Ignis VS Ayla – Kelebihan Beserta Kekurangan

Sampailah kita pada perbandingan antara Suzuki Ignis dan Daihatsu Ayla. Kedua jenis mobil ini merupakan mobil hatchback yang tidak kalah populer di pasar otomotif Indonesia. Kira-kira apa yang membuat kedua mobil ini begitu cukup laris dan populer. Bagi anda yang belum tahu perbedaan antara keduanya, artikel kali ini akan membahas lebih detail mengenai Ignis Vs Ayla disertai kelebihan dan juga kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan Ignis dan Ayla :

Kelebihan Suzuki Ignis

  1. Desain Mobil Modern dan Elegan

Yang sudah jelas terlihat adalah keunggulan Ignis yang satu. Terlihat tampilan mobil yang modern dan elegant. Mobil ini memadukan konsep mobil hatcback dan SUV yang membuatnya begitu elegant dan sempurna dengan kesan modern yang kuat.

  1. Fitur Hiburan Lengkap

Kelebihan Suzuk Ignis yang kedua adalah memiliki fitur hiburan yang cukup lengkap. Disetiap unitnya terdapat head unit yang dihubungkan dengan support Radio, USB, dan bluetooth. Untuk hasil output yang terbaik, mobil ini menggunakan 6 buah serta 2 tweeter.

  1. Desain Body Mobil Berkualitas Tinggi

Kelebihan selanjutnya adalah Suzuki Ignis didukung dengan rangka body yang terbuat dari platform heartech dan dengan menggunakan struktur High Rigid Underbody sehingga membuatnya Ignis terlihat kokoh serta handal. Dengan struktur body mobil ini akan membuat mobil dapat melalui berbagai medan di jalanan bahkan sesulit apapun.

  1. Ukuran Body Mungil Memudahkan Manuver

Dimensi Suzuki Ignis ini sangat mendukung untuk konsep urban.  Dimensinya 3.700×1.690×1.595 mm, membuat Ignis mampu berjalan gesit dibandingkan dengan mobil-mobil lain yang berada dikelasnya. Namun meskipun gesit, mobil ini tetap memiliki ciri khas Crossover yang melekat.

  1. Dilengkapi Remote Keyless

Kelebihan selanjutnya adalah Ignis dilengkapi dengan Remote Keyless. Yang mana fitur ini dapat menghidupkan mesin kendaraan hanya dengan menekan tombol yang ada. Sehingga makin memudahkan pengemudi dalam berkendara menggunakan Ignis.

  1. Fitur Keamanan Lengkap

Fitur keamanan Ignis juga cukup lengkap. Fitur keamanan yang dimaksud mulai dari ISOFIX yang ada di bangku bagian belakang, Dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS + EBD. Fitur fitur ini tentu saja memberikan kenyamanan dan keamanan yang cukup tinggi saat berkendara.

  1. Irit

Ini sepertinya kelebihan yang paling disenangi masyarakat kita. Ignis menggunakan mesin berkapasitas 1.2 L yang didukung teknologi Multi Point Fuel Injection yang membuatnya lebih ramah lingkungan serta hemat dalam penggunaan bahan bakar.Tentu saja saat anda melakukan perjalanan jauh, anda tidak sering-sering mampir ke SPBU.

Baca Juga ( Suzuki Ertiga VS Toyota Avanza )

Kekurangan Suzuki Ignis

Selain kelebihan, Ignis juga memiliki beberapa kekurangan seperti dibawah ini:

  1. Kapasitas Mesin Kecil

Kapasitas mesin mobil Ignis cukup kecil. Hanya memiliki kapasitas 1.197 cc yang hanya dapat mengeluarkan tenaga hingga 83 Ps. Sehingga ketika anda mengendarai mobil ini pada RPM yang tinggi, maka akan sangat sulit untuk mencapai top speed.

  1. Kurang Stabil

Bobot Suzuki Ignis cukup ringan yakni hanya sekitar 850 Kg, ini akan menyebabkan mobil ini kurang stabil. Ini tentu saja sangat disayangkan, meski Ignis menggunakan sistem rangka HHigh Rigid Underbody, namun hal ini hanya dapat mengkokohkan bagian chasis mobil. Untuk stabilitasnya sendiri masih sangat terganggu.

  1. Pembelian Head Unit Toucscreen Terpisah

Sayangnya, beda dengan Suzuki Ignis yang berada diluar negeri. Pembelian untuk Head Unit Touchscreen terpisah dengan mobil. Sehingga jika anda ingin memiliki fitur ini pada mobil anda, maka anda harus menambah biaya yang cukup mahal. Untuk tipe GX, anda harus merogoh kocek sekitar Rp 7.249.000. Sedangkan untuk tipe GL  sekitar Rp 7.484.000.

Kelebihan Daihatsu Ayla

  1. Irit Bahan Bakar

Ayla termasuk kedalam jenis mobil LCGC yang penggunaan bahan bakar nya cukup irit. Daihatsu Ayla memang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan ramah lingkungan. Untuk 1 liter bahan bakarnya dapat mencapai penggunaan 20 km.

  1. Ukuran Bagasi Cukup Luas

Kelebihan Ayla juga terletak pada bagasinya yang cukup luas, bahkan dikenal lebih luas dibandingkan mobil-mobil dikelasnya. Dengan begitu, anda bisa menampung lebih banyak barang di dalam bagasi seperti oleh-oleh, barang belanjaan ataupun barang jualan.

  1. Harga Cukup Murah

Harga dari Daihatsu Ayla cukup terjangkau yakni berkisar mulai dari 75 juta – 114 juta Rupiah.

  1. Kabin Lega

Ternyata tidak hanya bagasi yang luas, tetapi kabin juga. Dengan body mobil yang terlihat mungil, namun Ayla tetap memiliki kabin yang lega, ini tentu memberikan kenyamanan ideal untuk ruang gerak penumpang di dalamnya. Kabin mobil ini dapat menampung hingga 5 orang penumpang di dalamnya.

  1. Fitur Hiburan Lengkap

Jika dilihat dari harganya, memang cukup murah namun jangan salah. Ayla memiliki fitur hiburan yang cukup lengkap sehingga mampu membuat perjalanan anda semakin nyaman. Untuk tipe X, mobil ini sudah dibekali dengan center cluster dengan tampilan sporty namun tetap mudah dioperasikan. Tak hanya itu saja, sistem audio sudah support pada Radio, MP3, CD, AUX< WMA, dan USB. Sehingga anda bisa memutar musik langsung melalui smartphone anda.

  1. Tersedia Sistem Transmisi Otomatis

Dengan harga murah yang ditawarkan, ternyata Aya juga hadir dengan sistem transmisi otomatis. Sistem transmisi otomatis dapat anda temukan pada tipe M dan X, yang mana dapat memberikan kemudahan berkendara apalagi di saat jalanan sedang macet.

Kekurangan Daihatsu Ayla

  1. Tenaga Mesin Kurang Maksimal

Kekurangan Ayla sekaligus yang sangat disayanyangkan adalah tenaga mesin Ayla kurang maksimal. Dengan mesin berkapasitas 1.0 liter, tenaga maksimum yang dikeluarkan oleh mesin hanya sekitar 65 Ps. Dan tentu saja ini tergolong rendah jika dibandingkan dengan mobil dikelas LCGC lainnya.

  1. Akselerasi Lamban

Kekurangan Ayla yang kedua adalah terletak pada akselerasi mobilnya yang dirasa sangat lamban. Untuk bisa mencapai kecepatan 100 Km saja, ayla membutuhkan waktu sekitar 15 detik. Padahal mobil-mobil dikelas LCGC, banyak yang lebih cepat dari ini.

  1. Body Mobil Ringan

Body mobil Ayla memang ringan, inilah yang mempengaruhi kestabilan dari mobil saat dikendarai, apalagi saat kecepatan yang anda gunakan tinggi dan juga saat anda berkendara dan berpapasan dengan kendaraan yang lebih besar, anda akan merasakan getaran hingga ke kabin mobil.

  1. Fasilitas Kurang Lengkap

Kekurangan Ayla yang terakhir yaitu fasilitasnya kurang lengkap. Pada beberapa tipe Ayla tidak dilengkapi dengan fasilitas yang cukup. Contohnya pada tipe D (tipe terendah) sangat minim sekali fitur-fitur hiburan di dalam kabin mobil. Bahkan tidak terdapat airbags yang mana merupakan fitur keamanan yang cukup penting di sebuah kendaraan.

Suzuki Ignis VS Daihatsu Ayla

  1. Harga Mobil

Perbedaan yang pertama yaitu harga mobil keduanya. Untuk Suzuki Ignis memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan Daihatsu Ayla mulai dari Rp 139.500.000. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla dibanderol dari harga Rp 92.550.000. Perbedaan harga kedua mobil ini memang sesuai dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh masing-masing mobil.

  1. Pilihan Warna

Pilihan warna antara keduanya juga berbeda. Ignis memiliki beberapa varian warna yang lebih banyak dan juga menarik. Dipasarannya, Ignis tersedia dalam 7 varian, Sedangkan untuk Daihatsu Ayla hanya hadir dengan 6 pilihan warna. Namun keduanya sama sama memiliki pilihan warna yang menarik.

Baca Juga ( Kategori Pemilihan Warna Mobil yang Sedang Trend Tahun 2018 )

  1. Kapasitas Mesin dan Tenaga

Kapasitas mesin dan tenaga kedua mobil ini juga berbeda cukup signifikan. Suzuki Ignis dibekali dengan mesin berkapasitas 1197 cc yang mana dapat mengeluarkan tenaga hingga 82 Ps. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla hanya dibekali dengan mesin berkapasitas 998 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 64 Ps.

  1. Ukuran Velg dan Ban

Perbandingan diantara keduanya juga terlihat pada velg dan ban. Untuk Daihatsu Ayla menggunakan velg 155/80 R13. Sedangkan untuk Suzuki Ignis menggunakan velg berukuran 176/65 R15.

Baca Juga ( Mobilio Vs Avanza – Kelebihan dan Kekurangan Lengkap )

Nah, itu tadi perbandingan serta kelebihan dan kekurangan dari Suzuki Ignis dan juga Daihatsu Ayla. Yang mana yang membuat anda tertarik? Jika anda ingin membeli salah satunya, usahakan sesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan anda sekalian. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here