Gantikan Suzuki Thunder, GSX150 Bandit Diperkenalkan Jadi Motor Penjelajah

Jakarta, Otomotif1.com – Bicara soal motor penjelajah ringan atau light cruiser, tentunya bukanlah sesuatu yang baru bagi pabrikan berlogo ‘S’ ini. Setidaknya selama lebih dari 1 dekade, Suzuki lewat produk Suzuki Thunder menjadi raja di kelas cruiser untuk motor bermesin 125 cc. Meski berkapasitas mesin kecil, Suzuki Thunder adalah cruiser tangguh yang memiliki ribuan komunitas bukan hanya ada di Indonesia bahkan sampai Philipina.

Kehadiran Suzuki GSX150 Bandit yang diperkenalkan pada publik awal Agustus 2018 lalu pada ajang GIIAS Auto Show 2018, kini kembali dieksplorasi oleh rekan-rekan jurnalis media dan blooger di Jakarta, Kamis (6/9).

Kegiatan yang diselenggara oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dimaksudkan untuk lebih jauh memperkenalkan Suzuki GSX150 Bandit di kalangan media dan blogger.

“Kesempatan untuk berkenalan lebih mendalam dengan Suzuki GSX150 Bandit ini kami berikan secara khusus kepada rekan-rekan Jurnalis Media dan Blogger, agar rekan-rekan mendapatkan informasi yang detail dan terjamin. Selain itu, kami berikan contoh modifikasi bergaya touring sebagai stimulan ke pasar sebelum produk ini resmi dijual sekitar akhir bulan September 2018 ini,” ungkap Banggas F S Pardede, Marketing 2W Section Head PT Suzuki Indomobil Sales di Jakarta, Kamis (6/9).

Dengan menggunakan tampilan jok baru Suzuki GSX150 Bandit semakin nyaman dikendarai.

 

Pada kesempatan ini, SIS secara spesifikasi dan kelebihan memposisikan Suzuki GSX150 Bandit sebagai motor dan teman perjalanan ke berbagai destinasi. Secara tidak langsung, bisa dikatakan Suzuki GSX150 Bandit ini adalah suksesor atau penerus dari Suzuki Thunder yang legendaris.

Setidak kehadiran Suzuki Thunder di era pertama diluncurkan pada tahun 2005 sampai dengan 2013 sebagai era akhir masa kejayaannya, telah melahirkan banyak pemotor di Indonesia baik dari kalangan bawah sampai kalangan menengah atas. Hal ini disebabkan karena harga Suzuki Thunder yang memang begitu sangat terjangkau oleh banyak kalangan.

Meski berkapasitas mesin kecil, Suzuki Thunder nyatanya mampu bersaing hebat dalam jumlah kapasitas pengguna dengan para legenda lainnya seperti Yamaha Scorpion dan Honda Tiger.

Kehadiran Suzuki GSX-S150 yang digadang-gadang mampu menjadi suksesor Suzuki Thunder-pun, nampaknya harus menelan ludah kembali. Karena sejauh ini, penjualan Suzuki GSX-S150 belum bisa menyamai rekor penjualan Suzuki Thunder.

Banggas F S Pardede, Marketing 2W Section Head PT Suzuki Indomobil Sales dalam sesi tanya jawab dengan media dan blogger di Jakarta, Kamis (6/9)

 

Sampai akhirnya, SIS  melahirkan kembali generasi GSX yang diberi nama Suzuki GSX150 Bandit dengan mesin yang sama digunakan pada GSX-S150, motor ini diharapkan mampu menjadi suksesor Suzuki Thunder ke depannya.

Sebagai kelas penjelajah, Suzuki GSX-S150 memang memiliki kelemahan pada jok yang terbilang cukup tipis yang membuat penggunanya tidak nyaman jika melakukan perjalanan jauh.

Sampai akhirnya, SIS di awal Agustus 2018 melahirkan kembali Suzuki GSX150 Bandit dengan jok yang sudah disempurnakan, untuk pemotor yang menyukai petualangan dan perjalanan jauh tentu jok seperti ini akan nyaman digunakan.

Posisi berkendara yang nyaman ditunjang oleh ukuran jok dengan panjang 101.2 cm dengan alas busa yang empuk. Total panjang keseluruhan 2.000 mm, lebar 745 mm, tinggi 1.035 mm memberi efek visual yang berkesan padat berisi. Kelincahan dan kepercayaan diri pengendara didukung jarak sumbu roda 1.300 mm dan jarak dari tanah 150 mm. Posisi kaki pengendara masih dalam menjangkau permukaan lintasan jalan dengan mudah dan aman.

Dipersenjatai dapur pacu bertenaga besar yang dihasilkan dari mesin 150cc Double Over Head Camshaft (DOHC) berteknologi fuel injection, dianut dari mesin Suzuki GSX 150 series yang telah terbukti kehandalannya. Tenaga maksimal 14,1 kw/10.000 rpm dan torsi puncak 14 Nm/9.000 rpm dipadukan dengan transmisi 6-percepatan memberi pengalaman menyenangkan untuk digunakan setiap saat.

SIS memberikan gambaran nyata dari Suzuki GSX150 Bandit yang bisa menstimulasi kreatifitas calon pengguna nantinya, dengan cara menghadirkan bentuk modifikasi ringan bergaya touring yang stylish dan fungsional. Terdapat dua contoh terapan modifikasi ringan yang telah disesuaikan dengan tren dan kebiasaan pelaku aktifitas touring dengan motor. Salah satunya menggunakan konsep aksesoris resmi SGA (Suzuki Genuine Accessories) dan contoh lainnya menggunakan perlengkapan dari accessories after market.

Secara keseluruhan, Suzuki GSX150 Bandit memberikan sensasi kenyamanan dan kepraktisan berkendara berkat desain yang kompak, jantan dan dibekali kelebihan jok pengemudi yang menyatu dengan penumpang dengan bahan yang empuk dan nyaman untuk berkendara hingga jarak jauh. Keunggulan tersebut masih mengikuti nilai-nilai filosofi Suzuki Bandit yang telah ada dan berevolusi sejak 1989 hingga saat ini, yaitu motor untuk segala keperluan dan nyaman dikendarai.

Namun demikian, apakah Suzuki GSX150 Bandit ini mampu menjadi penerus Suzuki Thunder terutama dari soal harga, karena sampai sejauh ini pihak SIS belum juga bisa memberikan harga yang pas untuk masyarakat. Kita tunggu saja !

 

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here