Konsep Supercar Listrik Audi PB18 E-Tron Diperkenalkan

Surabaya, Otomotif1.com – Hengkang dari FIA WEC kemudian hijrah ke Formula E demi mengembangkan teknologi mobil listrik dari supercarnya, Audi sepertinya sudah tahu apa yang harus mereka lakukan pada masa depannya. Karena baru-baru ini, atau tepatnya 23 Agustus 2018, Audi merilis sebuah konsep supercar listrik berlabel Audi PB18 E-Tron di Laguna Seca sebelum akhirnya dibawa ke acara Pabble Beach Automotive Week di Monterey California.

Pemberian nama PB18 E-Tron sendiri diambil dari nama tempat dimana supercar listrik ini pertama kali diperkenalkan, yaitu Pebble Beach. Pihak Audi sendiri mengatakan, bahwa PB18 E-Tron mengambil banyak inspirasi dari mobil balap Audi R18 E-Tron yang menjuarai kejuaraan di Le Mans, dan teknologi kemudian diturunkan pada super konsep elektrik ini.

Jika melihat dari tampilan Audi PB18 e-tron nampak memiliki kesamaan dengan mobil konsep lainnya dari Audi yakni Audi Aicon 2017. Beberapa kemiripan yang terlihat antara lain desain jendela samping yang melengkung ke dalam, lengkungan roda yang panjang dan sama-sama menggunakan penggerak elektrik dengan baterai solid-state sebagai penyimpanan energi. Yang membedakan adalah Audi Aicon dirancang  sebagai kendaraan mewah jarak jauh, sementara PB18 e-tron dirancang untuk lintasan balap dan jalan raya.

Dilansir dari Motor1 PB18 E-Tron memiliki mesin yang memukau, memadukan unsur mobil balap, hot hatch dan bahkan sedikit motor sport.Secara internal, para desainer memberikan kendaraan julukan “Level Zero” karena, meskipun memiliki banyak teknologi, pengemudi dalam kendali penuh dan sama sekali tidak ada peralatan semi-otonom on-board.

Audi PB18 e-tron memiliki dimensi panjang 4,53 meter, lebar 2 meter dan tinggi 1,15 meter.

Mobil ini menggunakan konsep tiga motor listrik yang kuat dan terletak pada bagian depan (satu buah) dan bagian belakang (dua buah). Output maksimum yang dihasilkan sebesar 500 kW, tetapi pengemudi bisa menaikkan hingga 570 kW.

Torsi gabungan mobil ini sebesar 830 Newton meter yang memungkinka melakukan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya kurang dari 2 detik.

Audi PB18 E-Tron menggunakan baterai solid-state futuristik dengan kapasitas 95-kilowatt-jam, yang akan memungkinkan untuk kisaran perkiraan lebih dari 310,7 mil (500 kilometer) di Prosedur Uji Kendaraan Harmonisasi Cahaya Di Seluruh Dunia. Sistem pengisian 800 volt akan mengisi baterai hanya dalam waktu 15 menit.

Untuk roda yang digunakan berukuran 22 inci dan dilengkapi ban berukuran 275/35 pada bagian depan dan ban 315/30 pada bagian belakang.

Mobil konsep Audi PB18 E-Tron ini konon didesain dan dirancang oleh Malibu Design Loft kepunyaan Audi. Selain di Laguna Seca dan Pebble Beach, Audi PB18 E-Tron akan ditampilkan di “The Quail” pada 24 Agustus 2018.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here