Juni 2021 Meluncur Dibanderol Rp600 Jutaan, Maung Versi Sipil Tidak Lagi Menggunakan Mesin Diesel Toyota Hilux

Otomotif1.com – Perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial, PT Pindad awal Januari 2021 secara resmi mengumumkan akan meluncurkan Maung 4×4 versi sipil di bulan Juni 2021.

Kendaraan taktis ringan (Rantis) yang digagas sebagai kendaraan untuk pertempuran jarak dekat yang diklaim memiliki performa dan kemampuan jelajah fantastis untuk segala medan ini, kini sudah siap untuk dimiliki oleh warga sipil.

Informasi soal akan dijualnya Maung Pindad ini disampaikan sendiri oleh Abraham Mose selaku Direktur Utama PT Pindad (Persero), beberapa waktu lalu.

Abraham mengatakan, PT Pindad siap untuk menual Maung versi sipil untuk pasar Indonesia pada tahun 2021 ini.

Megenai progresnya, saat ini sedang memasuki tahapan persiapan komersialisasi. Pindad juga mengundang berbagai mitra, termasuk ahli otomotif dan kolektor untuk berdiskusi lebih lanjut.

“Tahapan perizinan untuk kendaraan versi sipil juga sedang dijajaki karena terdapat perbedaan dengan izin produksi kendaraan militer sebelumnya. Tahapan produksi Maung versi sipil juga akan melibatkan ekosistem industri otomotif di dalam negeri,” ucap Abraham dalam keterangan resminya, Kamis (21/1/2021).

Disinggung mengenai spesifikasi antara sipil dengan versi militer, Abraham kembali memastikan jika Maung versi sipil akan berbeda dengan unit yang diunakan oleh militer.

Beberapa komponen pada versi militer tentunya tidak akan ditemui pada versi sipil seperti, bracket senjata dan roll bar, dipastikan tidak diaplikasi, bahkan ada beberapa penyesuaian lainnya.

Mesin

Soal mesin Maung ini versi militer awalnya menggunakan mesin turbo diesel Toyota Hilux. Tapi, informasi terbaru pihak untuk versi sipil, Pindad saat ini sedang melakukan tahap pengujian mesin dari 10 pabrikan, dan tentunya dari 10 pabrikan tersebut akan dipilih mana yang tepat untuk disematkan pada versi sipil.

Harga

Mengenai harga, Abraham mengatakan Maung Pindad versi sipil akan dibanderol mulai dari Rp 600 jutaan, tergantung dari tipe juga kelengkapannya seperti apa. Sementara itu, metode pemesanan dan skema pembayaran akan disampaikan lebih lanjut ketika semua persiapan komersialisasi Maung sudah final dilakukan.

Namun demikian, tak menuntup kemungkinan Pindad juga akan membuka sistem pre-order mengingat tingginya minat dari masyarakat.

“Maung versi sipil akan menjadi kendaraan pertama produksi Pindad yang dirilis di pasar komersil. Pindad saat ini juga masih dalam tahap pemenuhan Kendaraan Taktis Ringan Maung versi militer yang dipesan Kementerian Pertahanan (Kemhan),” ucap Abraham.

Seperti diketahui, sebanyak 40 unit Maung telah dikirim dan diserahterimakan oleh Menteri
Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika
Perkasa.

Adapun unit-unit tersebut merupakan Maung versi militer tahap pertama dari total 500 unit Maung yang dipesan oleh Kemhan.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki Maung Pindad versi sipil bisa mulai sekarang untuk melakukan pre-order langsung ke PT Pindad.***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img