Kehadiran DR BIG 1200 di Pasar Global, Picu Hadirnya V-Strom 250 di Indonesia

Otomotif1.com – Jauh sebelum Versys lahir, Suzuki sudah membangun sebuah sepeda motor adventure yang sempat menjadi raja pada ajang Super Enduro Dakkar. Di pasar global, Suzuki memang banyak melahir motor adventure dengan kapasitas mesin besar.

Sebut saja perusahaan di Jerman Hessler pada tahun 2017 pernah membuat edisi khusus Suzuki V-Strom 1000 yang diberi nama ‘Desert Express’, nama ini memang masih ada kaitannya dengan produk Suzuki DR750 yang lahir pada tahun 1988 silam.

Suzuki DR BIG 1200

 

Awalnya DR750 yang kemudian dikembangkan menjadi DR800 pada tahun 1990, nampaknya memang dipersiapkan untuk berkembang melanjutkan pertumbuhannya untuk kapasitas sepeda motor dengan bobot mesin yang lebih besar untuk model V-Strom 1000 cc.

Sampai akhirnya, rumor beredar di Jepang bahwa aka nada model baru, sebagai bentuk ‘penghormatan’ pada raksasa yang pernah hadir di era 1980-an yang sekarang menjadi begitu legendaris yang diungkap pada tahun 2019 sebagai model untuk  tahun 2020.

Hadir dengan bentuk baru, Suzuki Desert Experss (DR) BIG 1200 sangat mirip dengan produk yang dibuat beberapa tahun lalu di Jerman. Bahkan jika melihat DR BIG1200 ini sangat mirip dengan hasil kreasi Hessler pada sepeda motor seri Oberdan Bezzi yang pernah dibuatnya pada tahun 2016 lalu.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia tentang rumor akan hadirnya V-Strom 250 pada tahun 2019 ini, yang memang memiliki basik yang sama dengan DR BIG 1200 ?

suzuki global

 

Informasi dari pihak Suzuki, model V-Strom terbaru dengan kapasitas mesin 250 cc memang akan hadir pada tahun 2019, tapi kepastian diluncurkannya masih menunggu waktu yang tepat, begitu yang sampaikan sumber kami di Suzuki Motor Indonesia.

Motor masuk jajaran Sport Adventure Tourer ini, tampilan V-Strom 250 memang identik dengan lahirnya DR BIG 1200 yang akan hadir di pasar global.

Motor ini memang dibuat untuk mereka penggila adventure atau petualangan jarak jauh. Dan rasanya kapasitas mesin 250 cc sangat tepat diluncurkan di Indonesia ketimbang yang berkapasitas 1200 cc, mengingat kontur jalan di Indonesia.

Meski sebelumnya Suzuki pernah menghadirkan V-Strom 650 pada 2018 lalu, namun penjualannya memang tidak banyak. Tapi nampaknya rumor Suzuki untuk menghadirkan varian terkecil dari moto-adventure ini akan menjadi kenyataan pada tahun 2019, setelah Suzuki meluncurkan GSX-S150 dengan varian warna kuning. Sebenarnya beberapa negara di dunia sudah menikmati kehadiran motor ini, seperti di Inggris dan India.

Sedikit informasi mengenai performa V-Strom 250, yang akan mengusung mesin 2-silinder dengan kubikasi 248 cc. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan sistem suplai bahan bakar injeksi yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 25 hp dengan torsi 23,4 Nm. Untuk sistem pengereman sudah dilengkapi dengan ABS.

Dan bocoran lainnya yang disampaikan sumber kami, Suzuki V-Strom 250 hadir dengan teknologi terbaik di kelasnya, seperti instrument panel full LCD dan knalpot ringan serta tangki bahan bakar dengan kapasitas 17,3 liter yang mampu menjelajah 450 km dalam kondisi tangki bahan bakar penuh.

Untuk range harga, sumber kami mengatakan ada di kisaran Rp60-70 jutaan, bagaimana menurut anda patutkan motor legendaris ini dimiliki, kita tunggu saja.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here