Kampanyekan Keselamatan Mudik 2018, Menhub Gowes Bareng Alumni ITS

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Prof Joni Hermana menyaksikan mesin cetak Braille karya ITS

 

Surabaya, Otomotif1.com – Kementrian Perhubungan RI (Kemenhub) bekerjasama dengan Ikatan Alumni Elektro ITS Cycling Club (IKA ELITS CC) melakukan kegiatan kampanye keselamatan berkendara dalam bentuk touring bersepeda dari Jakarta-Surabaya dengan tema  “Zero Accident Ride”.

Kegiatan yang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat terkait keselamatan dalam berkendara saat mudik Lebaran 2018 ini, diikuti oleh 50 pesepeda IKA ELITS CC yang dilepas langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi pada 29 April 2018 lalu di Jakarta.

Rombongan touring “Zero Accident Ride” akhirnya mendapai mencapai finis di kampus Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jumat (4/5) petang.

Kegiatan ini juga didukung oleh Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan beberapa sponsor lainnya,  ITS yang turut penuh mendukung kegiatan IKA ELITS CC dengan Kemenhub tersebut, dipilih sebagai garis finis dalam kegiatan kampanye keselamatan mudik Lebaran yang ditempuh sejauh 940 kilo meter dengan enam titik etape (pos pemberhentian). Keenam etape tersebut adalah Jakarta, Cirebon, Semarang, Solo, Nganjuk dan Surabaya.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD beserta jajaran pimpinan ITS menyambut kedatangan rombongan touring bersama Menhub ini dengan meriah dari mulai area Bundaran ITS. Selanjutnya rektor turut menyusul bersepeda bergabung dengan rombongan touring hingga finis di Departemen Teknik Elektro.

Para mahasiswa Teknik Elektro ITS menyanyikan hymne ITS dan drumband dari Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya turut memeriahkan sambutan kepada Menhub Budi Karya Sumadi, sebagai wujud apresiasi perjuangan para peserta touring kampanye keselamatan saat mudik Lebaran yang telah menempuh jarak Jakarta – Surabaya. Turut pula dalam rombongan touring ini para mahasiswa dari Politeknik Penerbangan (Poltekpen) Surabaya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengaku sangat mengapresiasi ITS yang telah menginisiasi kegiatan ini, “Melalui kegiatan ini, kita mengharapkan mudik lebaran tahun 2018 lebih indah dari tahun sebelumnya karena jalan-jalannya sudah bagus dan lancar untuk dilalui,” ungkap Menhub.

Touring yang telah menempuh jarak Jakarta – Surabaya ini juga telah melewati serangkaian acara di perjalanannya. Di setiap pos pemberhentian, Kemenhub beserta IKA ELITS CC melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait safety driving, informasi ruas jalan tol baru, dan tata cara berkendara aman di jalan tol. Tujuan utama dilakukannya sosialisasi tersebut adalah untuk meminimalisasi angka kecelakaan saat mudik Lebaran 2018 nanti.

Dalam kesempatan ini, Menhub juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar taat dalam berkendara saat mudik lebaran nanti. “Sebaiknya menggunakan kendaraan umum, karena lebih nyaman dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan,” imbau Menhub.

Tak lupa juga apresiasi diberikan oleh IKA ELITS CC dan Kemenhub kepada pelopor sepeda lokal yang mendedikasikan hari-hari mereka dengan berangkat kerja sambil bersepeda dan menginisiasi gerakan bersepeda.

Penghargaan juga diberikan kepada para peserta yang berhasil menempuh penuh rute Jakarta – Surabaya dalam kegiatan Zero Accident Ride. Terakhir, bantuan sosial juga diberikan oleh IKA ELITS CC kepada dua Panti Asuhan di Surabaya, yakni Panti Asuhan Muhammadiyah Pakis dan Panti Asuhan Hikmatul Aya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here