Kunjungi PG Colomadu, COC Jawa Tengah Lakukan Touring Perdana Bertema Sejarah

 

Semarang, Otomotif1.com – Setelah beberapa waktu dideklarasikan, komunitas pecinta dan pengguna Wuling Confero yang tergabung dalam wadah Confero Owner Community (COC) Jawa Tengah, mengadakan touring edukasi ke Kota Solo, Sabtu-Minggu (14-15/4).

Sebagai agenda pertama dari COC Jateng melakukan kegiatan touring dengan tema ‘Family Touring’ ke Pabrik Gula Colomadu.

Diikuti sebanyak 8 unit Wuling Confero dengan jumlah personil sebanyak 34 orang, para peserta touring edukasi memulai start perjalanan dari rest area tol Ungaran Km 22. Perjalanan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB menuju PG Colomadu yang berjarak 75 kilometer dari titik kumpul, dan ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Setibanya di area PG Colomadu, touring perdana pasca dideklarasikannya COC Jateng sebulan yang lalu, anggota ‘Family Touring’ dari Semarang disambut oleh beberapa anggota COC Jateng dari wilayah Solo Raya.

Selama berada di PG Colomadu, rombongan COC Jateng melakukan wisata edukasi sambil beristirahat sejenak. Sebelum rombongan bergeser ke sebuah rumah makan untuk makan siang bersama.

Touring yang dilakukan menggabungkan 3 wilayah Semarang, Solo dan Yogyakarta berlangsung sukses dan meriah.

 

Sekilas tentang sejarah PG Colomadu yang didirikan pada tahun 1861 oleh Mangkunegaran IV, awalnya bernama Pabrik Gula Colomadu. Namun seiring dengan berkuasanya Belanda di Indonesia, namanya dirubah menjadi De Tjolomadoe yang mengalami perluasan dan perombakan arsitektur pada tahun 1982.

Bekas bangunan PG Colomadu dengan luas lahan 6,4 ha mulai direvitalisasi dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dan kekayaan historis yang ada. Mesin-mesing pabrik gula masih dipertahankan untuk memberi wawasan edukasi sejarah bagi pengunjung.

PG Colomadu sendiri baru resmikian pada 24 Maret 2018 dimana dalam peresmian tersebut sempat digelar konser David Foster & Friends di Tjolomadoe Hall yang mampu menampung pengunjung sebanyak 3.000 orang.

Karena touring diadakan pada saat long weekend maka hal yang menjadi kendala utama adalah begitu padatnya lalu lintas sepanjang perjalanan. Untunglah kendala itu dapat diatasi dengan baik berkat komunikasi yang baik dan kedisiplinan yang tinggi di dalam rombongan sehingga perjalanan bisa lancar dan sesuai dengan jadwal yang diperkirakan .

Keesokan harinya, Minggu (15/4) rombongan owner Wuling Confero dari wilayah Jogjakarta berjumlah 6 unit mobil dengan jumlah personil 25 orang bergabung dengan rombongan dari Semarang untuk saling bersilaturahmi dan selanjutnya bersamaan menuju ke Pandawa Waterpark, yang berlokasi di Gedangan, Sukoharjo.

Beberapa jam rombongan owner lengkap dengan keluarganya menghabiskan waktu untuk bersantai dan melepas penat dengan bermain air di waterpark. Sekitar pukul 15.30 WIB rombongan Semarang memisahkan diri dengan rombongan dari Jogjakarta untuk melakukan perjalanan kembali ke Semarang .

Kali ini perjalanan pulang harus melalui rute alternatif untuk menghindari jalur yang sangat padat . Jalur yang diambil dari Solo melewati Jatinom tembus ke Boyolali dan lanjut ke Salatiga sampai ke tol Bawen – Semarang . Untuk jarak tempuh perjalanan pulang ini sekitar 115 km dan ditempuh dalam waktu selama sekitar 3,5 jam .

Kunci dari keberhasilan dari sebuah touring adalah terletak pada komunikasi yang lancar dan baik di antara seluruh anggota rombongan mulai dari Road Captain / RC (om Ardi) sebagai komando arah perjalanan sampai dengan Sweeper (om Adi) selaku ekor dari rombongan tersebut dan yang terpenting adalah semua anggota rombongan harus tetap displin dalam berlalu lintas mengutamakan keselamatan diri maupun orang lain.

“Makin sering touring rasanya makin pingin nambah terus touringnya apalagi selalu tetap ditemani keluarga tercinta dalam mengendarai Wuling Confero”, ungkap salah seorang anggota COC yang ikut dalam ‘Family Touring’ perdana ini.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here