Makin Nyaman Naik Moge, Harley-Davidson Segera Patenkan Teknologi Self-Balancing

Otomotif1.com – Memiliki motor gede (Moge) menjadi salah satu impian yang menyenangkan bagi pecinta otomotif di tanah air. Tapi lantaran bobotnya yang besar dan berat diluar batas toleransi kendaraan roda dua yang ada selama ini, tidak sedikit penggunanya merasa kesulitan ketika menunggangi moge.

Nah, kabar baik untuk para pecinta Moge tapi bermasalah dengan kondisi tersebut. Pasalnya, pabrikan motor asal Amerika Serikat ini, Harley-Davidson saat ini tengah mengembangkan teknologi ‘self-balancing’.

Bahkan teknologi Self-Balancing ini saat ini tengah diajukan hak patennya oleh Harley-Davidson sendiri. Dengan adanya teknologi ini, memungkinkan pengguna motor Harley-Davison akan menjadi lebih nyaman. Penggunanya akan lebih mudah dalam mengendalikan Moge ini karena menjadi lebih seimbangan ketika dikendarai.

Seperti dilansir dari Visordown.com, sistem teknologi penyeimbang Harley-Davidson terdiri dari high-speed flywheel yang ditempatkan pada gimbal dengan dua sumbu. Sekalinya melaju pada kecepatan tertentu membuat motor seperti Harley dapat dengan mudah diseimbangkan. Artinya sistem ini akan bermain pada kecepatan berjalan, kecepatan lambat, bahkan membantu keseimbangan saat berhenti.

Kabarnya teknologi terbaru Harley-Davidson ini bakal berbeda dengan sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang sudah banyak ditemukan pada motor saat ini. Disebutkan bahwa teknologi ini mampu menyeimbangkan motor pada putaran 20.000 rpm. Bahkan dengan bobot yang sangat berat itu, teknologi ini tetap dapat menjaga kestabilan motor.

Cara kerja teknologi keseimbangan Harley-Davidson ini membutuhkan kecepatan tertentu untuk mengaktifkannya. Saat motor mulai berjalan, teknologi ini mempersiapkan diri untuk menyeimbangkan motor pada kecepatan rendah. Kemudian sistem akan mengunci dua sumbu gimbal dan mengkoneksikannya kepada aktuator.

Aktuator ini dikendalikan oleh komputer, memungkinkannya bergerak ke kiri dan kekanan. Gerakan ini dilakukan untuk melawan semua gerakan yang tidak diinginkan pada saat kecepatan rendah. Dengan teknologi ini jika pengendara kehilangan stabilitas ketika hendak berhenti, maka tidak akan terjadi masalah.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here