7 Kesalahan dalam Mencuci Mobil

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik mobil saat sedang mencuci mobil. Bukan membuat mobil menjadi bersih, malah bisa menimbulkan masalah-masalah baru lainnya seperti cat mobil yang memudar, munculnya spot water, dan lainnya.

Bagi anda yang sering mencuci mobil sendiri di rumah, berikut ini beberapa kesalahan mencuci mobil yang patut dihindari:

  1. Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari

Hal ini memang akan membuat mobil menjadi cepat kering. Namun jika sinar matahari terlalu panas, maka akan menyebabkan sisa-sisa air yang menempel juga menjadi cepat kering bahkan hingga sabun yang masih menempel pada body mobil. Akibatnya dapat membuat adanya noda dari sisa-sisa air yang mengering dan tampak seperti kerak.

  1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Banyak yang berpendapat jika sifatnya yang cair juga dirasa ampuh untuk dapat mengusir noda dan kotoran. Padahal kandungan sabun cuci sangat keras bagi cat mobil. Hal ini akan berakibat pada cat mobil yang semakin memudar, belang, hingga tergores.

  1. Hanya Menggunakan 1 Ember Saja

Jika anda hanya menggunakan 1 ember saja, maka nantinya air akan bercampur dengan kotoran yang dapat merusak cat mobil. Akan lebih baik menggunakan 2 ember, satu untuk sabun cuci mobil dan satu lagi untuk membilas lap atau spon yang digunakan.

  1. Tidak Membersihkan Mulai Dari Atas Ke Bawah

Cara membersihkan mobil yang baik dimulai dari bagian atas yaitu atap dan kemudian turun ke bawah. Biasanya kotoran yang terdapat di bagian atap lebih sedikit jika dibandingkan dengan bagian bawah. Jika anda memulainya dari bawah, maka sama saja anda membawa kotoran dari bawah ke bagian atas.

  1. Melupakan Bagian Sela-Sela Pintu

Pemilik biasanya hanya berusaha membersihkan dari kotoran-kotoran yang terlihat saja. Jika mobil terlihat kinclong dan mulus kembali, maka pekerjaan sudah selesai. Padahal saat membuka pintu, anda bisa melihat jika banyaknya kotoran menumpuk pada sela-sela pintu.

  1. Mengabaikan Dashboard Dan Karpet Mobil

Ketika membersihkan interior mobil, seringkali orang hanya membersihkan pada bagian jok mobil saja. Padahal yang benar adalah dengan tidak melupakan bagian karpet dan dashboard mobil. Anda bisa membersihkan karpet dengan vacum cleaner. Untuk dashboard, anda bisa menggunakan lap basah yang diperas kuat untuk membersihkannya.

  1. Melupakan Ban Dan Velg

Setelah membersihkan body mobil, biasanya bagian ban dan velg lupa dibersihkan bahkan hanya tersiram dengan air saja. Padahal bagian ban ini adalah yang paling kotor karena bersentuhan langsung dengan jalanan. Saat anda membersihkan ban, jangan menggunakan spon dan ember sabun yang sama dengan body mobil.

Lebih baik untuk menyediakannya sendiir agar kotoran pada ban tidak tercampur lagi. Gosok ban dengan sikat berbulu, atau anda bisa menggunakan sikat gigi. Setelah itu keringkan ban dengan menggunakan kain bersih. Jika perlu tambahkan waxing sebagai perlindungan terhadap ban mobil.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here