Maknai Perayaan Paskah, BFCI Bagikan Ratusan Masker Kepada Pengemudi Ojol

Jakarta, Otomotif1.com – Masih di tengah perayaan Paskah, di tengah ancaman pandemic Covid-19 yan tengah melanda tanah air, Komunitas Biker for Christ Indonesia (BFCI), melaksanakan kegiatan sosial dengan membagikan masker kepada pengemudi ojek online (OJOL).

Dengan tema ‘Satu Masker-Satu Ojol-Satu Bikers’, ajang kepedulian sosial kepada masyarakat ini, diadakan dalam rangka memperingati perayaan Paskah yang jatuh pada 10 Maret 2020 lalu.

BFCI sebagai salah satu wadah komunitas bikers di tanah air, dirasa perlu dan terpanggil untuk berbuat sesuatu yang berguna bagi sesama umat manusia, khususnya para pengemudi Ojol.

Bro Ivan, Ketua Panitia “Satu Masker – Satu Ojol – Satu Bikers”, menyatakan, kegiatan ini dilakukan atas dasar kepedulian sosial dari member BFCI kepada sesama khususnya pengemudi ojek online (Ojol).

Kegiatan ini digelar sejak tanggal 14 April hingga 19 april 2020, dibeberapa lokasi seperti Lebak Bulus, Antasari, Pejaten, Bintaro-Tangerang Selatan, dan Margaguna (Depok). Dalam pelaksanaannya BFCI mengutus 5 orang membernya untuk melakukan pembagian masker kepada pengemudi Ojol.

“Yang istimewa dari kegiatan ini adalah masker kain yang dibagikan kepada pengemudi ojol ini adalah hasil buatan tangan dari salah seorang member BFCI yang sudah berusia 60 tahun, dengan semangat dan keinginannya agar dapat berguna bagi sesama,” ujar Bro Ivan bersemangat.

Dalam masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, pihak panitia mengkondisikan sistem pembagiannya dengan strategi Silent Operation yakni dengan cara tidak mengumpulkan banyak orang disatu tempat tetapi lebih proaktif mencari pengemudi ojol yang sedang menunggu penumpang ataupun sedang beristirahat seorang diri agar dapat terhindar dari terjadinya kerumunan massa.

Dengan tetap melaksanakan anjuran untuk tetap menjaga jarak antar indivdu, strategi ini rupanya cukup efektif, apabila belum ditemukan pengemudi ojol untuk diberikan masker. Terkadang, tim panitia dan beberapa member harus mencari tempat yang kondusif agar dapat membagikan masker untuk tetap mengupayakan menghindari terjadinya kerumunan massa.

Dibeberapa tempat yang telah ditentukan, BFCI juga bekerjasama dengan pihak aparat keamanan seperti pihak Kepolisian dan TNI untuk membagi-bagikan masker kepada pengendara ojol.

Irjen. Pol (Purn) Daud Sihombing, sebagai salah seorang pemerhati kegiatan komunitas motor besar di Indonesia memang telah lama mengamati sepak terjang komunitas motor gede ini melalui berbagai kegiatan yang kerap diselenggarakan oleh BFCI.

Dalam kutipan sambutannya melalui vidio rekaman kepada BFCI, Irjen Pol (Purn) Daud Sihombing, mengatakan bahwa selain menjadi pelopor Keselamatan Berlalu lintas, BFCI ternyata juga telah menjadi pelopor dalam bidang Kesehatan dalam menghadapi penyebaran pandemi Covid-19.

Ferdo Raturandang, Ketua Umum BFCI, menjelaskan bahwa BFCI memenuhi panggilan untuk saling mengasihi sesama manusia dalam berbagai situasi dan kondisi disesuaikan dengan batas kemampuan.

“Wujud nyatanya adalah dengan mendukung himbauan pemerintah untuk menggunakan masker selama masa pandemi Covid-19 dan mengikuti semua anjuran dan aturan pemerintah dan tim medis apapun bentuknya,”  lanjut Ferdo dalam wawancara eksklusifnya.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ketum BFCI, Ferdo Raturandang, Dipilihnya pengendara ojol sebagai bagian dari kegiatan sosial BFCI ini dikarenakan para pengendara ojol ini lebih sering berinteraksi dengan banyak orang yang menjadi pelanggannya melalui order dari aplikasi dalam berbagai kesempatan, untuk itu mereka sangat membutuhkan alat pelindung diri seperti masker kain yang layak dalam menjalankan pekerjaannya.

“Program ini sebenarnya sambil mengajarkan dan membentuk bikers lainnya untuk peduli dengan sesama, salah satunya adalah dengan memberikan donasi satu masker – satu bikers. Disisi lain, kami juga ingin mengajak para bikers untuk mau menyisihkan donasi uang sebesar Rp 10.000,- untuk ditukar dengan satu masker. Dalam hal ini, BFCI tidak mengharuskan membernya untuk mendonasikan uang Seratus ribu rupiah ataupun Satu juta rupiah dari satu member, tapi cukup dengan mendonasikan sepuluh ribu rupiah untuk satu masker per member yang diberikan kepada pengendara ojol sudah sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan,” tukas Ferdo lagi.

Dalam kesempatan lain, Bro Irvan selaku Ketua Panitia kegiatan menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dan mensukseskan kegiatan ini.

“Kami juga ingin sampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua donatur yang telah menyisihkan harta nya baik dalam bentuk uang maupun dengan memberikan donasi masker untuk diberikan kepada pengendara ojol ditengah pandemi Covid-19 ini. Semoga wabah corona ini dapat segera berlalu dan kita semua dapat kembali beraktifitas secara normal kembali seperti sedia kala,” ujar Bro Ivan sambil menyampaikan harapannya.

Sebelum menutup wanwancaranya, Ferdo Raturandang, kembali menyampaikan bahwa upaya yang dilakukan oleh BFCI ini hanya seperti butiran debu bila dibandingkan dengan upaya yang telah dilakukan oleh berbagai pihak dalam membantu menuntaskan dan memutus penyebaran Covid-19.

Namun, esensi nya adalah BFCI ingin berbuat sesuatu untuk bangsa ini ditengah mewabahnya virus corona ini. Dan, semua member BFCI juga dapat lebih menghayati arti kepedulian terhadap sesama ditengah masa pandemi covid-19 ini.

“Semoga bangsa dan negeri ini dapat segera terbebas dari cengkeraman wabah Covid-19 ini dan dapat kembali pulih seperti sedia kala, sehat badaniah, perekonomian rakyat juga dapat kembali menggeliat dan masyarakat pun dapat kembali beraktifitas sebagaimana biasanya,” tutup Ferdo. (*)

Reporter-SonnyWibz

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here