Lewat IOF, Suzuki Jip Indonesia (SJI) Kirim Anggotanya Bantu Korban Gempa Lombok

Lombok, Otomotif1.com – Gempa berkekuatan 7 SR mengguncang wilayah Lombok pada Minggu (5/8), yang disusul dengan gempa susulan berkekuatan 6,2 SR. Musibah ini menghentak kita semua, ratusan korban jatuh dan ribuan lainnya mengungsi mencari tempat aman.

Gempa yang mengguncang Lombok, sebuah pulau indah di timur Indonesia telah benyak mengundang simpati kita. Bahkan puluhan relawan diterjunkan ke daerah bencana untuk membantu para korban.

Salah satu relawan yang datang adalah Suzuki Jip Indonesia yang tergabung dalam Indonesia Off-road Federation (IOF), yang datang dengan dua gelombang.

Dengan menumpang pesawat Hercules milik TNI AU, dua jip IOF diterjunkan di daerah gempa.

 

“Gelombang pertama terdiri dari empat personil anggota yang dikomandani oleh Rendra Hertiadi, disusul gelombang kedua yang membawa dua unit kendaraan jip Suzuki Jimny Siera dan Toyota Hartop yang dikomandani oleh Leboy,” ungkap Rachmat Keliek Pangestu, Ketua Suzuki Jip Indonesia (SJI) ketika dihubungi Otomotif1, Jumat (10/8).

Jika melihat dari foto yang diambil, dua kendaraan jip milik IOF diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

“Jumlah personil yang berangkat sebanyak 9 orang. Karena fokusnya untuk bantuan makanan dan tenaga relawan, jadi jumlah kendaraan yang bisa kami bawa hanya 2 unit,” jelasnya lagi.

Nantinya selama berada di lokasi gempa, para relawan akan membuka posko dan membantu para korban gempa untuk dipindahkan ke daerah aman.

Dari informasi yang disampaikan oleh Rachmad Keliek Pangestu, tugas utama para relawan IOF ini lebih kepada memberikan asesmen kerusakan yang terjadi akibat bencana dan memberikan bantuan recovery kepada korban gempa.

Namun jika dibutuhkan, para relawan ini siap juga untuk membantu dalam pelayanan kebutuhan dasar bagi pengungsi seperti mendistribusikan logistik.

Data terakhir yang berhasil di himpun oleh BNPB mencatat setidaknya ada 259 orang meninggal dunia dan 1033 luka berat. Sebagian besar korban meninggal dunia karena tertimbun bangunan yang roboh.

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here