HDCI Surabaya Gelar Safety Riding Training Bagi Seluruh Membernya

Surabaya, Otomotif1.com – Dalam rangka Pahlawan Ride dan Gathering HDCI Surabaya 2019, Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Chapter Surabaya, menggelar kegiatan safety riding training yang menjadi salah satu agenda utamanya setiap tahun. Kali ini kegiatan ini diadakan di lokasi perumahan elit di daerah Surabaya Timur, tepatnya diperumahan Pakuwon City, Minggu (17/11). Setelah sehari sebelumnya seluruh angota HDCI Surabaya diberi pembekalan oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan.

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini dimulai dengan seluruh anggota HDCI Surabaya berkumpul di House of Bikers Surabaya (HOBIS) yang menjadi secretariat HDCI Surabaya di Jalan Diponegoro, Kota Surabaya, untuk kemudian sekitar pukul 07.15 WIB seluruh rombongan bergerak menuju lokasi safety riding training di Pakuwon City.

“Kegiatan ini adalah kelanjutan dari kegiatan Pahlawan Ride dan Gathering HDCI Surabaya 2019 yang berlangsung kemarin, Sabtu (16/11) di Sekretariat HDCI Surabaya, salah satunya adalah pemberian santunan kepada 15 orang veteran yang dilakukan setiap tahun, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan yang diberikan oleh Dirjen Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan. Disamping teori dan praktik safety riding, safety riding training ini juga menekankan terhadap tertib berlalu lintas, etika berkendara, saling menghormati sesama pengendara yang lain, jadi tujuannya lengkap dari mulai teknik dan etika berlalu lintas,” jelas Bro Shandy.

Sebagaimana moto HDCI, No Complaint, No Accident, Now program yang menjadi agenda rutin tahunan HDCI Surabaya inis seperti biasanya, pada setiap kegiatan safety riding ini, HDCI Surabaya selalu menggandeng praktisi safety riding dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu.

Jusri tidak hanya memberikan ilmunya secara teori. Pria humble dan energik ini juga langsung mempraktikan ilmunya kepada pada anggota HDCI Surabaya, yang saat itu datang dengan jumlah anggota sebanyak 120 orang.

Di tengah cuaca terik dengan sengatan matahari yang begitu terasa pedas di kulit, seluruh peserta safety riding training yang kebanyakan diikuti oleh anggota baru HDCI Surabaya, nampaknya begitu berat, tapi tidak menyurutkan semangat mereka untuk memperdalam ilmu bagaimana menaklukan kendaraan yang memiliki berat tidak lazim ini.

Materi praktek yang diberikan oleh instruktur Jusri Pulubuhu yang sudah memiliki pengalaman di dalam dan luar negeri ini meliputi, pengereman mendadak, waktu reaksi, jarak tempuh, titik berhenti, keseimbangan, kecepatan, posisi tubuh, membuat putaran pendek bahkan melewati beberapa rintangan yang sudah disiapkan oleh pihak penyelenggara.

Tidak sedikit dari mereka yang harus jatuh bangun ketika melintasi setiap lokasi ujian, terutama lintasan pendek harus ‘rebah’ alias terjatuh, karena memang sulit untuk menyeimbangkan antara motor dengan tubuh, karena bobot Harley-Davidson yang begitu berat. Di sinilah tantangan para member HDCI Surabaya, bagaimana caranya mereka bisa menaklukan kuda besi mereka.

Dari lokasi kegiatan safety riding traing, Ketua Kabid Touring HDCI Surabaya Bro Indra Tatoo menuturkan,”Kegiatan safety riding ini sangat kita wajibkan untuk member HDCI Surabaya terutama member baru agar lebih tahu dan paham berlaku berlalu lintas di jalan raya. Dengan adanya safety riding training ini diharapkan para member bukan hanya bisa mengendarai motor, mereka juga harus tahu teknis dasar berkendara yang baik dan benar. Semoga kegiatan ini bisa dicontoh oleh komunitas lain,” jelas Indra.

 

Sementara itu, salah satu member baru HDCI Surabaya Bro Felix yang berhasil ditemui Otomotif1, di lapangan nampaknya begitu puas dengan kegiatan safety riding traing ini. Dengan masih dalam kondisi lusuh karena beratnya cuaca yang begitu menyengat, namun Bro Felix masih tetap semangat.

“Kegiatan ini semakin membuka mata saya, kalau ternyata untuk menjadi pengendara motor yang baik dan benar tidak lah mudah, apalagi mengendarai motor Harley, ditambah dengan cuaca yang panas, tapi saya sangat mendukung sekali kegiatan HDCI Surabaya, kelak jika ada lagi kegiatan semacam ini di HDCI Surabaya, saya pasti akan ikut kembali, untuk menambah ilmu berkendara motor yang baik dan benar,” tegasnya.

HDCI Surabaya sudah menaruh program safety riding sebagai kebutuhan mendasar setiap membernya. Ketua HDCI Surabaya, Tonny Wahyudi nampaknya menaruh perhatian khusus bagi keselamatan membernya supaya bisa berguna bagi bikers lain, keluarga di rumah, dan masyarakat, khususnya masyarakat Surabaya.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here