Fungsi Tune Up Mobil Secara Umum yang Wajib Diketahui

Jika anda memiliki sebuah mobil, sudah seharusnya anda merawatnya dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan Tune Up.  Tune up adalah ritual perawatan yang wajib diberlakukan pada sebuah mobil.

Umumnya, Tune up mobil merupakan service ringan yang dilakukan pada kendaraan agar performa mesin nya tetap bagus dan stabil, ini juga untuk menghindarkan dari performa mesin yang menurun.

Karena pastinya, semakin lama kendaraan yang anda pakai dan usianya pun bertambah, maka kondisinya pun akan berbeda dan cenderung menurun dari waktu ke waktu. Salah satu langkah yang dilakukan untuk tetap menjaga performa mesin kendaraan anda agar tenaganya tidak menurun serta tetap stabil adalah dengan melakukan tune up secara rutin.

Pada umumnya, tune up kendaraan normalnya dilakukan 6 bulan sekali, tentu saja ini agar stabilitas performanya tetap terjaga. Artikel kali ini akan membahas mengenai fungsi tune up secara umum yang wajib anda ketahui. Berikut ini fungsi tune up mobil secara umum :

  1. Memaksimalkan Performa Mesin

Fungsi Tune up secara umum yang pertama adalah untuk memaksimalkan performa mesin kendaraan anda. Seperti yang sudah disinggung di atas, sebuah mesin kendaraan apabila tidak dirawat, maka dari waktu ke waktu performa dari mesin tersebut akan menurun.

Jika performa mesin anda sudah menurun, maka sudah dapat dipastikan hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan anda ketika menggunakan kendaraan tersebut. Untuk mengatasi masalah seperti ini, maka salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan Tune up.

Baca Juga ( Ciri Mobil Turun Mesin yang Wajib Diketahui )

  1. Menghindari Kerusakan Yang Lebih Parah

Fungsi umum kedua dari pentingnya melakukan tune up adalah agar mobil anda terhidar dari kerusakan yang lebih parah. Apabila kendaraan anda tidak dilakukan tune up secara berkala sesuai dengan standarnya, maka dapat dipastkan kendaraan anda akan mengalami kerusakan.

Kerusakan itu sendiri apabila dibiarkan secara terus menerus terjadi dan bertumpuk, akan menimbulkan kerusakan yang akan lebih parah nantinya.

  1. Menjaga Kondisi Mesin Anda Agar Tetap Awet

Fungsi melakukan tune up yang ketiga adalah untuk tetap menjaga mesin anda agar lebih awet. Segala sesuatu yang dirawat dengan baik, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap benda atau sesuatu yang dirawat tersebut.

Apabila mesin selalu dirawat dengan salah satunya di tune up, maka kondisi mesinnya akan lebih awet dan dapat dipastikan usianya akan lebih panjang jika dibandingkan dengan mesin yang tidak dilakukan tune up secara berkala.

  1. Memastikan Saringan Udara Dalam Mobil Anda Berfungsi dengan Baik

Fungsi umum tune up yang keempat adalah untuk memastikan komponen saringan udara dalam mesin anda dalam keadaan baik-baik saja. Seperti yang sudah kita ketahui, apabila terdapat masalah yang disebabkan oleh tidak berfungsinya filter udara pada kendaraan, maka hal tersebut akan mempengaruhi suhu dalam kendaraan anda. Suhu yang tidak stabil, akan menyebabkan performa mesin anda berkurang. Selain itu suhu yang panas juga akan mempercepat kerusakan pada komponen mesin anda yang lainnya.

  1. Memastikan Semua Komponen Mesin Dalam Kondisi Stabil

Fungsi Tune Up secara umum yang terakhir adalah untuk memastikan kondisi semua komponen yang ada pada mesin mobil anda tetap dalam kondisi yang stabil dan sesuai dengan spesfikasi yang ada pada buku manual kendaraan anda. untuk itu, sebaiknya lakukanlah tune up pada kendaraan anda secara rutin, tentu saja agar komponen mesin mobil anda tetap terjaga.

Baca Juga ( Tujuan Tune Up Mobil )

Nah, kira-kira itu tadi fungsi Tune up secara umum. Mengingat pentingnya diberlakukannya Tune Up. Jangan lupa untuk senantiasa melakukan Tune up secara rutin agar mobil anda senantiasa awet dan memiliki performa yang maksimal. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here