Komponen Lampu Hid Mobil: Penjelasan, Fungsi, dan Cara Merawatnya

Lampu HID atau yang biasa disebut dengan High Dinsity Discharge adalah sebuah lampu yang dapat menghasilan intensitas cahaya yang lebih tahan lama, lebih terang dan lebih bagus. Lampu tersebut menggunakan teknologi Xenon yang mampu menghasilakn berpuluh kali lipat intensitas cahaya jika dibandingkan dengan intensitas lampu yang lain dengan penggunaan daya yang relative rendah.

Karena menggunakan teknologi Xenon, maka lampu HID ini juga disebut dengan lampu  Xenon, ya karena memang teknologinya menggunakan teknologi Xenon ya sobat. Penggunaan daya yang rendah pada lampu ini juga memperpanjang usia lampu HID ini hingga lebih dari 3300 jam penggunaanya.

Untuk harinya anda tinggal menghitung saja ya sobat. Adapun komponen yang mendukung kinerja lampu HID ini terdiri atas beberapa komponen yang saling memegang keterkaitan satu dengan yang lainnya.

Komponen-komponen yang dimaksud antara lain adalah:

  1. Ballast Lampu HID

Komponen yang satu ini tergolong komponen yang sangat vital keberadaanya, dan merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah perangkat lampu HID. Dengan kata lain komponen ini disebut juga sebagai otak atau mesinnya lampu HID tersebut.

Dikatakan demikian karena dari komponen inilah kita bisa mengetahui sebeerapa baik cahaya yang di dapat serta keawetan lampu HID tersebut. Adapun fungsi dari komponen yang satu ini adalah untuk mengalirkan arus dengan cara merubah tegangan yang masuk lebih tinggi untuk kemudian dialirkan dalam elektroda bohla, HID tersebut.

  1. Bulb / Bohlam Lampu HID

Komponen lampu hid mobil yang kedua adalah bulb / bohlam lampu HID tersebut. Kompoen yang satu ini adalah komponen atua bisa juga disebut sebagai cover dari sebuah perangkat lampu HID tersebut. Atau dengan kata lain komponen ini berfungsi sebagi tudung dari perangak lampu HID tersebut. Adapun fungsi dari bulb / bohlam lmapu HID ini antara lain adalah  sebagai berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menaikkan sinar dari bohlam ketas reflektor, yang kemudian akan dipantulakn kembali kearah bawah.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk melakukan cut off sinar. Bohlam HID yang bagus, pola sinarnya ( light pattern ) adaah seperti halogen. Hal ini bisa anda lihat pada saat adan menyalakan lampu tersebut, akan tampak ke dinding.
  1. Wire Harness

Komponen lampu hid mobil yang ketiga adalah wire harness. Komponen yang satu ini merupakan kumpulan sejumlah kabel dan diikat secara sistematis yang berguna untuk mengalirkan aliran listrik dan sinyal.

Pada umumnya, wire harness pada lampu HID ini terdapt komponen pendukung seperti relay , fuse ( sekring ) , sekun, serta soket yang berguna sebagai penghubung arus listrik di dalamnya.

  1. HID Projektor Old Xision

Komponen lampu hid mobil yang keempat adalah HID projector old xision. Untuk sekarang ini, lampu HID sudah bnayak dikreasikan atau ditambahkan dengan komponen baru atau komponen pendukung, sebut saja projector. Dalam komponen projector ini terdapat angel eyes, devil eyes, serta diamond eyes, tergantung dari tipe bohlam HID anda.

Komponen pendukung yang satu ini berfungsi untuk menjadikan tampilan lampu kepala eye cacthing yang lebih indah dan terkesan keren. Pada umunya para pecinta otomotif dan yang suka modifikasi interor maupun ekterior mobilnya, pengguanaan lampu HID yang satu ini menjadi suatu pilihan bagi mereka.

Cara Perawatan Komponen Lampu HID Mobil

Agar lampu HID tersebut bisa sesuai dengan yang seharusnya masa berlakunya, maka kita harus menjaga dan merawatnya. Adapun cara merawatnya adalah:

  • Jangan menggunkan lampu ini dengan cara menghidupakna dan mematikan berulang – ulang
  • Aturan waktu pemakaian lampu tersebut, artinya jangan menggunakannya terlalu lama dalam sekali pemakaian.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here