Hyundai Palisade, SUV Tambun Berteknologi Canggih Resmi Mengaspal di Surabaya

Otomotif1.com – Akhirnya generasi terbaru SUV dari negeri ginseng, Korea Selatan merilis pengganti Hyundai Santa Fe XL. SUV keren bertampang super macho ini bernama Hyundai Palisade yang melakoni debut dunia pertamanya diajang gelaran Los Angeles Auto Show 2018.

Generasi terbaru yang dari Santa Fe yang lebih dulu hadir di Indonesia, memiliki dimensi yang lebih besar. Memasuki kabin Hyundai Palisade kita pasti akan terkejut karena dimensinya yang terbilang maxi lebih besar dari Santa Fe biasa, bahkan juga dari Santa Fe XL.

Dari dimensinya saja jelas cukup jauh, memiliki panjangnya 196,1 inci, lebar 77,8 inci, dan tinggi 68,9 inci, bahkan jarak sumbu roda yang ada pada Hyundai Palisade paling panjang di kelasnya, jauh lebih panjang dari Nissan Pathfinder yang ada di Amerika, yaitu 114,2 inci atau empat inci lebih panjang daripada Santa Fe XL.

Dari segi tampilan, SUV ini sangat macho dengan tubuh besar berotot, bahkan boleh dikatakan untuk saat ini tidak ada yang seperti Palisade di segmen ini. SUV andalan Hyundai memiliki desain fasia depan yang berani dalam banyak hal mirip dengan Santa Fe dengan mengadopsi gril yang besar dan mengesankan yang diapit oleh lampu dua tingkat.

Ukurannya yang lebih besar dari kendaraan lain ini akan lebih jelas ketika Anda melihatnya dari samping, lekuk bodinya boleh dikatakan sangat aerodinamis. Lengkungan roda yang besar itu dapat mengakomodasi pelek 20-inci untuk memberi kesan Palisade begitu sebagai SUV premium yang kuat dan kokoh.

Meskipun merupakan kendaraan besar dengan body jangkung, SUV kelas premium Hyundai ini memiliki koefisien drag yang mengesankan hanya 0,33 berkat beberapa tweak aerodinamis seperti deflektor aero belakang roda dan panel bawah.

Di bagian belakang, sepasang lampu belakang LED yang menyala-putar memberikan perbedaan visual yang jelas dari Santa Fe, seperti halnya nama model yang dengan murah hati ditampilkan di pintu belakang dengan karakter besar.

Masuk ke dalam, kita akan mendapati kabin yang luas dapat menampung hingga delapan orang dalam tiga baris, dengan yang kedua menampilkan kursi kapten seat berventilasi sementara kursi paling belakang berbaring dan dapat di lipat hingga lurus 180 derajat.

Sempurna untuk keluarga besar, Palisade memiliki total tujuh outlet USB, 16 Cupholders, dan semua teknologi yang dimiliki Hyundai saat ini. Ada pengisian daya nirkabel, layar sentuh 10,25 inci, layar driver digital 12,3 inci, dan kemungkinan untuk menghubungkan dua perangkat melalui Bluetooth secara bersamaan – satu untuk koneksi telepon seluler dan yang lainnya untuk streaming audio.

Urusan dapur pacu pada Hyundai Palisadeditenagai oleh mesin 2.199 cc yang menghasilkan 200 daya kuda dan torsi sebesar 440 NM. Mesin terhubung ke transmisi otomatis delapan kecepatan dan akan ditawarkan dengan pengaturan dua dan empat roda (4WD).

Sistem HTRAC HTRAC eksklusif Hyundai hadir dengan mode Normal, Sport, dan Smart yang dapat dipilih driver, ditambah mode Salju yang baru dikembangkan untuk kondisi yang licin.

Setelah debut dunia pertamanya di Los Angeles Auto Show, Palisade yang dibangun di Korea Selatan dan mulai dipasarkan di Amerika pada 2019, kini awal 2020 SUV premium ini resmi mengaspal di Indonesia.

Menurut penjelasan dari Director Operatoion PT Daya Sukses Sejati, yang menjadi diler resmi Hyundai di wilayah Jawa Timur, Lim Kheng Houw mengatakan,“Pasar SUV Medium sebegitu mapannya dengan kehadiran beberapa model. Nah Hyundai Palisade masuk sebagai ajakan untuk naik kelas lagi ke SUV Premium dengan cukup menambahkan selisih harga yang sesungguhnya tidak terlalu jauh,” kata Lim saat dijumpai di Showroom Hyundai di Jalan Raya Waru No 55 Dukuh Menanggal, Kedungrejo atau yang biasa disebut area Bunderan Waru.

Lalu berapa harga Hyundai Palisade yang ditawarkan di Jawa Timur?
Harganya memang tergolong sangat kompetitif sebagai SUV Premium dan boleh dikatakan bersaing dengan merek Eropa maupun Jepang ala Peugeot 5008 dan Mazda CX-9. Adapun harga Hyundai Palisade sebagai berikut:

– Palisade Prime Rp. 785.000.000,-
– Palisade signature Rp. 896.000.000,-
– Palisade signature AWD Rp. 1.086.000.000,-

Dari rentang harga yang ditawarkan di atas, jelas sekali produk Korea Selatan ini siap bersaing dengan merek-merek mapan yang telah meluncur lebih dahulu. Bahkan terdapatnya varian Hyundai Palisade signature AWD atau berpenggerak di seluruh rodanya sebagai jawaban telak bahwa merek-merek premium yang harganya berkali-kali lipat lebih mahal seperti Land Cruiser ataupun Lexus LX wajib was-was. Ada kemungkinan konsumen akan memilih harga yang reasonable.***

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -