Maxi Yamaha Virtual Turing 2021: Kisah Rider 56 Tahun, Gasspoll All New NMAX 155 Connected/ABS Sambangi Pulau Seram di Timur Indonesia

Otomotif1.com – Masohi, Maluku Utara – Aktivitas Maxi Yamaha Virtual Touring 2021 telah memasuki minggu kedua setalah resmi dimulai pada 8 Maret 2021 lalu. Sebagian besar peserta yang tersebar di berbagai kota di Indonesia telah mulai melakukan touring menghampiri minimal tujuh destinasi menarik di kota mereka. Bahkan ada beberapa dari peserta yang hingga saat ini masih dalam perjalanan menempuh jarak ribuan kilometer dengan motor Maxi Yamaha kesayangannya.

Dari Timur Indonesia, seorang konsumen All New NMAX 155 Connected/ABS yang ikut berpartisipasi dalam gelaran Maxi Yamaha Virtual Touring 2021 bernama Marsud Syam melakukan riding pulang-pergi (PP) dari Makassar menuju Masohi, Pulau Seram, Maluku Tengah.

Marsud yang berusia 56 tahun, memprediksi perjalanannya tersebut akan memakan waktu kurang lebih 15 hari (termasuk diatas kapal) dengan jarak tempuh sekitar 1.500 kilometer. Tidak sendirian, selama melaksanakan touring Marsud ditemani oleh ketiga rekan komunitasnya sesama pengguna Maxi Yamaha yang dua diantaranya merupakan rider XMAX asal Bandung, Jawa Barat.

Terkait rute perjalanan, Marsud dan rekannya memulai touring pada Jumat, 12 Maret 2021 dari kota Makassar ke pelabuhan untuk naik kapal menuju Ambon. Sesampainya disana, mereka lanjut berkendara mengarah ke dermaga penyebrangan kapal perintis dengan tujuan Pulau Seram, Maluku Utara. Dan sesampainya di Pulau Seram keempat rider Maxi Yamaha ini langsung tancap gas menjelajah keindahan pulau yang terkenal akan hasil buminya tersebut.

Perjalanan di Pulau Seram diawali dengan menyusuri wilayah pesisir utara menuju Piru. Kemudian dilanjut ke daerah Wahai dan Bula hingga berakhir di Kota Masohi yang merupakan ibu kota Kabupaten Maluku Tengah. Marsud mengaku banyak sekali keindahan alam yang tersaji selama perjalanan meskipun dibalik itu semua terdapat medan berat yang harus dilalui olehnya.

Salah satunya seperti jalan lingkar SS Manusela yang terkenal sangat ekstrim dikalangan warga lokal Pulau Seram. Jalan legendaris yang masuk dalam wilayah Taman Nasional ini menghadirkan kombinasi jalan dengan trek tanjakan tinggi, turunan curam serta kelokan tajam yang sangat menguji skill berkendara serta ketangguhan performa mesin motor yang digunakan.

Marsud mengaku selama perjalanan tidak ada kendala yang dialami oleh motor. Performa mesin Blue Core 155cc dengan teknologi VVA milik All New NMAX 155 Connected/ABS teruji tangguh dalam menaklukan tanjakan di dataran tinggi wilayah lingkar SS Manusela. Selain itu, motor juga dinilai responsif dan stabil saat diajak bermanuver ketika masuk dan keluar tikungan di wilayah perbukitan yang berkelok-kelok.

“Saya akui performa All New NMAX 155 Connected/ABS ini luar bisa, mantap sekali. Semua orang di Seram (Pulau Seram) tahu jalur Lingkar SS Manusela ini terkenal ekstrim. Tanjakannya luar bisa, dan turunanannya itu curam-curam lalu kadang diujung langsung dikasih tikungan patah. Benar-benar memacu adrenalin. Tapi motor enak sekali tarikannya, apalagi ketika VVA main, jalan mau nanjak seperti apapun pokoknya lewat. Handling motor juga enteng sekali. Masuk keluar tikungan stabil aja rasanya. Jadi riding di Lingkar SS Manusela itu kaya ngalir aja nyaman,” ungkapnya.

Selain performa motor yang dinilai mumpuni, Marsud juga menyukai fitur Traction Control System (TCS) dan sistem pengereman Dual-Channel ABS yang terdapat pada All New NMAX 155 Connected/ABS. Pasalnya, dirinya merasa jauh lebih percaya diri selama riding menggunakan motor berkat kehadiran kedua fitur tersebut.

“Fitur TCS dan ABS Dual-channel secara tidak langsung memang membuat saya lebih pede (percaya diri) saat riding. Karena beberapa jalan yang kita lalui itu kan ada yang sedikit berpasir, jadi dengan adanya TCS ini setidaknya bisa mencegah terjadinya ban slip waktu akseslerasi. Lalu pengereman juga lebih optimal dengan adanya sensor ABS di bagian roda depan dan belakang,” tambahnya. ***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img