GAIKINDO Jadikan Kota Semarang Sebagai Kota Penutup Rangkaian GIIAS 2022 Sudah Sangat Tepat

Otomotif1.com – Penyelenggaraan GIIAS Semarang perdana telah berakhir, Minggu 27 November 2022. Berakhirnya GIIAS Semarang menandakan selesainya rangkaian GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series tahun ini.

Menghadirkan dan memperkenalkan teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia, GIIAS mendapatkan sambutan sangat positif dari publik. Rangkaian GIIAS pada setiap kota penyelenggaraannya tahun ini mencatat kenaikan 20 hingga 30 persen jumlah pengunjung yang hadir dibanding pada penyelenggaraan sebelumnya. Pencatatan tersebut juga selaras dengan persentase kenaikan pencapaian angka penjualan, dimana hingga puluhan ribu unit kendaraan terjual sepanjang penyelenggaraan GIIAS ditahun 2022 ini. Tidak terkecuali penyelenggaraan GIIAS Semarang 2022, yang mencatat kehadiran dihadiri puluhan ribu pengunjung.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi dalam siaran pers resminya yang diterima redaksi Otomotif1, Senin (28/11/2022) malam mengatakan, penyelenggaraan GIIAS di Jawa Tengah terbukti efektif mendongkrak potensi industri otomotif Indonesia.

“Keputusan GAIKINDO untuk membawa GIIAS ke provinsi Jawa Tengah, terbukti sangat tepat. Kami yakin selama lima hari penyelenggaraannya, GIIAS Semarang telah membuktikan pengaruhnnya terhadap industri otomotif Jawa Tengah, sekaligus menjadi dorongan positif bagi capaian industri otomotif nasional di tahun ini,” ujarnya.
Menurutnya atensi para peserta dalam menghadirkan kendaraan model terbaru dan teknologi terkini untuk masyarakat, menjelaskan besarnya potensi pasar provinsi Jawa Tengah yang tengah disasar industri otomotif Indonesia.

Berhasil Penuhi Minat Pengujung

Berlangsung untuk pertama kalinya di Jawa Tengah, GIIAS Semarang 2022, mencatat kehadiran 30.606 pengunjung, sebuah catatan yang luar biasa. “Antusiasme pengunjung terhadap penyelenggaraan GIIAS Semarang tidak putus sejak pembukaan, hingga penutupan. Ribuan pengunjung datang setiap hari, sehingga angka total pengunjung berhasil melebihi target yang ditetapkan GAIKINDO,” tutur Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2022. Tidak hanya berhasil menarik pengunjung, Ia juga meyakini penyelenggaraan GIIAS Semarang efektif mendorong pencapaian industri otomotif diprovinsi Jawa Tengah.

Rizwan menekankan bahwa keberhasilan itu dapat dicapai berkat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo dan Bapenda Jawa Tengah menjadi lokomotif yang turun tangan langsung mulai dari persiapan hingga mempromosikan penyelenggaraan GIIAS Semarang kepada masyarakat. Tentu, dukungan dari para sponsor, Mandiri Tunas Finace, Grab, SuperChallenge, juga seluruh peserta, yakni sembilan merek kendaraan penumpang; Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling, enam merek sepeda motor dari Benelli, Keeway, Exotic Bike, Pacific E-series, Polytron, dan United E-Motor, serta industri pendukung otomotif yang telah memamerkan inovasi terkininya adalah motor dari keberhasilan GIIAS Semarang 2022.

GIIAS Semarang 2022 juga melaksanakan survey pada para pengunjung yang menentukan favourite car, favourite booth, favourite motorcycle dan most driven car pada penyelenggaraan pameran kali ini, hasilnya Honda berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan lebih dari 250m, Wuling berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan kurang dari 250m dan Mandiri Tunas Finance berhasil memenangkan kategori favourite booth dari industri pendukung.

Dari kategori favourite car dengan kategori Electric Car berhasil diboyong Toyota bZ4X, sedang untuk kategori MPV diboyong Hyundai Stargazer, dan kategori SUV adalah Toyota Kijang Innova Zenix. Untuk kategori favourite motorcycle dimenangkan oleh Polytron T-Rex. Kemudian, pada kategori most driven car atau mobil yang paling banyak dikendarai melalui program test drive GIIAS Semarang diberikan kepada Wuling Air EV.

Rizwan juga menyampaikan bahwa GAIKINDO akan terus membangun dan memperluas penyelenggaraan GIIAS ditahun depan, dan terus berkontribusi pada pencapaian industri otomotif Indonesia. “GAIKINDO menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap seluruh penyelenggaraan rangkaian GIIAS tahun ini, Kami akan terus memperbaiki dan melengkapi kehadiran rangkaian GIIAS ditahun 2023,” tutupnya.

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here