. Baterai atau aki pada mobil mempunyai fungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia di dalam kendaraan anda.

  1. Komponen Penyuplai Energi Ke Starter

Fungsi umum aki yang kedua adalah sebagai penyuplai energi ke starter. Energi yang disimpan dalam baterai tersebut akan di suplai ( digunakan untuk menyediakan ) aliran listrik ke dalam starter. Jadi ketika anda akan menstarter kendaraan anda, komponen yang memiliki peran utama adalah komponen aki ini.

Baca Juga ( 10 Komponen Penyusun Aki Mobil )

  1. Komponen Penyuplai Energi Ke Sistem Pengapian

Fungsi umum aki yang ketiga adalah sebagai komponen penyuplai energi ke sistem pengapian pada kendaraan anda. Sistem pengapian juga merupakan salah satu sistem yang sangat penting dalam kendaraan anda. Sistem pengapian ini adalah sistem yang berperan dalam menjalankan mesin mobil anda. Jadi, jika sistem pengapian bermasalah sudah pasti mesin mobil anda tidak akan berjalan normal sesuai dengan yang seharusnya.

  1. Komponen Penyuplai Energi Ke Bagian Lampu

Fungsi umum aki selanjutnya adalah penyuplai energi ke bagian lampu. Lampu termasuk salah satu aksesoris penting yang ada dalam mobil anda. Jika mobil anda tidak ada lampu, tentu pada saat malam hari, anda tidak dapat berkendara dengan baik. hari. Fungsi umum aki ini juga tentunya berfungsi untuk memberikan atau menyuplai energi ke lampu tersebut agar bisa digunakan.

  1. Komponen Penyuplai Energi Ke AC

Aki memiliki fungsi umum yang sangat serbaguna, selain yang telah disebutkan diatas, Adapun fungsi umum aki yang lainnya adalah untuk menyuplai energi pada AC.

  1. Komponen Penyuplai Energi Ke Komponen Yang Lainnya

Fungsi umum aki yang terakhir adalah untuk menyuplai energi listrik ke komponen yang lainnya di dalam mobil anda. Salah satunya adalah ke bagian audio atau video yang ada di dalam kendaraan anda. Jika aki tidak mensuplai energinya ke komponen tersebut, maka dapat  dipastikan komponen audio atau video anda tidak akan bisa anda gunakan.

Baca Juga ( Jenis Aki Mobil – Kekurangan dan Kelebihan )

Nah, ternyata itu tadi beberapa fungsi umum aki pada kendaraan anda. Semoga senantiasa menambah wawasan anda sekalian. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di otomotif1. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here