Inilah Ciri-ciri Mobil Matic Anda Bermasalah

Apakah mobil anda saat ini adalah juga mobil matic? Mobil matic sudah mendapatkan tempat khusus dihati konsumennya karena memang lebih mudah dikendarai dan juga lebih nyaman, khususnya untuk wanita.

Namun faktanya, ada beberapa orang yang menganggap bahwa mobil matic sangat merepotkan untuk urusan perawatanny. Sebab transmisi otomatis tidak lagi menggunakan sistem elektronik, ini memang sangat beda dengan transmisi manual yang memakai sistem analog.

Akan tetapi mobil matic tersebut dapat stabil performanya, jika tetap melakukan perawatan yang rutin dan juga mengetahui dengan pasti tanda dan ciri mobil matic yang sedang bermasalah sehingga kerusakan parah bisa diperkecil.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas tuntas mengenai ciri-ciri mobil matic yang bermasalah.

Ciri-ciri Mobil Matic Bermasalah

  1. Hentakan Saat Pindah Gigi

Mobil matic populer saat ini memiliki sistem perpindahan gigi yang halus dan jika perpindahan gigi ini terasa sedikit, maka ini bisa dianggap wajar, namun jika pada saat perpindahan gigi tiba-tiba terjadi sebuah hentakan, sehingga mobil terdorong secara tiba-tiba maka hal tersebut perlu diwaspadai. Ini bisa menjadi tanda ada masalah yang terjadi pada sistem transmisi mobil matic anda.

Kerusakan ini bisa terjadi karena ada masalah pada sistem mekanis atau bisa juga pada sistem elektronis dan dapat diperiksa dengan socked OBD pada Engine Scanneer. Umumnya kerusakan merupakan bocornya di solenoid preesure yang mengakibatkan oli transmisi tidak bisa menjaga berpindahnya gigi pada saaat rpm optimal sehingga terjadi hentakan.

  1. Terjadi Getaran Pada Mobil

Dikala mesin bekerja, getaran timbul memang masih dianggap wajar, akan tetapi saat getaran mulai terasa dan mengganggu anda, maka ini kemungkinan terjadi karena masalah pada transmisinya atau mesinnya. Getaran ini biasanya disebabkan kompas kopling yang hangus atau aus. Kampas mobil yang hangus atau aus ini kemudian menjadi kasar sehingga ada gesekan pada amplas kopling dan ini yang menyebabkan mobil seperti bergetar saat dikendarai.

  1. Susah Menggunakan Gigi Mundur

Ini sudah jelas, jika mesin mengalami kerusakan maka masalah yang ditimbulkan juga semakin banyak. Salah satunya adalah gigi mundur yang susah digunakan. Ini dikarenakan rusaknya sistem transmisi otomatis, lalu mempengaruhi gigi mundur mobil matic.

  1. Susah Pindah Gigi

Ciri-ciri terdapat kerusakan pada mobil matic lainnya adalah tuas gigi yang susah untuk dipindahkan atau ganti. Masalah lainnya pun timbul seperti tuas gigi yang dipindah, akan tetapi gigi transmisinya tidak berpindah. Hal ini mungkin saja terjadi karena kabel di gearbox yang terkelupas atau putus.

  1. Slip Atau Ngelos

Selanjutnya adalah slip atau ngelos, yang terjadi pada mobil matic. Ini dikarenakan gearbox planetary gear set atau transmisi matic jenis step AT yang umumnya terjadi saat pindah gigi 1 ke gigi 2.

Pada jenis mobil matic continuously variable transmission, gejala slip atau ngelos ini juga sering timbul disaat mobil berjalan. Untuk melihat apakah mobil matic slip atau ngelos bisa dilakukan dengan menjalankan mobil dengan posisi tuas di D kemudian injak pedal gas.

Saat terjadi perpindahan gigi, mobil akan seperti mengayun, akan tetapi bila slip atau ngelos maka perpindahan gigi ini tidak akan berjalan baik seperti saat pindah dari gigi 1 ke gigi 2, maka kemungkinan besar mobil akan kehilangan power dan suara meraung pada mesin.

  1. Tidak Kuat Menanjak

Ciri mobil matic anda bermasalah lainnya adalah saat mobil tidak bisa digunakan pada jalan yang menanjak terjal meski tuas transmisi sudah dipindah ke posisi 1 atau L dan pedal gas sudah diinjak dalam-dalam. Tentu ini sangat berbahaya, karena jika mobil anda tidak ada pengganjalnya pada ban, maka mobil akan mundur dan jatuh.

  1. Jalan Mobil Seperti Tertahan

Berikutnya adalah saat mobil matic anda berjalan lalu anda melepaskan pedal gas, maka secara perlahan kecepatan juga akan berkurang. Apabila mobil matic anda memang bermasalah, maka mobil akan tersendat terlebih dahulu dan baru kemudian berjalan kembali seperti sedia kala.

  1. Boros Bahan Bakar

Lalu, mobil matic yang bermasalah akan lebih banyak memakan bahan bakar saat digunakan, ini dikarenakan tenaga torsi mobil tidak mengalir dengan maksimal menuju penggerak akhir.

Baca Juga ( Mobil Anak Muda Irit dan Berkualitas )

  1. Tersangkut di Gigi Paling Atas

Ciri mobil matic bermasalah lainnya adalah transmisi yang tidak bisa bergerak dari posisi gigi yang paling tinggi, tidak naik atau turun seperti tersangkut pada angka teratas dan ini dinamakan limp mode atau safe mode.

Ini bisa terjadi Karena fitur TCM di sistem transmisi mengetahui ada kesalahan di sensor yang bisa merusak semua sistem sehingga TCM mengirim perintah supaya transmisi tetap pada posisi netral.

Jika ini terjadi, maka umumnya akan terlihat sinyal engine check di Instrument panel sehingga untuk mengatasinya bisa langsung memeriksa mobil dibengkel kepercayaan anda.

  1. Lampu Indikator Menyala

Ciri selanjutnya adalah Lampu indikator menyala. Anda dapat memeriksa lampu check engine. Jika lampu indikator hidup atau menyala, maka ini menjadi suatu pertanda ada kerusakan di transmisi atau kelistrikan. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan langsung membawanya ke bengkel sehingga kerusakan tidak akan meluas ke bagian lainnya.

Baca Juga ( Tips Merawat Lampu Mobil dengan Baik dan Benar )

  1. Ada Bau Oli Terbakar

Apakah pernah anda tiba-tiba mencium bau oli yang terbakar. Itu juga merupakan indikasi jika terjadi transmisi overheating. Ini bisa saja terjadi karena kurangnya volume dari pelumas transmisi dan juga bisa timbul karena bocor atau sifat dari cairan pelumas yang sudah menjadi kotor.

  1. Tidak Responsif

Jika anda mengendarai mobil matic dan ada sata meraung saat anda menginjak pedal gas, tetapi jalan kendaraannya tidak seperti biasa atau normal, maka ada kemungkinan jika drive plate atau plat kopling sudah tipis sehingga menyebabkan kinerja body valve melemah.

Baca Juga ( Kelemahan Mobil Matic Bekas )

Nah, itulah tadi beberapa ciri-ciri mobil matic anda bermasalah. Jika salah satu atau beberapa ciri diatas terlihat pada mobil matic anda maka kemungkinan besar mobil matic anda sedang bermasalah, maka anda perlu segera mengatasinya, memberinya perawatan berkala ataupun membawa mobil anda kepada bengkel kepercayaan anda. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca artikel di otomotif1. Semoga bermanfaat. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here