Hyundai Starex Mover Ambulance Jadi Andalan Rumah Sakit Daerah di Jawa Timur

 

Surabaya, Otomotif1.com – Starex Mover adalah mobil produksi Hyundai yang bisa digunakan sebagai kendaraan travel, mobil kedua untuk keluarga besar, bahkan sebagai ambulans karena ukurannya yang besar dan luas.

Mobil Hyundai yang dirakit oleh pabrikan asal Korea Selatan tersebut menggunakan mesin diesel  2.497 cc dengan tenaga maksimum 170 ps pada  3.800 rpm.

Torsi maksimum yang bisa dihasilkan oleh mesin diesel dengan teknologi CRDI tersebut mampu mencapai 40 kgm pada  2.000 rpm.
Starex Mover  memiliki panjang total 5.125 mm, dan lebarnya sendiri 1.591 mm dengan ketinggian 1.925 mm.

Jika kita melihat Starex Mover pada sosok Hyundai H1, pastinya ada kesamaan. Karena memang kehadiran Starex Mover awalnya karena ketidaksetujuan PT HMI jika Hyundai H1 dijadikan angkutan travel dan ambulance, sementara permintaan mobil travel dan ambulance berbasis Hyundai H1 cukup besar. Karenanya PT HMI pun menyiasati dengan Hyundai Starex Mover yang berbasis Hyundai H1 untuk di segmen tersebut.

Di Jawa Timur sendiri, Hyundai Special Vehichle dalam model ambulan ini sudah terjual cukup banyak di beberapa rumah sakit daerah (RSD) Kota dan Kabupaten di Jawa Timur. Di Jawa Timur sendiri, Hyundai membanderol Starex Mover versi ambulans Rp433 – 882 juta, harga Starex Mover tersebut sesuai penggunaan kendaraaan.

Salah satu ambulance Starex Mover yang siap di kirimkan ke RSD Sampang Madura dalam bulan Juli 2018 ini.

 

Sebagai kendaraan ambulance emergency 1, Starex Mover bisa ditanamkan alat pemacu jantung pada kendaraan ini, juga peralatan standar ambulans seperti lemari peralatan medis, gantungan infus, wastafel, sistem oksigen, alat bantu pernafasan dan lainnya.

Menurut Deputy Marketing Director PT Hyundai Motor Indonesia, Hendrik Wiradjaja saat dihubungi Otomotif1, Selasa (10/7) mengatakan, Starex  Mover sebenarnya bukan produk utama jualan HMI, hanya untuk mengisi kekosongan penjualan produk saja.

“Ya ini salah satu strategi kami untuk tetap bertahan juga, karena kebetulan saja peluang terbesarnya ada di plat merah seperti ini,” ungkapnya.

Lebih jauh Hendrik menjelaskan, untuk saat ini ada dua model mesin yang digunakan Starex Mover yaitu diesel dan bensin.

“Dengan adanya dua model mesin ini, semoga saja penjualannya bisa meningkat di tahun 2018,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut main dealer Hyundai di Surabaya PT Super Sukses Sejahtera (SSS), Bagus Tjahjanto R, Branch Manager PT SSS mengatakan,”Penjualan Starex Mover model ambulans pada tahun 2017 di Jawa Timur sebanyak 50 unit, dan untuk 2018 semoga saja bisa terjual 60 unit,” ungkapnya.

Menurut Bagus, hampir semua daerah di Jawa Timur baik kota ataupun kabupaten untuk kendaraan ambulan sudah menggunakan Starex Mover seperti, Jember, Banyuwangi, Ponorogo, Madura dan Surabaya.

“Ini yang ada di depan saja sudah baru mau kami kirim untuk Kabupaten Sampang, Madura, dan di kepulauan Madura semua sudah terisi Starex Mover. Kemarin sudah di kirim untuk Kabupaten Bangkalan pada bulan Juni kemarin, Pamekasan tahun lalu kirim 2 unit, Sumenep terkirim 3 unit,” jelas Bagus.

Kelebihan dari Starex Mover karena memiliki atap yang tinggi (high roof), sedikit lebih tinggi 30 mm dibandingkan dengan tipe standar. Hal inilah yang membuat leluasa petugas medik dalam memberikan pertolongan sebelum ambulans tiba di rumah sakit yang dituju.

HMI juga menyiapkan opsi lain dari kendaraan ambulance dengan biaya lebih murah yaitu lewat produk Hyundai H100.

 

Mengenai model lain dari produk Hyundai untuk dijadikan kendaraan special seperti Starex Mover Hendrik menjelaskan, jika saat ini untuk kendaraan ambulans selain starex Mover ada Hyundai H100 bisa dijadikan sebagai ambulans.

“Kami juga menyediakan kendaraan opsional lain seperti Hyundai H100 yang kami banderol mulai dari Rp250-400 jutaan sebagai special vehichle baik untuk travel atau ambulans,” tandas Hendrik.

Hyundai H100 kendaraan yang pas sebagai ambulans selain memiliki bodi yang lebar dan panjang, juga dari sisi harga cukup terjangkau untuk Puskesmas di desa-desa pedalaman.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here