Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu Oleh Sales Nakal

Membeli mobil memang mudah, tetapi bukan berarti anda tidak waspada dalam membeli mobil idaman anda. Nyatanya, saat ini cukup banyak sales-sales nakal yang berkedok. Mereka menawarkan banyak hal yang menggiurkan seperti diskon, bonus dan sebagainya namun nyatanya tidak sesuai kenyataan, bahkan nantinya akan merugikan anda, seperti anda harus membayar denda atau uang apapun itu. Ini tentu cukup berbahaya untuk anda. Lalu bagaimana cara membeli mobil idaman anda dan anda pun tidak tertipu dengan sales-sales nakal tersebut? Nah, Berikut ini cara membeli mobil baru agar anda tidak tertipu :

  1. Carilah Informasi Sebanyak Mungkin

Cara pertama agar anda tidak tertipu adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin, Informasi yang dimaksud mencangkup dari jenis mobil yang anda butuhkan, misalnya saja anda menginginkan mobil keluarga, maka cara informasi sebanyak mungkin tentang mobil tersebut. Dari harganya di pasaran hingga fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Hal ini akan sangat bermanfaat sehingga nantinya anda tidak akan tertipu dengan harga pasaran mobil tersebut.

Disamping  itu cari informasi mengenai dealer-dealer mobil yang memang sudah anda percaya.. Anda bisa mendatangi pameran mobil untuk melihat perbandingan dari harga-harga yang ditawarkan masing-masing dealer mobil.

Baca Juga ( Tips Membeli Mobil Baru Secara Kredit Bagi Pemula )

  1. Mengenali Spesifikasi dan Fasilitas yang Diberikan

Cara kedua, jangan lupa untuk mengenali benar spesifikasi dan fasilitas mobil yang ingin anda beli. Selain itu kenali sales mobil tersebut dengan baik. Bahkan jika perlu anda dapat mencari informasi dari dealer mobil lainnya yang ada di luar kantor dimana tempat sales tersebut bekerja. Hal ini cukup penting agar anda mengetahui profil serta background dari sales tersebut. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan sales mobil.

  1. Jangan Pernah Tergiur dengan Harga yang Murah

Bagi anda, jangan pernah tergiur dengan harga mobil yang murah. Semua orang menginginkan harga terbaik, namun bukan berarti anda tergiur dengan mobil harga murah dan tidak rasional sama sekali. Anda harus tetap waspada, Bisa jadi semakin murah harga mobil yang ditawarkan sales tersebut, maka pelayanan yang diberikan setelahnya kurang begitu baik bahkan mungkin akan merugikan anda. Sehingga pikir-pikir kembali jika anda ditawarkan harga mobil yang terlalu murah di pasaran.

  1. Jangan Sungkan untuk Bernegoisasi

Cara keempat ini cukup jarang dilakukan oleh pembeli. Padahal cara ini baik dilakukan. Anda dapat melakukan penawaran harga ketika sudah menemukan dealer yang pas. Sehingga tidak ada salahnya jika anda bernegoisasi harga. Siapa tahu nantinya dealer mobil dapat memberikan penawaran yang terbaik untuk anda. Jika dealer mobil menolak dan harga belum sesuai dengan budget anda, maka anda bisa mencari dealer mobil lainnya yang mungkin sesuai dengan budget yang anda miliki.

  1. Lakukan Test Drive

Test Drive wajib anda lakukan agar anda tidak tertipu pada akhirnya. Sangat penting untuk bisa melakukan test drive sehingga anda dapat benar-benar mendapatkan mobil yang tepat. Biasanya dealer mobil akan memberikan waktu kurang lebih sekitar 30 menit untuk melakukan test drive. Saat melakukan uji kendaraan, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, antara lain:

  • Cobalah beragam teknologi dan fitur-fitur yang disematkan pada mobil tersebut mulai dari audio, power window, air conditioner, internet, dan masih banyak lainnya.
  • Perhatikan juga ukuran kabin serta bagasi mobil. Meskipun sepele namun hal ini mempunyai peran yang cukup penting.
  • Jangan lupa untuk perhatikan hal-hal yang teknis, semisal sistem transmisi, handbrake, akselerasi mesin, dan lainnya. Pastikan jika transmisi yang anda pilih nyaman digunakan. Di pasaran sendiri tersedia 2 jenis transmisi yang umum ditawarkan yaitu manual dan automatis. Cari informasi mengenai kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis sistem transmisi tersebut.
  • Rasakan kenyamanan kursi pengemudi mobil. Bagaiaman mengatur serta apakah seat belt terasa nyaman digunakan. Lihat bentuk dashboard apakah sudah sesuai dengan postur tubuh atau tidak. Hal ini akan sangat mempengaruhi visibilitas saat mengemudi.
  • Hidupkan mesin dan kendarai mobil di jalanan. Rasakan akselerasi kendaraan, pergantian transmisi serta kualitas kemudi. Cobalah pula untuk memarkirkan mobil di dalam berbagai posisi. Dari sanalah nantinya anda bisa merasakan kelemahan dari mobil tersebut. Cobalah untuk memacu kendaraan dan rasakan kualitas suspensinya.

Baca Juga ( Cara Test Drive Paling Tepat Agar Performa Mobil Tetap Baik )

  1. Lakukan Pengecekan Pada Saat Penyerahan

Yang terakhir, ketika anda melakukan pengecekan saat penyerahan, lakukan beberapa pengecekan pada kondisi mobil. Untuk itu chek list terlebih dahulu beberapa hal yang berkaitan dengan mobil tersebut, mulai dari eksterior, interior, dongkrak, palang darurat, kelengkapan P3K, dan lainnya. Jangan sesekali memaklumi jika kelengkapan-kelengkapan tersebut kurang bahkan tidak diberikan. Jika anda memakluminya, maka hal ini sama saja anda mengundurkan waktu yang cukup lama untuk pihak dealer dalam memenuhi kekurangannya tersebut. Ingatlah bawa anda bukanlah satu-satunya konsumen yang dilayani. Jika anda memakluminya maka anda bisa-bisa tidak terlalu diprioritaskan nantinya.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara membeli mobil agar anda tidak tertipu oleh sales-sales nakal. Jangan terburu-buru membeli mobil, lakukan setiap stepnya dengan perlahan namun pasti. Sangat disarankan membawa teman atau kerabat yang lebih memahami tentang pembelian mobil agar semakin kecil kemungkinan nantinya anda tertipu. Salam.

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here