Kelebihan dan Kekurangan Mobil Alphard yang Harus Anda Ketahui

Mobil Alphard adalah Mobil yang diluncurkan Oleh Toyota Motor Coorporation pada tahun 2002 lalu. Alphard merupakan salah satu jenis mobil MPV kelas menengah. Alphard hadir dalam beberapa pilihan mesin antara lain adalah mesin 2.5 G, 2.5 X, 3.5 Q dan untuk varian terbaru nya yaitu alphard hybrid dengan mesin 2.5 HV.

Alphard termasuk mobil yang benar-benar laris dan menjadi pilihan mobil MPV keluarga pada kelas premium karena kabin nya yang cukup luas serta fitur-fitur nya yang lengkap. Untuk anda yang tengah tertarik degan mobil ini. Artikel singkat kali ini akan membahas mengenai kekurangan dan kelebihan Mobil Alphard.

Kelebihan Mobil Alphard

  1. Bagian Eksterior dan Interior Mobil

Hal pertama yang menjadi kelebihan mobil Alphard adalah dari segi Eksterior mobil. Tampilan eksterior mobil ini cukup modern, elegant dan juga mewah. Body nya juga terlihat berani dan kokoh.

Pada lampu mobil sudah menggunakan tekhnologi lampu depan proyektor, yang membuat anda dapat lebih jelas berkendara pada malam hari. Ada juga lampu kabut disamping mobil, yang membuat mobil ini memiliki kesan sporty. Pada desain lampu belakang alphard keluaran 2014, sudah mengkombinasikan lampu modern dengan LED yang membuat tampilan nya menjadi sangat elegan. Meskipun ukuran mobil nya terlihat besar, namun pengemudi tetap dapat mengendarai mobil ini dengan baik.

Sedangkan jika masalah desain interior Alphard. Interior mobil Alphard dihiasi dengan panel instrument dengan corak kayu, yang membuat penampilannya terlihat lebih sejuk dan adem. Disamping itu, didalam mobil ini juga menggunakan teknologi panel MID serta plasma cluster yang membuat pendingin mobil ini lebih dingin dan juga tak kalah nyaman. Ditambah pula dengan sistem AC Climate Control Dual Zone yang mampu menyaring debu dan kotoran serta Ion negatif, ini yang membuat udara didalam mobil semakin sehat. Mengapa mobil Alphard juga sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, karena kabin mobil ini dapat menampung hingga 7 orang penumpang di dalamnya. Pada jok mobil nya memiliki sekat satu sama lainnya sekaligus tempat untuk penyangga tangan dan kaki yang akan memberikan kenyamanan penumpang selama perjalanan.

  1. Performa Mesin yang Bertenaga

Performa mesin mobil Alphard, tidak perlu diragukan lagi. Alphard menggunakan teknologi mesin yang cukup tangguh dan bertenaga yaitu mesin 2.363 cc 2AZ-FE 16 V DOHC VVT-I yang menggunakan 4 silinder sehingga mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 170 PS pada putaran 6000 rpm sedangkan torsi yang dihasilakn maksimal 22.4 kgm pada putaran 4000 rpm.

Sedangkan sistem bahan bakarnya sudah menggunakan sistem efi, transmisi CVT dan RW yang digunakan untuk sistem penggerak roda belakang. Mobil ini juga menawarkan mesin dengan pilihan kapasitas yang berbeda yaitu 2.3 liter dan 3.5 liter yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit hingga 7%. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi oleh driving indicator yang membuat mobil ini menjadi lebih ramah terhadap lingkungan

  1. Sistem Keamanan yang Lengkap

Bagi anda yang mengendarai mobil ini, tentu tidak banyak kekhawatiran yang anda rasakan karena memang dari segi keamanan, mobil ini sangat lengkap. Fitur keamanan pada mobil ini bukan main. Untuk mengurangi resiko benturan yang diakibatkan oleh kecelakaan, Alphard sudah dilengkapi degan 7 airbag yang ditempatkan di setiap  teknologi rem ABS EBD DA, serta fitur VSC dan TRC yang dapat mengurangi terjadinya resiko ketika mobil sedang rem mendadak. Fitur tersebut memberikan efek roda terkunci sehingga mobil tetap dapat stabil.

  1. Fitur Hiburan Lengkap

Fitur hiburan yang lengkap, akan membuat anda tidak cepat bosan saat didalam mobil, apalagi pada saat macet. Sedangkan fitir hiburan Alphard sangat lengkap. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah Radio, VCD, WMA, MP3, IPOD, USB, Div-X, IPOD, AUX-n serta bluetooth. Fitur audio dan visual yang tersedia pun juga memiliki kualitas yang baik sehingga dapat menyenangkan perjalanan meskipun perjalanan jauh sekalipun.

  1. Dibekali Sistem Parking TV Smart

Bagi anda yang sering kesulitan memarkir mobil, sistem parking smart pada mobil Alphard sangat cocok untuk anda, sekalipun mobil Alphard memiliki body yang besar dan gagah.

Dengan adanya sistem parking TV smart ini, tentu saja akan memudahkan anda  untuk memarkirkan mobil. Hal ini dikarenakan posisi dari kamera sendiri berada pada bagian belakang mobil. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi oleh sensor yang dapat mendeteksi benda-benda yang disekitar kamera mobil dengan jarak kurang lebih 70 cm.

Baca Juga ( Kekurangan dan Kelebihan Mobil Taruna )

  1. Sistem Pengontrolan yang Memudahkan Pengemudi

Spesialnya, Alphard ini khusus dibekali dengan sistem kemudahan untuk mengontrol serta meningkatkan peforma dari mesin mobil ini. Hal ini karena adanya dual VV-TI dan ETCS-i and ACIS yang dapat mengoptimalkan torsi sepanjang kendaraan berkecepatan rendah maupun sedang. Selain itu, teknologi ini juga dapat membantu untuk meningkatkan tenaga kendaraan selama digunakan pada kecepatan tinggi.

Kekurangan Mobil Alphard

  1. Sparepart Mahal

Jika ada kerusakan spare part didalam mobil ini, maka anda harus bersiap merogoh kocek yang lumayan dalam. Karena memang kekurangan daripada mobil ini adalah harga spare part nya yang cukup mahal. Namun, Hal tersebut merupakan hal yang wajar karena desain dari mobil ini memang menggunakan sparepart yang memiliki kualitas yang cukup tinggi.

  1. Harga Beli Mahal

Bukan hanya harga spare part yang mahal. Harga jual mobil ini pun juga mahal. Tidak salah jika mobil ini dimasukkan kedalam golongan mobil MPV kelas Premium. Untuk varian terendah nya saja, mencapai harga 800 juta rupiah dan untuk varian tertinggi nya mencapai 1.6 milliar rupiah. Berikut harga pasaran dari setiap jenis varian mobil alphard :

Toyota Alphard 2.5 X : 860.400.000

Toyota Alphard 2.5 G : 1.010.400.000

Toyota Alphard 3.5 Q : 1.662.200.000

Toyota Alphard hybrid 2.5 HV : 1.391.000.000

  1. Perawatannya Mahal dan Susah

Alphard juga dapat anda sebut sebagai mobil manja. Bukan hanya spare part dan harga belinya yang mahal, namun juga perawatannya juga mahal. Tak hanya mahal, namun juga susah.

Karena sebab itulah, jika anda memiliki mobil alphard, anda harus menyediakan biaya yang cukup untuk perawatan mobil. Hal ini dikarenakan untuk merawat mobil alphard, anda harus membawa mobil tersebut ke bengkel resmi yang mana memiliki teknisi yang cukup paham dengan kondisi dari mobil keluaran toyota ini.

Baca Juga ( Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga )

Nah, itu tadi kekurangan dan kelebihan Mobil Alphard. Semoga menjadi bahan pertimbangan anda dalam membeli mobil yang satu ini. Terima Kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Otomotif1. Salam.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here