Generasi Ketiga Suzuki Landy, Berbasis Nissan Serena Meluncur di Jepang

Tokyo, Otomotif1.com – Suzuki memiliki banyak varian kendaraan keluarga bertipe Multi Purpose Vehicle (MPV), jika di Indonesia kita mengenal beberapa produknya MPV  7-seater Suzuki seperti Ertiga dan APV, tapi sebenarnya Suzuki masih memiliki satu produk MPV 7 penumpang yang dibangun atas kerjasama dengan Nissan, dan produknya hanya beredar di Jepang, namanya Suzuki Landy.

Sebenarnya ini bukan berita baru, karena berita ini pernah dilansir Paultan pada 16 Desember 2017. Jika Suzuki Corporate Jepang, pada 20 Desember 2017 lalu telah meluncurkan generasi ketiga dari Suzuki Landy yang berbasis Nissan Serena.

Suzuki Landy memang identic dengan Nissan Serena, lihat saja lampu utama dua tingkat, desain atap mengambang, garis bahu yang menonjol yang membentang ke dalam rel pintu geser dan lampu belakang vertikal. Satu-satunya perubahan adalah penghapusan grille gerak V Nissan yang mendukung dua batang krom dengan lencana Suzuki, bersama dengan desain velg unik.

Pada bagian interior,Landy mendapatkan kemudi yang mirip dengan yang ada pada Suzuki All New Ertiga berlapis datar milik Serena, kluster instrumen digital yang lebih luas (dengan layar tujuh inci berwarna) dan tumpukan pusat “mengambang”. Seperti halnya Serena, Landy dikatakan memiliki interior terbesar di kelasnya, dengan panjang 3.240 mm dan lebar 1.545 mm.

Di tempat lain, baris kedua dapat meluncur ke depan dan belakang sebanyak 690 mm, dan baris ketiga sekarang memiliki fitur sliding juga untuk menguntungkan baik legroom atau kapasitas bagasi. Sentuhan praktis lainnya termasuk lima port USB di sekitar kabin, termasuk dua di setiap dua baris kursi belakang paling belakang, serta soket listrik 12 V terpisah di depan.

Sebagai standar, ada pintu geser di sisi kiri (rentang-topping 2.0G mendapat pintu power-sliding twin), dan baris ketiga mendapat saklar untuk pintu jalan membantu jalan keluar. Pada bagian pintu bagasi juga terpisah dua, yang dapat dibuka hanya bagian atasnya saja atau dibuka secara keseluruhan.

Suzuki Landy mengusung mesin yang sama dengan Nissan Serena, yaitu MR20DD dengan kapasitas 2.0 Liter direct-injected twin-CVTC, mengembangkan 150 PS pada 5.600 rpm dan 200 Nm torsi pada 4.400 rpm. Drive dikirim melalui CVT Xtronic ke roda depan; konsumsi bahan bakar gabungan pada siklus JC08 Jepang dinilai pada 15 km per liter. Suzuki Landy juga hadir dalam pilihan mesin hybrid 2.000 cc dengan sistem penggerak All Wheel Drive.

Sementara yang membedakan hanya pada sistem keamanan. Jika Nissan Serena generasi terbaru memili keunggulan ProPilot yang menjadikannya semi-autonomous, pada Suzuki Landy fitur ini tidak ada. Tapi sebagai penggantinya Suzuki menghadirkan autonomous emergency braking, monitor untuk mendeteksi kendaraan di depan atau disebut moving object detection (MOD).

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here