7 Pemilihan Bahan Bakar Mobil yang Tepat

Pemilihan bahan bakar yang tepat ini sedikit banyak memberikan dampak atau pengaruh bagi performa kendaraan kita. Namun pada kenyataanya ada begitu banyak kendaraan yang menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobilnya. Alih–alih karena harga yang murah, ada begitu banyak yang tidak memperhatikan bahan bakar yang tepat untuk mobilnya sehingga ada banyak masalah yang akan ditimbulkannya.

Memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan anda akan berperan penting dalam menjaga mesin mobil tetap lancar, jauh dari maslaah dan tentunya bisa berumur panjang. Banyak hal yang perlu sobat perhatikan dalam pemilihan bahan bakar yang tepat untuk anda. Selain menentukan tingkat atau ukuran oktan yang tepat, anda juga harus tau dan harus paham lingkungan mengemudi dan design asli dari komponen mesin mobil anda miliki tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam hal pemilihan bahan bakar mobil yang tepat agar mobil awet. Simak penjelasan di bawah ini ya!

  1. Pilihlah Bahan Bakar Yang Sesuai Dengan Kendaraan Anda

Pada umumnya setiap kendaraan menggunakan jenis bahan bakar diesel yang berbeda satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, mobil yang membutuhkan bahan bakar diesel dan mobil yang memerlukan bensin biasa. Bahan bakar dengan jenis diesel ini kurang tepat digunakan pada mobil yang berjenis bensin.

  1. Jangan Berasumsi Bahwa Semakin Tinggi Oktan Itu Semakin Baik

Pemilihan bahan bakar mobil yang tepat kedua adalah dengan menetukan tingkat atau ukuran oktan. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin tinggi oktan maka akan bisa meningkatkan performa mesin anda.

Namun pemikiran tersebut tersebut tidaklah selalu benar, kerena oktan yang tinggi tidak selalu menetukan tingakt performa mesin anda, tergantung jenis mesin anda menggunakan ukuran oktan yang normal berapa.

  1. Jika Ragu, Sebaiknya Periksalah Buku Manual Mobil Anda

Dengan cara ini anda akan mudah untuk mengetahui jenis bahan bakar yang cocok untuk mobil anda.

Baca Juga (Fungsi Busi pada Mobil)

  1. Kunjungi Situs Mobil Yang Kamu Miliki

Tips yang keempat adalah dengan cara mengunjungi situs mobil yang anda miliki. Untuk menambah keyakinan akan informasi mengenai pemilihan bahan bakar serta ukuran oktan yang tepat untuk mobil anda, ada baiknya jika anda mengunjungi situs mobil yang anda miliki.

  1. Imbangi Dengan Oli Mesin Yang Bagus

Selanjutnya adalah mengimbangi bahan bakar anda dengan oli mesin yang bagus. Untuk menciptakan harmoni yang bagus antara performa mobil dengan bahan bakar yang anda pilih, maka sebaiknya anda mengimbanginya dengan menggunakan oli mesin yang bagus.

Dengan menggunakan cara ini, selain performa mesin mobil anda akan meningkat, hal ini juga tentunya membuat mesin mobil anda lebih awet sehingga umurnya bisa lebih panjang.

Baca Juga (Akibat Kelebihan Oli)

  1. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Sebaiknya sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil, ada baiknya anda menyesuaikan terlebih dahulu dengan budget anda. Budget disini menyangkut semua biaya perawatan, biaya bensin yang anda gunakan setiap harinya.

Jangan sampai anda menggunakan mobil yang tidak sesuai dengan kapasitas anda. Misalnya saja, mobil anda standarnya mengguankan bahan bakar “ A “, namun karena budget yang kurang anda menggantinya dengan bahan abkar “ B “. Nah pada saat seperti inilah performa mesin anda akan mengalami masalah nantinya.

  1. Terapkanlah Perilaku Berkendara yang Baik

Pemilik kendaraan perlu menjaga perilaku berkendara anda dengan baik. Sebaik apapun jenis bahan bahan bakar, dan sebagus apapun jenis mobil anda jika anda mengemudikannya dengan cara yang tidak tetap atau ugal – ugalan, maka hal tersebut akan membawa dampak buruk terhadap mesin mobil anda secara keseluruhan. Untuk itu, sebaiknya jagalah perilaku berkendara anda agar mobil anda lebih awet.

Nah, itu tadi tips memilih bahan bakar mobil yang tepat. Semoga bermanfaat ya!

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here