Hino Perkenalkan Fitur Berbasis Teknologi Tanpa Kabel Hino Connect, Di Gelaran GIICOMVEC 2020

Jakarta, Otomotif.com – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), dalam gelaran GIICOMVEC 2020 yang digelar dari tanggal 5 Maret sampai 8 Maret 2020, meluncurkan fitur terbaru mereka yang diberi nama “Hino Connect”. Fitur berbasis teknologi ini diperuntukkan bagi konsumen yang menginginkan efisiensi dalam pengoperasian armada dalam menjalankan usahanya.

Hino Connect disajikan dalam bentuk Telematics System yang merupakan modul yang disematkan kedalam sebuah perangkat yang dapat mengatur berbagai layanan, disajikan dalam bentuk menu yang terintegrasi dengan baik ke unit armada yang digunakan pelanggan dalam menjalankan bisnis transportasinya.

Mengusung tema “Truck and Bus-that do more be connected to customer future by information technology & human touch”, PT HMSI menghadirkan teknologi terbaru dari hino dalam pameran kendaraan komersial dua tahunan ini.

Dalam paparannya, Takayuki Tsuchida, Direktur HMSI, menjelaskan ‘Hino Connect’ adalah sebuah inovasi yang dikembangkan oleh Hino yang merupakan system komunikasi tanpa kabel berteknologi tinggi untuk membantu kinerja operasional bisnis pelanggan.

Hino Connect hadir sebagai bentuk Total Support Hino kepada pelanggan setia, agar senantiasa dapat membantu mengembangkan bisnis yang dilakukan para konsumennya dalam menjalankan operasional  bisnisnya dengan baik dan lancar sesuai dengan target yang diharapkan.

 

Beberapa fitur yang ditawarkan dalam Hino Connect sangat memungkinkan para pelaku bisnis dalam mendukung berbagai kebutuhan penting dalam manajemen operasional, seperti: Route Analize,dan Geo Fence yang dapat menentukan area operasional dan analisa rute armada, sehingga biaya operasional dapat menjadi lebih efisien.

Keuntungan lainnya dari fitur dalam Hino Connect adalah adanya manajemen pengemudi yang dapat memantau perilaku pengemudi saat mengoperasikan armada selama menjalankan rute yang ditentukan dalam Route Analize dan Geo Fence. Fitur ini disebut dengan Driver Assignment dan Score Card.

Dalam fitur ini selain dapat memonitor perilaku pengemudi juga dapat meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan dan juga untuk menjaga asset kendaraan milik pengguna Hino Connect.

Keuntungan terakhir yang diperoleh adalah adanya manajemen kendaraan, Service Reminder dan Vehicle Rule, yang dapat memberikan peringatan terhadap jangka waktu perawatan kendaraan sehingga armada yang digunakan dapat dirawat dengan tepat waktu dan mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada salah satu komponen kendaraan.

Dengan perawatan kendaraan yang baik dan tepat waktu dapat menjaga kinerja kendaraan dengan baik dan dapat meningkatkan harga jual kembali.

Seperti dijelaskan oleh Agnes Nugroho, Telematics Data Utilization Dept Head, Hino Connect sudah terpasang pada kendaraan Hino dan dapat langsung dioperasikan, khususnya untuk produk dengan tahun produksi 2020 seperti Hino Dutro, Hino Ranger, dan Hino Bus.

“Hino memberikan fitur ini secara gratis selama jangka waktu 5 tahun untuk produksi Hino tahun 2020 baik itu perangkat, serta akses monitoring dan reportingnya. Data yang dihasilkannya pun dijamin kerahasiaan dan keamanannya karena Hino menjamin penyimpanannya yang tersimpan di server yang dikelola dan milik Hino sendiri.” ujarnya.

Lebih jauh Agnes menjelaskan, untuk produk Hino yang diproduksi dibawah tahun 2019 juga sudah dapat menggunakan fitur Hino Connect ini dengan system Retrofit.

“Untuk pemasangana fitur ini pada produk Hino dibawah tahun 2019, pelanggan hanya dikenakan biaya untuk pemasangan sebesar Rp. 3,2 juta saja dengan bonus pemakaian selama 1 tahun,” jelasnya.

Hino memberikan jaminan kepada pelanggan yang memiliki jaringan operasional yang luas sehingga sulit terjangkau oleh jaringan provider seluler dan internet biasa yang sudah direkomendasikan dan sudah memiliki kerjasama dengan Hino.

“Jika data selular tidak tersedia maka data akan tersimpan secara otomatis di server dalam bentuk data telematik selama 21 hari kedepan hingga jaringan data seluler dapat terhubung kembali dan server secara otomatis akan mengirimkan kembali data yang tersimpan di server ke unit yang ada di armada,” imbuh Agnes.

Hino sudah menjalin kerjasama dengan 3 provider penyedia layanan seluler, diantaranya Telkomsel, Indosat dan Three. Sistem akan secara otomatis memindahkan jaringan provider seluler bila jaringan yang digunakan memiliki koneksi yang buruk dan secara otomatis akan mencari koneksi jaringan yang terbaik dan memiliki sinyal yang kuat.

Teknologi Hino Connect ini didukung pula oleh tenaga khusus diseluruh dealer Hino yang saat ini sudah memiliki Hino Telematics Officer (HTO). Yang sap melayani kebutuhan pelanggan mengenai Hino Connect.

Takayuki lebih lanjut menegaskan, bahwa Hino Connect dapat membantu pelanggan dalam melakukan perawatan rutin unit armada dengan tepat waktu. “Selain itu, pelanggan tidak hanya dapat melihat melihat lokasi pelanggan melaluui GPS. Tetapi juga catatan kendaraan saat beroperasi. Dengan Hino Connect, kami memiliki tujuan untuk memaksimalkan waktu operasi kendaraan dan memimalkan biaya operasional. Kami percaya, Hino Connect dapat berkontribusi bagi masyarakat Indonesia melalui kendaraan yang lebih aman dan nyaman,” pungkas Takayuki sambal menutup perbincangan.

Reporter-SonnyWibz

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here