Fungsi Filter Bahan Bakar Mobil Secara Umum dan Penjelasannya

Filter bahan bakar mobil memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga performa kendaraan mobil anda agar tetap terjaga. Namun sayangnya masyarkat kita tidak tahu fungsi umum dari filter bahan bakar mobil ini. Sehingga mereka yang tidak tahu sering kali melalaikan perawatan terhadap filter bahan bakar mobil tersebut.

Salah satu komponen sistem bahan bakar pada kendaraan roda empat atau mobil disebut dengan nama fuel filter. Komponen yang satu ini diletakkan diantara tangki dan juga pompa bahan bakar. Artikel kali ini akan membahas lebih mendalam mengenai fungsi umum Filter bahan bakar mobil. Lebih jelasnya, simak dibawah ini :

  1. Berfungsi Sebagai Menyaring Kotoran

Fungsi umum sekaligus utama Fuel filter adalah sebagai alat i untuk menyaring kotoran  yang terdapat pada bahan bakar yang akan mobil anda gunakan. Jika bahan bakar pada kendaraan anda tidak dilakukan proses filter atau penyaringan terlebih dahulu, maka dapat dipastikan akan menimbulkan banyak masalah.

Baca Juga ( Fungsi Fuel Pump dan Cara Kerjanya )

  1. Berfungsi Sebagai Penyaring Elemen Air Dari Bahan Bakar

Fungsi umum yang kedua adalah sebagai komponen yang berfungsi menyaring elemen air dari bahan bakar anda. Di dalam bahan bakar yang akan anda gunakan dalam kendaraan anda, bukan tidak mungkin  di dalamnya terdapat elemen air yang akan mengganggu performa kendaraan anda nantinya. Jadi dengan adanya filter bahan bakar ini maka akan mengurangi kemungkinan tercampurnya bahan bakar anda dengan elemen yang lainnya yang tidak baik bagi bahan bakar itu sendiri.

  1. Berfungsi Sebagai Alat Menurunkan Kecepatan Aliran Bahan Bakar

Fungsi ketiga yakni sebagai komponen yang berfungsi untuk menurunkan aliran kecepatan bahan bakar yang akan disalurkan ke bagian atau ruang pembakaran pada mobil anda. Dengan adanya penurunan aliran bahan bakar, maka air ataupun partikel lain yang terdapat pada bahan bakar anda tidak akan ikut tersalurkan ke ruang pembakaran. Apabila sampai keruang pembakaran, maka partikel kotoran atau air tersebut akan mengendap di bawah tepat bahan bakar itu sendiri yang nantinya jika dibiarkan tentu saja akan menimbulkan masalah.

  1. Berfungsi Sebagai Saringan Bahan Bakar Tidak Tersumbat

Seperti yang kita ketahui, apabila fuel filter tersumbat, maka tahanan pada aliran bahan bakar dalam salurannya akan bertambah. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan jumlah bahan bakar yang di kirim ke karburator menjadi bertambah banyak.Sehingga ketika mesin berputar dengan kecepatan tinggi atau pada beban berat, dimana mesin membutuhkan kiriman bahan bakar dengan jumlah yang banyak, maka pada saat ini tenaga mesin anda akan menurun karena kurangnya pasokan bahan bakar yang disalurkan dari tangki bahan bakar anda karena adanya tersumbatnya saringan bahan bakar tersebut. Hal itu juga bisa menyebabkan saringan menjadi tersumbat.

Baca Juga ( Fungsi Utama Wiper Pada Mobil Paling Lengkap )

Nah, kira-kira itu tadi beberapa fungsi umum dari Fuel filter. Semoga senantiasa memperkaya wawasan anda. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Otomotif1. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here