Kiprah 50 Tahun Suzuki di Indonesia, Salah Satunya Menjadi Pelopor Mobil Offroad di Tanah Air

Otomotif1.com – Suzuki sebagai salah satu brand pemegang merek otomotif asal Jepang, telah berkiprah selama 50 tahun di dunia otomotif Indonesia. Tentunya, ini sebuah capaian yang tidak mudah bagi pabrikan otomotif berlogo ‘S’ ini.

Beberapa produk Suzuki mulai roda dua (motor) sampai roda empat (mobil) telah banyak menjadi sahabat bagi keluarga di tanah air bagi sebagai transportasi keluarga, niaga bahkan sebagai kendaraan diajang balap atau ketangkasan dibidang olahraga otomotif.

Salah satu produk Suzuki yang menjadi fenomena hingga saat ini adalah Suzuki Jimny. Beberapa varian mobil Suzuki yang digunakan untuk kegiatan offroad ini diantara nya adalah Suzuki Jimny, Vitara dan Samurai.

Namun, Suzuki Jimny banyak menjadi pilihan dan disukai oleh penggemar offroad untuk menjelajahi medan ekstrim dalam gelaran resmi maupun untuk menjelajahi rute jalan dan hutan pedalaman dibeberapa wilayah di Indonesia.

Suzuki Jimny pertama kali diproduksi untuk pasar global pada tahun 1968 dengan modelnya yang diberi nama HopeStar ON360 yang menjadi nenek moyang bagi type Jimny diseluruh dunia.

Jimny sendiri baru mulai menapaki aspal di Indonesia pada tahun 1979 lewat kehadiran Jimny LJ50, yang disusul kemudian oleh Jimny LJ80 yang kerap disebut Jimny Jangkrik ditahun berikutnya.

Jimny Jangkrik mendapat sambutan yang sangat baik di Indonesia dan berhasil meraih sukses sehingga Suzuki memutuskan untuk terus melanjutkan kiprah Jimny terbaru nya, yakni Jimny SJ410.

Dikutip dari laman Jip.co.id, Jimny SJ410 ini hadir dalam dua type yakni long wheelbase (LWB) dan short wheelbase (SWB). Keduanya hanya bertaut perbedaan pada wheelbase yang dimiliki. Jimny LWB memiliki wheel base 2,375 mm, dan untuk versi SWB-nya 2.030 mm.

Pada jamannya, Jimny SJ410 ini banyak digunakan untuk menjelajahi daerah-daerah terpencil yang memiliki medan jalan yang cukup berat karena belum terjamah oleh jalan beraspal. Diantara pengguna setianya, Jimny jenis ini lebih dikenal dengan sebutan Jimny BRI, karena kerap digunakan oleh Bank Rakyak Indonesia untuk menjangkau nasabahnya yang berada didaerah terpencil.

Suzuki Jimny 2018 menjadi bintang diajang GIIAS 2018

Fiturnya yang memiliki penggerak empat roda 4×4 dengan body yang kecil namun cukup kokoh ini turut dibenamkan mesin 1000cc, sehingga sangat memungkinkan untuk dimodifikasi menjadi mobil offroad melalui perubahan dibeberapa bagian.

Kemampuannya untuk melibas berbagai medan ekstrim menjadi alasan utama bagi para offroader untuk menggunakan Jimny sebagai penyalur hoby mereka untuk melintasi kontur jalan non aspal yang tidak mampu dilalui oleh mobil ber tipe city car lainnya.

Suzuki juga meluncurkan tipe Jimny berikutnya seperti SJ413 (Sierra), dan dilanjutkan dengan peluncuran Katana dan Caribbian pada tahun 1998. Di tahun 2017, Suzuki juga memasukkan Jimny M13A atau Jimny Wide dalam jumlah terbatas.

Kemunculan Jimny mangalami fase puncaknya pada tahun 2019 dengan kehadiran Jimny generasi keempat dengan fitur-fitur yang lebih lengkap sebagai mobil offroad legendaris.

Seiji Itayama, President Director PT SIS, saat peluncurannya dalam gelaran ‘Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) – 2019’ yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, mengatakan, Jimny telah melegenda dan menjadi bagian dari sejarah otomotif Indonesia.

“Sejak diperkenalkan tahun 1979, Jimny telah terjual lebih dari 130.000 unit dan sudah menjadi bagian hidup masyarakat lewat ketangguhan dan performanya di berbagai medan off road,” paparnya.

Sementara itu, Itayama sendiri melihat bahwa eksistensi Jimny selalu menempati ruang di hati para penggemarnya dari masa ke masa.

“Untuk mengapresiasi para penggemar Jimny di Indonesia, hari ini kami meluncurkan Jimny generasi keempat yang menghadirkan fitur-fitur modern dan performa berkualitas tapi tetap mewariskan keistimewaan identitas Jimny sebagai mobil off road,” imbuhnya melengkapi.**

Reporter – SonnyWibz

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here