Manfaat Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Sehari-hari

Seiring dengan perkembangan zaman dan juga kecanggihan teknologi, maka ada-ada saja penemuan menarik disekitar kita. Dalam dunia otomotif, kini produsen mobil sudah mulai tertarik memproduksi mobil listrik. Ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi polusi dan berbagai macam masalah yang mengikuti lainnya. Lalu apakah anda tahu, manfaat mobil listrik yang sebenarnya?

Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa manfaat mobil listrik itu sendiri. Berikut ini penjelasannya :

  1. Tanpa Emisi 

Daya tarik dari mobil listrik adalah ia ramah lingkungan serta tidak menghasilkan emisi. Hal ini sama dengan mobil jenis LCGC. Beberapa penelitian menjelaskan penggunaan mobil listrik sangat meminimalisir polusi udara, ini tentu saja akan membuat kualitas udara menjadi semakin lebih baik.

Baca Juga ( Mercedes-Benz Ajak Pengunjung IIMS 2018 Test Drive Mobil Listrik EQ )

  1. Lebih Senyap Saat Berkendara

Manfaat kedua, mobil listrik memberikan kenyamanan yang lebih saat anda dalam perjalanan. Hal ini karena memang mobil listrik lebih senyap dan halus, sehingga berdampak pada berkendara yang nyaman karena tidak menimbulkan kebisingan.

  1. Lebih Cepat

Manfaat yang ketiga ini banyak orang tidak menyangka. Akselerasi mobil listrik lebih cepat. Karena mobil listrik dapat mengirimkan torsi dalam waktu yang cukup cepat menuju roda. Misalnya, mobil Tesla dengan model S memiliki akselerasi sekitar 3 detik untuk kecepatan hingga  100 km/jam.

  1. Harga Lebih Murah

Siapa yang tidak menginginkan mobil murah? Tentu semua orang suka mobil murah namun tidak murahan. Mobil listrik juga dibanderol dengan harga cukup murah. Menurut hasil penelitian yang ada, pemakaian listrik mobil listrik memiliki biaya 1/3 lebih murah jika dibandingkan mobil konvensional yang membutuhkan bahan bakar.

  1. Perawatan Sederhana, Tidak Rumit

Semua mobil tentu saja membutuhkan perawatan, termasuk mobil listrik. Namun perbedaaanya, pada mobil listrik, tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan. Hal ini karena mobil listrik tidak mempunyai sistem pembuangan serta tidak perlu dilakukan ganti oli mobil, bahkan suku cadang pada bagian mesin pembakaran. Meksipun begitu, mobil listrik juga membutuhkan perawatan ringan seperti melakukan pengecekan tekanan ban mobil yang dilakukan rutin.

Baca Juga ( Nissan Optimis, Targetkan Penjualan 1 Juta Kendaraan Listrik )

  1. Hanya Perlu Isi Baterai

Inilah kemudahan jika anda memiliki mobil listrik. Anda tidak perlu lagi mengantri di pom bensin untuk membeli bahan bakar. Anda bisa mengisi energi mobil hanya dengan mengisi bateranyai di rumah. Untuk melakukan perjalanan sekitar 80 km, anda hanya perlu mengisi sekitar 20-30 menit. Sehingga lebih efisien waktu dan biaya anda.

Baca Juga ( BMW Group Indonesia di Festival Kendaraan Listrik IIMS 2018 )

Nah, itu tadi manfaat mobil listrik. Meskipun belum diproduksi di Indonesia, namun mobil listrik memiliki manfaat yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Semoga suatu hari akan diperbanyak produksinya di Indonesia karena selain ramah lingkungan, mobil listrik juga sangat menghemat pengeluaran masyarakat kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here