HSR Wheel Akan Kembali Hadirkan Custom Velg Tailor Made Untuk Mazda Miata Milik Fitra Eri

Otomotif1.com l – HSR Wheel kembali akan menghadirkan satu set velg yang didesain khusus untuk pemiliknya. Sebelumnya, velg dihadirkan untuk Akbar Rais sang drifter Nasional. Velg tersebut digunakan untuk ajang balap drifting.

Kali ini, HSR Wheel akan menghadirkan velg khusus Mazda Miata lansiran 2011 milik Fitra Eri, Pembalap Nasional yang juga menjadi Youtuber Otomotif. Keistimewaan ini ditawarkan oleh HSR kepada Fitra karena salah satu mobil miliknya, yakni Mazda Miata satu-satunya di Indonesia.

“Ini sebuah konsep yang luar biasa. Mazda Miata milik mas Fitra Eri hanya ada satu di Indonesia. Jadi, kita akan buatkan velg yang hanya akan ada 1 desain untuk mobil tersebut,” ucap Aldhy Rais selaku Community Manager HSR Wheel pada rilis yang dikirimkan kepada rekan media. (Senin, 8 Maret 2021).

Ditambahkan olehnya bahwa desain velg diserahkan langsung kepada tim Fitra Eri. “Kami akan buatkan velg khusus untuk mobil Fitra Eri, namun untuk desain kami serahkan kepada tim Fitra Eri,” tambah Aldhy.

Fitra Eri sangat antusias terhadap tawaran tersebut. Namun, urusan desain tidak akan digarap sendiri. Melainkan akan diadakan lomba untuk para penonton setia Fitra Eri.

“Wah ini adalah hal yang menarik. Mazda Miata satu-satunya di Indonesia yang dipasangkan velg satu-satunya di Indonesia juga,” ucap Fitra Eri saat memasangkan velg HSR untuk Toyota Alphard miliknya.

Urusan desain tidak secara langsung digarap oleh Fitra Eri. “Sayang, saya tidak jago untuk urusan desain. Oleh karena itu saya akan minta dari para penonton atau audience saya,” tambah Fitra.

Lomba desain Velg HSR Khusus Mazda Miata Fitra Eri

Demi menghadirkan sebuah desain yang keren dan special untuk Mazda Miata milik Fitra Eri, HSR dan Fitra Eri menyelenggarakan lomba desain untuk velg tersebut. Perlombaan ini akan digelar selama 1 minggu, mulai 8 – 14 Maret 2021.

Kriteria desain velg yang diinginkan oleh Fitra Eri adalah desain sporty berbalut elegan. Selain itu, diharapkan ada unsur Mature atau Dewasa di dalamnya.

“Saya sih pengennya desain velg buat Miata ini tampil sporty berbalut elegan. Ada sedikit unsur mature atau dewasa. Saya tidak sabar buat menunggu desain-desain velg yang keren. Terimakasih HSR, semoga HSR maju terus!,” tegas Fitra.

Peserta harus mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan oleh HSR Wheel dan Fitra Eri. Persyaratan tersebut seperti wajib follow Instagram @fitra.eri dan @hsr_wheel . Peserta wajib mengunggah hasil desain di feed instagram masing-masing dengan mencantumkan hastag #HSRuntukMiata dan tag akun instagram HSR Wheel dan Fitra Eri.

Pemenang akan diumumkan melalui akun Instagram HSR Wheel dan Fitra Eri pada 21 Maret 2021. Dipilih 3 (tiga) orang pemenang untuk mendapatkan sejumlah hadiah special. Hadiah uang tunai mulai dari Rp 3 juta untuk juara ketiga, Rp 5 juta untuk juara kedua dan Rp 10 juta untuk juara pertama.

Juara pertama tentunya akan mendapatkan hadiah ekslusif selain uang tunai tersebut. Desain velg akan diwujudkan secara nyata dan dipasangkan pada Mazda Miata milik Fitra Eri. Kemudian, dibuatkan 1 set velg sesuai desain tersebut versi casting. Terakhir, akan mendapatkan special time Bersama Fitra Eri. Mulai dari Driving Experience dengan Mazda Miata dan makan malam Bersama Fitra Eri.

“Bagi kalian segera ikuti lomba ini. Desain terpilih akan dipasangkan pada mobil Mazda Miata yang hanya satu-satunya di Indonesia. Saya suka velg buatan HSR. Brand velg asli Indonesia yang memiliki banyak model keren dan material yang kuat. Seperti kita tahu, konstruksi jalan di Indonesia banyak yang tidak rata dan sangat membutuhkan velg dengan material yang kuat,” tutup Fitra Eri.

Tips : Cara membedakan material velg HSR

Berdasarkan cara pembuatan, pada dasarnya velg mobil terbagi jadi tiga jenis, yaitu velg casting, velg flow forming dan velg forged. Perbedaan ketiga pelek tersebut:

Casting, Sesuai namanya velg casting adalah pelek yang dibuat dengan cara dicetak. Cara pembuatan velg jenis ini dibagi jadi dua, yaitu gravity casting dan low presure casting. Pembuatan velg casting ialah dengan melelehkan material velg menjadi cairan. Material tersebut dituang ke cetakan yang sudah dibentuk.

Casting merupakan metode pembuatan velg paling umum. Biaya produksi lebih murah dan waktu pembuatan lebih singkat. teknik ini bisa dilakukan sekaligus untuk banyak velg.

Flow formed, Pengertian flow forming ialah proses pembuatan velg. Merupakan salah satu pengembangan dari jenis casting. Velg flow forming dibuat melalui beberapa tahap, dimulai melalui proses cetak kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah velg. Velg casting setengah jadi kemudian dibentuk lagi bagian pinggirnya. Dengan cara ini kepadatan materialnya pun lebih baik. Durabilitasnya 20% lebih kuat dibanding casting. Lebih ringan dibanding casting. Lebih mahal dibanding casting.

Forged, Dibuat dengan teknologi paling rumit. Materialnya berbentuk silinder padat. Material yang biasa digunakan adalah alumunium, karena kuat dan ringan sehingga cocok untuk bahan pembuatan velg. Cara pembuatannya yaitu alumunium padat tersebut dimasukkan ke dalam mesin dan dipanaskan kemudian dibentuk jadi velg. Dalam prosesnya velg ditekan (press) sehingga menghasilkan pelek yang solid dan keras. Harga lebih mahal, karena banyaknya bahan baku yang terbuang saat proses cnc.

***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img