Little Monster 5-Door Coupe, Hyundai i30 N Fastback 2019

Surabaya, Otomotif1.com – Sejak Hyundai memiliki SDM dengan talenta berkelas dunia seperti Peter Schryer (senior desain VW Group) kemudian masuknya Albert Bierman (mantan kepala teknik BMW M Series), Hyundai semakin berkembang pesat dengan beragam teknologi dan tampilan model berkelas yang sejajar dengan produk Eropa.

Hyundai i30 Fastback N yang merupakan versi fastback dari i30 N Hatchback yang sekaligus menjadi model kedua dari keluarga N Performance. Mengambil huruf N yang berarti N dari kota asal gedung R&D Centre Hyundai yaitu Namyang (sekarang Hwaseong), divisi ini sangat serius mengembangkan mobil sport oriented yang membuat mobil buatan Hyundai ini menjadi lebih buas.

Turun dikancah reli paling bergengsi di dunia, World Rally Championship (WRC), divisi ini telah menciptakan berbagai model monster pelibas medan berat WRC seperti i30N dan Veloster N sebagai produksi road legal mereka.

Hasil modifikasi yang dilakukan N Performance terhadap i30 Fastback 2018, sukses melahirkan sebuah coupe’ yang jauh lebih buas dari pendahulunya.

Dari sisi dimensi memang ada perbedaan, i30 Fastback lebih panjang 115 mm dan lebih rendah 30 mm dari generasi sebelumnya.

Posisi lebih rendah ini bisa di dilihat berkat garis atap yang memang lebih rendah dengan setelan suspensi yang jauh lebih empuk.

Tampil dengan fascia depan dengan menggunakan bemper  bersalur garis tegas, dan popsisi DRL yang berubah, kemudian lontur grille yang lebih sporty bahkan penambahan hal kecil pada bagian lips bemper, membuat mobil ini begitu memiliki aura sporty N yang dalam.

Pada Sisi samping yang sedikit terlihat berbeda hanyalah pada bagian spion, side skirt dan veleg yang masih mempertahankan bentuk lama namun sedikit ada perbedaan karena pada seri N ini menggunakan velg dual-tone.

Beralih kebagian belakang, tidak banyak yang berubah. Namun kesan sporty terlihat dari lips spoiler dan bemper belakang. Apalagi dengan adanya disfuser dan knalpot kembar yang membuat aura sportcar begitu kental pada mobil ini.

Untuk volume bagasi, pihak Hyundai mengklaim mampu mencapai daya muat sebesar 450 liter dan jika jok belakang dilipat maka daya tampung mampu mencapai 1.351 liter.

Masuk ke bagian dalam interior mobil ini, kita akan disuguhkan dengan beragam emblem N Performance disetiap detailnya, seperti pada bagian skid plate, takometer, shift knob, hingga kursi depan. Bahkan  bentuk lingkar setirnya pun berubah dari i30 Fastback standar, mulai dari bentuk hingga konfigurasi tombol-tombol yang sama sekali berbeda.

Untuk mengubah mode berkendara pun ada pada bagian roda kemudi, mulai dari eco, normal, sport, N dan N custom, semua ini dapat diubah hanya dari setir saja, layaknya sportcar.

Memadukan bahan kulit dengan stitching atau aksen merah dan pemakaian bahan beludru pada bagian jok, membuat i30 Fastback N semakin menguatkan sisi garangnya.

Untuk sistem infotainment, Hyundai i30 Fastback N menggunakan touchscreen 8 inchi dan sudah didukung koneksi Bluetooth yang bisa menampilkan kamera mundur.Sementara fitur pendukung infotainment lainya, bisa terhubung langsung dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Untuk mesinnya sendiri Hyundai menyediakan trim standar dan performa yang keduanya tetap memiliki output gahar. Konfigurasinya tetap sama dengan i30 N hatchback, inline-4 2,0L turbocharged yang pada varian standar memuntahkan 248 hp dan versi performanya 272 hp.

Walaupun berbeda horsepower, namun kedua trim tersebut memiliki torsi yang sama, yaitu 353 Nm. Tetapi dengan fitur OverBoost N Performance yang aktif pada saat mencapai torsi maksimal, mobil ini bisa memuntahkan torsi sebesar 378 Nm. Jadi waktu yang dibutuhkan mobil ini dari 0-100km/h hanya membutuhkan 6,4 detik untuk versi standar dan 6,1 detik untuk trim performanya.

Sementara penjamin keselamatan juga cukup canggih, dengan sistem aktif paket SmartSense dan dukungan berkendara canggih, termasuk Forward Collision-Avoidance Assist, Driver Attention Warning, Lane Keeping Assist, High Beam Assist, dan Intelligent Speed Limit Warning.

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here