Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio – Wajib Diketahui

Mobilio merupakan salah satu mobil yang laris dipasaran. Mobil serbaguna yang cocok dijadikan sebagai mobil keluarga maupun untuk perjalanan jauh. Harga dari mobil ini tidak murahan tetapi juga cukup terjangkau. Dengan harga yang terjangkau tersebut anda sudah mendapatkan fasilitas yang lengkap pada mobil ini. Menurut transmisinya, mobilio juga terdapat pilihannya yakni matic dan juga manual.

Bagi anda yang saat ini ingin memiliki mobil ini dan membutuhkan pertimbangan mengenai kekurangan beserta kelebihan dari Honda mobilio, anda membaca artikel yang tepat. Karena artikel hari ini akan membahas lebih mendalam mengenai kekurangan dan juga kelebihan Honda Mobilio.

Kelebihan Honda Mobilio

  1. Kabin Mobil Cukup Luas

Mobilio sekilas memang terlihat pendek dari luar, tetapi faktanya Honda Mobilio memiliki kabin yang paling luas untuk ukuran sekelas mobil MPV. Sangat terlihat bahwa Honda sangat memaksimalkan desain mobil ini sehingga kabin mobil terasa lenggang tanpa harus memberikan kesan besar pada eksterior mobil. Mobil ini cukup untuk menampung sekitar 7 orang sekaligus. Maka dari itu mobil ini juga cocok dijadikan sebagai mobil keluarga.

  1. Sistem Handling

Karena memang sama-sama produk Honda. Dari handling mobilnya, mobilio memiliki basis yang sama seperti Honda Brio. Mobilio memiliki handling yang cukup baik meski masih menggunakan sistem EPS. Tetapi, ini sama sekali tidak mengurangi feeling pengemudi saat berkendara, mulai dari body roll serta feedback setir nya yang tetap baik di kelasnya.

  1. Performa Mesin Mobil

Kelebihan dari mobilio juga terdapat pada performa mesinnya. Mobilio disenjatai dengan mesin 1500 cc L15Z1 yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 118 HP. Jenis mesin ini sebelumnya sudah diberikan pada mobil Honda lainnya yaitu Honda City keluaran 2014. Dengan mesin tersebut, Mobilio menjadi mobil yang memiliki peforma mesin yang cukup tangguh namun tetap hemat dalam penggunaan bahan bakar. Dengan tambahan teknologi injeksi yang disematkan didalam mobil, mampu membuat mobil berjalan hingga 13-16 km hanya berbekal 1 liter bahan bakar. Selain itu, ada tambahan bahan plastik pada bagian intake manifold yang menjadikan mobil menjadi lebih ringan.

  1. Bagasi Mobil

Kelebihan mobilio selanjutnya adalah ia memiliki bagasi yang cukup luas. Bahkan ukuran bagasi mobilnya melebihi dari Kijang Innova. Selain itu, untuk memberikan kesan yang mewah, Honda menempatkan toolkit dan dongkrak tersembunyi sehingga tidak mengurangi ukuran dari bagasi. Bagasi yang luas sangat cocok untuk anda yang sering bepergian jauh maupun mudik, yakni yang membutuhkan banyak barang bawaan di mobil anda.

  1. Desain Eksterior yang Mewah

Kelebihan lainnya yang sangat tampak adalah desain eksteriornya. Jika dilihat, mobilio memiliki desain eksterior yang cukup cantik namun tetap terlihat tangguh diantara kompetitornya. Mulai dari bagian depan maupun belakang, benar-benar terlihat seperti mobil yang mahal. Terlihat juga sekilas body sporty yang mana benar-benar membuat kesan berkendara semakin elegant dan mewah.

Baca Juga ( Kelebihan dan Kekurangan Mobilio Tipe S )

  1. Fitur keamanan Lengkap

Ini yang terpenting untuk anda. Kelebihan Honda mobilio selanjutnya adalah pada fitur keamanan mobilnya. Sistem keamanannya sangat lengkap mulai dari Alarm Sistem, Dual Front SRS Airbags, Pedestrian Proetection, Immobilizer, Sabuk keselamatan depan dan juga  belakang. Sistem keamanan mobilio yang cukup lengkap ini tentu saja mampu memberikan kenyamanan dan keamanan lebih dalam berkendara.

  1. Mudah Untuk Diparkirkan

Kelebihan lainnya, mobilio juga termasuk mobil yang mudah diparkirkan. Meskipun ukuran badan mobil yang cukup panjang ditambah pula dengan  Groun Clearance yang memiliki ukuran tinggi 185 mm serta bagian Wheelbase yang berukuran 2.650 mm nyatanya tidak membuat Mobilio menjadi susah ketika akan diparkirkan. Dengan tambahan fitur ini pula, Mobilio menjadi lebih aman bila anda mengendarainya pada jalanan yang berlubang atau pada saat banjir.

Kekurangan Honda Mobilio

1. Kualitas Pengerjaan yang Kurang

Kekurangan Honda Mobilio yang pertama adalah pada kualitas pengerjaannya yang kurang. Ini sangat disayangkan. Mulai dari sambungan body mobil, engine bay, dashboard, dan door trim yang dirasa cukup asal-asalan dalam pengerjaannya. Hal ini dikarenakan kualitas dari pengerjaan serta material bahan yang kurang berkualitas.

2. Sistem Transmisi CVT

Kekurangan Mobilio juga telihat pada sistem transmisi CVT nya. Meskipun ia mnggunakan CVT namun faktanya ia kurang sanggup untuk menyalurkan tenaga yang berasal dari mesin seperti sistem transmisi manual. Meskipun dalam kecepatan rendah masih dirasa sangat responsif, namun pada kecepatan sedang (40-80 km/jam) akan terasa lambat dan tidak memberikan peforma yang maksimal.

3. Suspensi Mobil

Kekurangan lainnya terletak pada suspensinya. Suspensi mobilio merupakan yang paling kaku jika dikomparasikan dengan mobil-mobil lain dikelasnya. Ini mengakibatkan ketika anda berjalan di medan yang bergelombang tentunya anda harus melewatinya secara perlahan, terutama suspensi belakang.

4. Kekedapan Kabin Mobil

Seperti yang dijelaskan pada kekurangan pertama adalah kualitas pengerjaan mobilio kurang begitu baik. Hal ini tentu mempengaruhi kekedapan mobil. Saat posisi idle, suara dari mesin mobil memang tidak terasa dan tenang. Namun saat anda melaju dalam kecepatan yang tinggi, anda akan mendengar suara mesin hingga ke kabin mobil. Bahkan suara angin dan ban akan sangat menganggu perjalanan anda.

5. Harga Spare Part Mahal

Yang juga menjadi kekurangan Honda mobilio adalah terletak pada Harga Spare partnya yang terbilang sangat mahal. Tapi memang kendaraan mobil honda sudah dikenal dengan harga sparepart mobil dipasaran yang cukup mahal. Sehingga tentunya anda akan mengeluarkan banyak biaya ketika akan mengganti beberapa bagian mobil yang rusak.

Baca Juga ( Lomba Hemat Bahan Bakar, Mobilio Battle Of Efficiency Capai Hasil 25,4 Km/Liter )

6. Kurangnya Kemampuan Traksi Roda Mobil

Kekurangan Mobilio yang lain ada pa bagian traksi mobil. Yakni Kurangnya kemampuan traksi roda mobil. ini akan anda rasakan pada saat anda mengendarai di jalan tanjakan dengan penumpang yang penuh didalam mobil. Hal ini dikarenakan, Mobilio hanya menggunakan penggerak roda depan saja.

7. Design Interior Mobil

Kekurangan Mobilio yang terakhir terletak pada Design Interiornya. Design interior Honda Mobilio memiliki design yang hampir sama dengan Honda Brio, hanya saja berbeda pada aksen warna nya. Selain bentuk mobil yang terlihat kurang menarik, kualitas material dan fit & finishing yang digunakan pada mobil kurang baik. Hampir sekitar 80 % bahan material interior menggunakan plastik sehingga terlihat kurang elegan dan high class. Selain itu, anda juga tidak mendapatkan kompartemen kompartemen penyimpanan yang maksimal seperti yang terdapat pada mobil-mobil lainnya.

Baca Juga ( Mobilio Vs Avanza – Kelebihan dan Kekurangan Lengkap )

Nah, kira-kira itulah tadi kekurangan beserta kelebihan dari Honda Mobilio. Mobilio dijual di pasaran dengan berbagai tipe dan harga. Untuk lebih jelasnya, tipe dan harga Honda Mobilio, anda dapat melihat data dibawah ini :

  • Mobilio Type S Manual : harga sekitar 168 juta rupiah
  • Mobilio Type E Manual : harga sekitar 189 juta rupiah
  • Mobilio Type E CVT :  harga sekitar 200 juta rupiah
  • Mobilio Type Prestige CVT : harga sekitar 208 juta rupiah
  • Mobilio Type RS Manual :  harga sekitar 212 juta rupiah
  • Mobilio Type RS CVT :  harga sekitar 222 juta rupiah

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here