Fungsi Busi Pada Mobil Terlengkap Beserta Penjelasannya

Salah satu komponen pada mobil adalah busi. Secara umum, fungsi busi pada mobil berguna untuk menyalakan mesin mobil. Hampir semua kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil, membutuhkan busi. Busi adalah komponen yang sangat vital karena jika busi anda rusak atau bermasalah, mobil tidak akan bisa dinyalakan.

Umumnya, banyak orang sudah memahami manfaat busi tapi tidak dengan caranya bekerja. Di sistem pembakaran, busi memercikkan bunga api kemudian membakar campuran bahan bakar yang telah dikompres dan udara. Koil pengapian membangkitkan arus listrik bertegangan tinggi dan mengalirkannya ke distributor hingga ke busi.

Ketika di busi terjadi lomptan arus listrik dari elektroda tengah ke negatif. Lompatan itu menghasilkan bunga api yang membakar campuran bahan bakar dan udara. Selain menghasilkan bunga api, masih ada beberapa lagi fungsi busi pada mobil.

Berikut beberapa fungsi busi pada mobil:

  • Menyalakan Mesin

Fungsi busi pada mobil yang paling umum adalah untuk menyalakan mobil. Sudah dijalankan sebelumnya di poin ketiga dan keempat bagaimana kombinasi listrik dan bahan bakar mampu menyalakan mobil. Salah satu penyebab performa mobil yang tidak maksimal kemungkinan ada di businya. Bersihkan businya agar kerusakannya tidak menular ke bagian yang lain. Biasanya kalau busi bermasalah maka akibatnya mobil seperti tersendat.

  • Menstabilkan Mesin

Fungsi yang pertama ialah menstabilkan mobil. Busi yang bagus dan tidak bermasalah berpengaruh ke kestabilan mesin mobil. Entah secara langsung atau tidak. Kadang kala, busi yang sudah waktunya ganti bisa membuat mesin mobil agak terganggu. Bisa juga mesin malah tidak bisa dinyalakan. Lebih baik anda segera membawa mobil ke bengkel.

  • Cadangan Listrik

Selain itu, manfaat busi pada mobil bisa sebagai cadangan listrik pengganti aki. Biasanya, sumber listrik berasal dari aki. Tapi aki memiliki umur tersendiri. Tentu dari waktu ke waktu performa dan keandalan aki semakin berkurang. Ketika aki sudah tidak bisa diandalkan lagi, anda masih memiliki busi.

Komponen busi  berpotensi sebagai penghasil listrik. Karena ada elektroda yang terhubung ke koil pembakaran dan ini mampu menghasilkan listrik. Meski kemampuannya tidak sekuat aki. Tapi janagan terus-terusan mengandalkan pada busi. Sama seperti aki, lama-lama umur busi juga akan berkurang. Lebih baik segera lakukan penggantian aki ketika dirasa aki sudah soak. Harga aki mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 1.500.000.

  • Pembakar Bensin

Fungsi busi yang lainnya ialah untuk membakar bensin. Dari pembakaran itu maka mesin mobil dapat menyala. Masalahnya, jika businya buruk takutnya malah mobil tidak menyala. Atau bisa juga menyala tapi malah jalannya agak tersendat.

  • Penghasil Listrik

Selain itu, busi juga berperan sebagau pnghasil listrik. Biasanya manfaat busi pada mobil yang satu ini bisa dilihat ketika menguji busi. Ketika ada percikan busi waktu didekatkan logam berarti busi masih layak dipakai. Tentu waktu mesin dihidupkan. Percikan barusan terjadi karena temperatur. Karena temperatur inilah percikan listrik terbentuk. Dengan listrik yang dihasilkan busi, mobil bisa menyala dan dijalankan.

Nah, itu tadi, busi beserta manfaatnya. Sudah paham bukan? Kalau begitu, mari merawat busi dengan baik supaya nyaman dalam berkendara. Semoga artikel ini bermanfaat!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here