Indonesia Drag Wars, Jawaban Kerinduan Pecinta Drag Race Motor Besar di Indonesia

Otomotif1.com – Setelah sempat hilang selama 13 tahun dari dunia motosport Indonesia, para pecinta olahraga motor khususnya motor besar, kembali dimanjakan dengan salah satu kegiatan motosport berkubikasi besar yaitu, Drag race 402.

Meski sempat lama tenggelam, Speed Lovers  akhirnya membuat Indonesia Big Bike Drag Race kembali bergairah di tahun 2017. Hebatnya, kegiatan ini mendapat sambutan meriah dan ajang ini berlangsung sukses walau sempat didera cuaca buruk.

Selang setahun, kerinduan para dragster dan pecinta ajang balap motor besar kembali menjawabnya dengan menggelar acara yang sama di tahun 2018. Ajang drag race 402 m ini kembali akan digelar pada 17-18 November 2018.

Tahun 2018 ini, Surabaya Drag Community (SDC) dengan dibantu oleh Bodisa Motor Bogor bertindak sebagai penyelenggara ajang yang diberi tagline “Indonesia Drag Wars”.

Rencananya ajang ini akan digelar di Lanud Rumpin, Bogor, Indonesia Drag Wars akan melombakan 15 kelas untuk kategori motor besar, yaitu:

BB1 HD STREET S/D 750CC

BB2 HD SPORTSTER S/D 1200CC

BB3 HD FXR,DYNA,SOFTAIL S/ 1800CC

BB4 HD TOURING S/D 1800CC

BB5 HD FFA

BB6 HD +50 NOSTALGIA

BB7 SUPER FFA ALL BIKES

BB8 SUPERBIKE S/D 800CC

BB9 SUPERBIKE 2 CYL S/D 800CC

BB10  SUPERBIKE S/D 1400CC

BB11 BRACKET 10.5 DETIK

BB12 BRACKET 11 DETIK

BB13 BRACKET 12 DETIK

BB14 BRACKET 13 DETIK

BB15 BRACKET 14 DETIK

Dengan 15 kelas baru, Indonesia Drag Wars akan meyedot perhatian para penggemar olah raga balap dan pencinta motor besar pada umumnya. Pendaftaran peserta telah dibuka sejak awal November lalu. Beberapa peserta lama seperti Bimo Custom, TKM HDCI, Monochrome, Pati Unus dan Jusri Pulubuhu telah mencatatkan diri sebagai peserta. Dalam race kali ini, pemenang akan mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang tunai.

Boy Nugroho, sebagai Ketua Panitia Indonesia Drag Wars, memberikan penjelasan bahwa balap drag ini menggunakan lintasan sepanjang 1.000 meter.

“Sesuai jarak standar untuk pertandingan drag race untuk motor besar, akan digunakan ¼ mil atau 402 meter. SDC yang telah malang melintang di dunia balap motor, akan menangani manajemen balap,” terang Boy, saat jumpa press di Jakarta, Minggu (11/11).

Lebih jauh Boy menegaskan bahwa setiap peserta harus menggunakan safety gear lengkap dalam mengikuti setiap sesi dalam ajang balap ini yang didukung oleh Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, serta Positive Pro Sport, Rapid Bike , Austin Racing , dan MWR racing.

Berlangsung selama 2 hari, yaitu pada 17 – 18 November 2018, namun para peserta harus melakukan registrasi ulang pada Jumat, 16 November 2018. Selain registrasi ulang, peserta akan menjalani proses scrutinering dan mendapat jadwal untuk melakukan free practice. Para peserta big bike drag race pun akan bertanding pada Sabtu, 17 November 2018.

Selain ajang drag untuk motor, Indonesia Drag Wars juga akan mengadakan drag untuk mobil, tepatnya pada Minggu, 18 November 2018. Untuk kategori mobil.

Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta kembali hadir sebagai pendukung kegiatan yang menjadi pembicaraan di kalangan biker ini.

“Sebagai Authorized Dealer Harley-Davidson, apalagi kami sendiri juga adalah biker, maka Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta selalu hadir mendukung kegiatan yang memang bernilai positif bagi para biker, dan dapat menjadi ajang silaturahmi, makin mempererat hubungan persaudaraan walau dari klub yang berbeda,” kata Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta.

Tahun lalu, diler resmi yang memiliki showroom besar di area Kelapa Gading ini, juga mendukung penuh ajang balap drag untuk motor besar.

Selama proses persiapan hingga balap nanti, Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta pun akan mendampingi untuk memenuhi kebutuhan spare part orisinil Harley-Davidson.

Sahat menyebutkan bahwa olah raga ini mendapat tempat tersendiri di kalangan biker motor besar. “Demi mengikuti lomba ini, terdapat pebalap senior rela ‘turun gunung’ untuk mempersiapkan diri menjadi peserta. Bagi yang tidak ikut sebagai peserta balap pun, tetap akan hadir untuk memberi dukungan bagi rekan sesama biker. Akhirnya, ajang ini dapat menjadi tempat reuni bagi biker senior, dan ajang silaturahmi bagi para biker muda,” jelasnya.

Sahat pun mengapresiasi seluruh tim mekanik yang akan turut serta dalam mempersiapkan motor, “di sini kita akan dapat melihat prestasi dan keahlian dragster dan tim mekanik dari Indonesia,” ujar pria yang bulan September lalu bersama HOG Anak Elang Jakarta Chapter baru kembali dari perayaan Ulang Tahun ke-115 tahun Harley-Davidson di Milwaukee, Amerika Serikat.

“Dalam tahun ke depan, keahlian ini akan semakin terasah dan harapannya dapat mengharumkan nama Indonesia di ajang serupa di tingkat Asia atau internasional,” sambungnya lagi.

Sementara Boy Nugroho sendiri mentargetkan tahun depan akan menggelar kembali ajang balap big nike drag race dengan satu seri empat putaran.

“Harapan kami agar dalam ajang ini semua bisa berkumpul menjadi satu, dan menjadikan ajang ini sebagai reuni nostalgia untuk pencinta hobi motor dan mobil,” tandasnya.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here