Gandeng Zero Motorcycles, Ural Perkenalkan Prototipe Motor Listrik Bersespan

Otomotif1.com – IMZ Ural atau Ural adalah industri strategis terbesar milik Rusia, yang membuat banyak project mulai persenjataan sampai kendaraan. Salah satu produk dari Ural adalah sepeda motor tempur bersespan, dan pada tahun 2016 motor Ural ini sudah mulai dipasarkan di Indonesia.

Baru-baru ini, sepeda motor legendaris Ural memperkenalkan model prototype terbarunya, yaitu Ural Electrical. Sebuah sepeda motor bersespan yang menggunakan tenaga listrik pertama di dunia.

Ya, IMZ Ural menggandeng Zero Motorcycles asal Amerika sebagai penyuplai powertrain yaitu baterai untuk motor electric yang saat ini sedang dikembangkan Ural di Rusia.

Dalam hal ini, Zero bertigas mengembangkan desain dan bertanggungjawab dalam prototype awal. Pabrikan yang berbasis di California ini, menyediakan dukungan teknik yang diperlukan selama pengembangan dan pengujian prototype.

Secara keseluruhan motor bersespan dengan menggunakan tenaga listrik ini diklaim akan menawarkan sesuatu yang baru, bukan hanya soal suara yang menggelegarnya yang akan hilang, tapi soal jantung pacu electric dan juga dari sisi pengendalian tentunya akan berubah total.

Lebih dari itu, motor ini akan menawarkan kenyamanan, stabilitas dan keamanan penumpang. Motor ini menjadi lebih mudah dikendalikan, berkat pusat gravitasi rendah dan distribusi berat yang optimal berada di tengah. Namun demikian, Ural tetap mempertahankan model retronya pada model elekriknya kelak.

“Meski masih dalam bentuk prototype, kami bisa membayangkan bagaimana kami akan melihat Ural penuh dengan getaran retro dengan emisi nol dan berteknologi hijau,” ungkap pihak IMZ Ural.

Dalam kompartemen mesin prototipe motor ini memiliki power sebesar 60 Hp dengan torsi 110 Nm dan mendapat dukungan baterai model ZF13.0 sebagai baterai utama sementara untuk baterai cadangan menggunakan model ZF6,5.

Uniknya, pengecasan baterai tersebut dilakukan dengan soket yang berada pada bagian tangki yang didesain menyerupai saat mengisi bensin.

Motor berpenampilan retro namun sarat dengan teknologi baru ini, dapat dipacu hingga 144 km/jam dan dengan kondisi baterai full motor ini dapat digunakan dengan jarak tempuh sejauh 165 kilometer.

Pihak produsen asal Rusia ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk bisa memproduksi massal motor listrik bersespan ini.

Prototipe motor Ural bersespan dengan tenaga elektrik ini pertama kali diperkenalkan di ajang LA Motor Show yang bari saja digelar di Long Beach pada 16-18 November 2018.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here