4 Kelemahan Mobil Matic Bekas Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli

Bagi anda yang ingin mendapatkan mobil idaman namun dengan harga yang terjangkau, membeli mobil bekas merupakan salah satu solusi alternatif. Meskipun mobil tersebut sudah pernah digunakan sebelumnya, namun bukan berarti jika kondisi mobil bekas tidak baik. Jika anda memperhatikan pembeliannya dengan baik maka anda bisa mendapatkan mobil bekas dalam kondisi yang masih prima dengan harga yang sangat terjangkau.

Namun membeli mobil bekas bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika anda menginginkan untuk membeli mobil matic bekas yang baik untuk kendaraan pribadi anda. Akan tetapi penting untuk mengetahui kelemahan mobil matic bekas yang dapat menjadi pertimbangan sebelum membelinya. Berikut penjelasannya:

  1. Boros dalam Konsumsi Bahan Bakar

Hal ini sebenarnya juga berlaku pada mobil matic yang baru. Hanya saja jika mobil matic bekas sebelumnya tidak mendapatkan perawatan rutin yang baik, maka tentu saja akan menyebabkan kerusakan yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi begitu boros dan merugikan untuk anda. Konsumsi bahan bakar yang boros ini biasanya dikarenakan putaran mesin yang tidak dapat diatur oleh pengemudi sehingga membuat bahan bakar yang terpakau menjadi lebih banyak.

  1. Biaya Perawatan yang Mahal

Mobil matic memang membutuhkan perawatan yang sedikit lebih rumit dibandingkan mobil manual. Hal ini lah yang menyebabkan biaya perawatannya menjadi lebih mahal karena memang bengekl atau teknisi yang menanganinya masih sangat sedikit.

Jika anda tidak memperhatikan dengan baik ketika membeli mobil matic bekas maka tentu saja anda bsia mendapatkan mobil matic dengan banyak masalah pada bagian-bagian di dalamnya. Sehingga tentu saja hal ini akan membuat anda mengeluarkan  banyak biaya di kedepannya. Terlebih lagi, harga spare part untuk mobil matic memang lebih mahal ketika anda membutuhkan penggatian sparepart.

  1. Sistem Transmisi Sering Bermasalah

Sistem transmisi matic memang kerap kali bermasalah dan tentunya perbaikannya cukup rumit dibandingkan dengan mobil manual. Sehingga jika anda tidak cukup teliti untuk mengetahui kondisi mobil bekas yang akan anda beli, maka bisa saja anda mendapatkan mobil matic bekas yang bermasalah.

Untuk itu pentingnya melakukan test drive pada mobil bekas yang akan anda beli sehingga nantinya anda mengetahui dengan pasti kondisi serta permasalahan yang ada dalam mobil tersebut.

  1. Sulit Untuk Mendeteksi Jika Terdapat Masalah

Pada beberapa merk, memang cukup sulit untuk mengetahui kondisi dalam dari mesin dan komponen-komponen lainnya, bahkan memang dibutuhkan pembedahan ataupun analisa komputer untuk mengetahui secara pasti kondisi dari mobil matic tersebut. Tentu saja hal ini akan menghabiskan waktu dan biaya.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kondisi dari mobil bekas yang anda inginkan, yaitu:

  • Mengecek volume dari fluida ATF. Posisikan shifter pada P dan kemudian nyalakan mesin kendaraan kurang lebih 1,5 menit. Gunakan dipstcik untuk mengukr volume oli.  Volume yang tepat adalah ketika ketinggian berada di atas parameter dingin ketika temperatur memang dingin dan berada pada tanda panas saat mesin sedang panas.
  • Jangan lupa mengecek kondisi fluida. Kondisi yang normal adalah warna oli harus transparan atau tembus pandang.
  • Penting untuk melakukan test drive. Baik dalam jarak dekat maupun jauh. Hal ini ditujukan agar anda bisa mengetahui kondisi mesin, sistem transmisi, hingga fitur-fitur di dalam mobil lainnya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu test drive ini juga dapat memberitahukan anda apakah terjadi kerusakan yang tidak terlihat dari luar.
  • Saat melakukan test drive, jangan lupa untuk mendengarkan suara mesin dengan seksama ketika dihidupkan maupun ketika tuas transmisi dipindahkan pada posisi R, D, maupun lainnya. Perhatikan apakah muncul bunyi-bunyi aneh dan menganggu atau tidak. Bisa saja hal ini menandakan mobil matic memiliki kendala.

Nah, demikian 4 kelemahan mobil matic beserta tips memilihnya. Semoga bermanfat. Salam otomotif!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here