5 Manfaat Pertalite Untuk Mobil yang Perlu Diketahui Setiap Pengendara

Di Indonesia Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tersedia amat beragam. Beberapa jenis bahan bakar minyak yang disediakan oleh Perusahaan minyak negara (Pertamina), di antaranya adalah Premium, Pertamax, dan Pertalite. Pertamax memiliki Research Octane Number (RON) terbesar jika dibanding dengan Pertalite dan Premium, yaitu sebesar 92 oktan. Nilai RON Pertalite adalah 90 oktan dan Premium 88 oktan. Meskipun begitu, Pertalite sebenarnya tidak kalah dengan Pertamax. Terdapat kandungan zat aditif di dalam Pertalite yang bermanfaat bagi mesin mobil.

Kandungan-kandungan baik yang ada pada Pertalite yaitu:

  • Zat anti kristal. Kristal kemungkinan akan terbentuk di dalam tangki bensin pada kondisi suhu tertentu. Kristal air ini tentu saja akan berbahaya bagi mesin mobil terutama filter bahan bakar mobilnya. Fungsinyaadalah menyaring kotoran yang ada di dalam tangki bensin. Apabila kristal yang terbentuk terlalu banyak, maka akan menimbulkan masalah pada filter di kemudian hari.
  • Zat anti karat. Zat aditif ini akan membantu dalam menghilangkan karat yang ada di dalam tangki bensin mobil.
  • Zat pembersih. Zat ini akan membantu membersihkan kotoran yang ada di silinder headserta klep intake. 

Manfaat Pertalite untuk Mobil

Selain karena zat-zat aditifnya yang dapat membersihkan tangki bensin, Pertalite juga bermanfaat bagi mobil karena memiliki keunggulan-keunggulan tertentu. Berikut adalah keunggulan-keunggulan yang dimiliki:

  1. Memberikan Tenaga yang Lebih Besar

Pertalite mampu memberikan tenaga lebih besar pada mobil. Misalnya penggunaan Pertalite pada mobil Datsun Go+ dapat menghasilkan tenaga sebesar 82 ponsel. Sedangkan jika menggunakan Premium, tenaga yang dihasilkan hanya 78,5 ponsel. Selisih tenaga yang dihasilkan adalah sebesar 3,5 ponsel.

  1. Lebih Efisien

Lebih efisien dibanding dengan penggunaan Premium. Untuk penggunaan 1 liter Pertalite pada mobil yang melaju di jalan yang bebas rintangan, total jarak yang ditempuh bisa mencapai 23,4 km. Sedangkan untuk bahan bakar Premium, jumlah kilometer yang ditempuh untuk 1 liternya adalah 22,5 km. Namun untuk di jalan kota perbedaannya tidak terlalu jauh, yaitu 13,6 km untuk 1 liter Pertalite dan 13,4 km untuk 1 liter Premium.

  1. Torsi yang Lebih Besar

Torsi yang dihasilkan oleh mobil yang menggunakan Pertalite adalah 130, 7 Nm pada 4000 Rpm. Sedangkan torsi pada mobil yang menggunakan Premium maksimalnya adalah 127, 1 Nm pada putaran mesin 4000 Rpm. Penggunaan BBM Pertalite akan memberikan dampak torsi yang lebih besar dibanding dengan menggunakan BBM Premium.

  1. Keunggulan Pada Akselerasi

Mobil yang menggunakan Pertalite dapat mengalami percepatan laju kendaraan yang lebih besar dibanding dengan mobil yang menggunakan Premium. Mobil Datsun Go+ misalnya, jika kecepatannya 60 km/jam, waktu percepatan yang diperlukan untuk mencapai 100 km/jam hanya selam 5,1 detik. Jika kecepatannya 0 km/jam, waktu yang diperlukan menjadi lebih lama, yaitu 13,7 detik.

Lain halnya dengan mobil yang menggunakan Premium. Percepatan dari 0 km/jam ke 60 km/jam membutuhkan waktu selama 5,6 detik. Sedangkan dari kecepatan 0 km/jam ke 100 km/jam waktu yang diperlukan adalah selama 14 detik.

  1. Emisi yang Lebih Sedikit

Jika dibandingkan dengan Premium, emisi atau zat buangan yang dikeluarkan oleh mobil yang menggunakan Pertalite lebih sedikit dari emisi mobil yang menggunakan bahan bakar minyak Premium. Tentunya hal ini dapat turut mengurangi masalah polusi udara.

Demikian penjelasan mengenai manfaat Pertalite untuk mobil. Jika pembaca menginginkan mesin mobil yang awet, maka gantilah BBM anda ke Pertamax maupun Pertalite. Nilai oktan yang tinggi pada kedua jenis BBM tersebut bagus untuk kendaraan Anda. Semoga bermanfaat!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here