Manfaat Pertamax untuk Mobil

Penggunaan Pertamax untuk mobil sangat dianjurkan. Mobil-mobil di atas 1000 cc  yang diproduksi pada saat ini banyak yang didesain dengan Research Octane Number (RON) sebesar 90 oktan ke atas. Pertamax memiliki nilai oktan 92, sedangkan Premium 88. Sudah jelas bahwa Pertamax lebih mengakomodasi mobil jenis ini dibanding Premium.

Selain itu, penggunaan Pertamax juga dapat memberikan banyak manfaat kepada mobil Anda. Apa saja Manfaat Pertamax untuk Mobil?

  1. Membuat Mesin Mobil Lebih Awet

Penggunaan Pertamax pada mobil tidak sama dengan Premium. Ketika pembakaran, bahan bakar Premium tidak sesuai dengan gerakan piston sehingga dapat membuat mobil cepat rusak. Hal tersebut tidak terjadi pada bahan bakar Pertamax. Selain itu, bahan bakar Pertamax juga dapat membersihkan timbunan deposit yang ada di fuel injector.

  1. Mempertahankan Performa Mobil

Produk-produk Ford saat ini sudah mengharuskan penggunaan Pertamax. Penggunaan Premium pada mobil sebenarnya masih bisa, namun nantinya akan ada yang dikorbankan seperti performa misalnya. Tambahan darinya bahwa Premium bisa menjadi pemicu knocking pada mesin mobil. Knocking atau ngelitik pada mesin mobil terjadi karena proses pembakaran yang seharusnya dapat sempurna menjadi tidak sempurna.

  1. Pertamax Menghasilkah Pembakaran yang Lebih Sempurna

Nilai oktan yang ada pada bahan bakar minyak dapat mempengaruhi proses pembakaran. Menurutnya semakin kecil angka oktannya, maka semakin lama bensin tersebut terbakar spontan. Pembakaran yang lama inilah yang akan menimbulkan knocking pada mesin.

Naun, jika angka oktannya tinggi, maka pembakaran akan bisa lebih sempurna. Karena bahan bakar bisa dipadatkan hingga tekanan yang tertinggi sebelum terkena percikan api dari busi. Pertamax memiliki nilai oktan yang lebih tinggi dibanding dengan Premium. Jadi jelaslah jika pembakaran yang dihasilkan oleh bahan bakar minyak Pertamax lebih sempurna dibandingkan dengan bahan bakar minyak Premium.

  1. Pertamax Lebih Murni Dibanding Dengan Premium

Pertamax dianggap lebih murni dibanding dengan Premium karena Pertamax dapat mencegah gumpalan-gumpalan air terbentuk di dalam bahan bakar. Pertamax memiliki zat aditif yang dapat mencegah pembentukkan gumpalan-gumpalan air ini. Dampaknya, Pertamax akan meningkatkan kinerja piston. Selain itu, zat aditif yang ada pada Pertamax juga dapat berperan sebagai detergen, yang dapat menghilangkan kerak yang biasanya muncul ketika menggunakan bahan bakar Premium.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here