Gandeng Hino Motors, Pura Trans Gelar Pelatihan Smart Driving Training Online untuk Sopir

Antusias para sopir truk Pura Trans ketika mengikuti pelatihan Smart Drive training online yang digelr bersama dengan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI). Foto: Pura Trans

Otomotif1.com – Terobosan baru dilakukan oleh PT Putra Rajawali Kencana Tbk (Pura Trans), meski di tengah pandemi Covid-19 yang masih mengejala di tanah air, Pura Trans dengan menggandeng PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), menggelar pelatihan Smart Driving online training untuk para sopir.

Pelatihan yang dilakukan Pura Trans dengan Hino Motors kali ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam mengendalikan kendaraan terkait keselamatan dalam mengemudi, selain itu juga mewujudkan keselamatan berkendara.

Materi yang diberikan pada pelatihan kali ini mencakup, pengenalan kendaraan sampai pada perbaikan ringan.

“Keberlangsungan usaha transportasi salah satunya dukungan sopir yang andal. Karena itu, sangat penting melatih sopir kami agar bisa berkeselamatan dalam berkendara,” ujar Ratna Hidayati, Corporate Secretary PT Putra Rajawali Kencana Tbk, dalam siaran persnya yang diterima redaksi Otomotif1, Selasa (9/6).

Lebih jauh Ratna menjelaskan, pengemudi berkendara harus memahami bahwa keselamatan itu hak seluruh hal yang terlibat, mulai dari sopir itu sendiri, pemilik kendaraan, juga orang yang yang berpapasan atau melintas saat berkendara.

“Dengan pelatihan ini kami harapkan sopir mampu memahami bagaimana berkendara berkeselamatan dan memperhatikan kepentingan orang lain,” sambung Ratna.

Ratna sendiri sangat mengapresiasi Hino atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan Pura Trans, meski di tengah kondisi yang serba terbatas akibat pandemic Covid-19, Hino tetap mau memberikan pelatihan kepada customer melalui training online.

Disinggung mengenai pelatihan yang digelar bersama Hino Motors, Manager HRD & GA Pura Trans, IK Arwin Adi G mengatakan, untuk training driver ini kami merasa sangat puas, karena Hino memberikan informasi pengetahuan dasar kendaraan dan teknisnya termasuk perawatan serta perbaikan ringan.

“Kami berharap dengan adanya training online ini bisa memberikan kesempatan lebih banyak lagi kepada driver kami kedepannya. Kebetulan yang hadir pada pelatihan kali ini adalah perwakilan. Kedepannya kami ingin semua driver Pura Trans mendapatkan informasi dari HMSI secara langsung,” tutur Arwin.

Sementara itu, dari pihak HMSI yang diwakili oleh Pieter Andre selaku Hino Training Centre Division Head, sangat mengapresiasi atas inisiatif dari Pura Trans yang prokatif dalam mendukung keselamatan berkendara lewat pelatihan training online Smart Driving ini.

“Kami sangat mendukung sekali inisiatif yang dilakukan oleh Pura Trans, yang ikut proaktif dalam mengembangkan pengemudinya untuk menjadi SDM yang andal dan unggul. Kami berharap dengan adanya pelatihan smart driving online training ini mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam mengendarai unit truk, terutama fokus pada keselamatan berkendara dan efisiensi kendaraan,” ujarnya.

Foto : Dok Pura Trans

 

HMSI juga berjanji kedepannya Hino Academy akan memberikan support pelatihan sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya hard skill, tapi juga berupa peningkatan soft dkill dan attitude driver.

“Seperti yang sudah dilakukan Pura Trans, training online fokusnya ke knowledge dan diskusi mengenai kendala-kendala yang dialami di lapangan. Sedangkan secara offline (tatap muka), kita bisa berikan secara komprehensif dengan praktik dan assessment,” jelas Pieter.

Atas terlaksanannya kegiatan ini, Suryadi selaku Technical Training and Total Support Centre Departemen Head Hino Training Division, sangat mengapresiasi kepada para pengemudi Pura Trans yang begitu antusias mengikuti jalannya pelatihan ini.

“Terima kasih atas waktunya sehingga kami bisa sharing. Kami paham, mengenai tiga pedal pengemudi lebih jago dengan dua kaki. Kami ingin sharing bahwa kendaraan Hino ini mungkin berbeda dengan spek yang lama. Ke depan akan ada teknologi yang lebih maju lagi termasuk diesel common rail. Basisnya sama, hanya berpindah dari manual ke elektrik dan pengembangan teknologi. Tapi saya yakin apa yang disampaikan akan berguna  bagi pengemudi sekalian. Kami berharap pengemudi menjadi merasa lebih mudah dan terbantu dalam bekerja. Pekerjaan lebih lancar sehingga efeknya ke perusahaan juga. Hino mengucapkan salam satu aspal tiga pedal,” pungkas Suyadi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here