Cara Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai dengan Baik dan Benar

Beberapa orang masih beranggapan bahwa barang yang jarang dipakai, tentu saja akan awet. Namun faktanya tidak. Barang yang jarang dipakai, mayoritas akan cepat rusak, begitu juga dengan mobil. Mobil yang jarang dipakai dan terlantar digarasi, lama kelamaan akan muncul masalah. Tapi bukan berarti anda tidak merawat mobil anda yang jarang dipakai tersebut.

Artikel kali ini akan membahas mengenai tata cara merawat mobil yang jarang dipakai, dengan baik dan benar. Berikut adalah penjelasannya :

  1. Kerusakan Pada Aki

Point pertama untuk merawat mobil yang jarang dipakai adalah jangan lupa memperhatikan aki nya. Karena aki dapat rusak jika anda tinggalkan atau terlalu lama tidak anda gunakan.

Jika anda memang berniat untuk tidak menggunakan mobil dalam waktu lama, anda sebaiknya melepas kabel aki yang masih tersambung agar lebih awet dan dayanya pun tidak berkurang. Cara melepasnya dimulai dari kutub negatif lalu ke kutub positif. Untuk memasang kebalikannya, yaitu kutub positif terlebih dahulu baru kutub negatif.

Baca Juga ( Tips Memilih Aki yang Awet dan Berkualitas )

  1. Kempisnya Ban Mobil

Tidak hanya aki, ban juga akan kempis jika lama tidak anda pakai. Memang ini tidak langsung, namun perlahan tapi pasti, ban mobil akan mengempis sedikit demi sedikit.

Baca Juga ( Cara Merawa Ban Mobil Agar Awet Digunakan )

  1. Kerusakan Pada Wiper

Jangan lupa untuk merawat wiper mobil jika mobil anda memang jarang dipakai.  Wiper yang mengeras adalah salah satu akibat dari kurangnya merawat mobil yang jarang dipakai. Sebabnya wiper tersebut terlalu lama menempel pada kaca mobil sehingga kehilangan kelenturan. Solusi perawatannya adalah meletakkan penahan antara wiper dengan kaca mobil agar tidak terlalu lama menempel. Itu banyak di jual toko-toko , Sebenarnya ada juga alternatif lain. Anda tidak harus memakai alat penahan. Anda juga bisa menggunakan potongan kayu atau busa.

  1. Lengket Pada Piringan Rem

Jika mobil jarang dipakai, piringan rem umumnya akan lengket. Karena cairan hidrolik yang berfungsi menggerakkan piston berkarat tidak berfungsi jika mobil tidak dikendarai sama sekali. Lebih baik, non-aktifkan rem tangan terlebih dahulu jika anda berencana tidak menggunakan mobil anda dalam waktu yang lama.

  1. Berdebu

Mobil yang lama tidak dikendarai, sudah barang otomatis akan berdebu dan menumpuk. Kalau sudah begitu, cuci bagian yang mudah terjangkau dulu seperti bodi untuk membasuh semua kotoran yang menempel. Lalu periksa dan bersihkan bagian-bagian mesin yang sulit dijangkau. Gunakan sikat dan sabun colek. Untuk bagian interior, pakailah penyedot debu. Pastikan mobil benar-benar bersih jika anda kembali dari perjalanan anda.

  1. Penurunan Kualitas BBM

Mobil yang jarang dipakai, sudah barang otomatis mengalami penurunan kualitas BBM. Sebaiknya anda mengisi BBM hingga penuh sebelum memulai perjalan jauh. Ini baik dilakukan untuk mencegah ruang udara yang berpotensi menghasilkan embun. Embun yang tercipta dikhawatirkan akan berdampak ke kualitas BBM dan nanti akan membuat performa mesin menurun.

Baca Juga ( Tips Agar Mobil Hemat BBM yang Paling Mudah Dilakukan )

Nah, itu tadi beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai agar tidak cepat rusak. Semoga senantiasa bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih sudah menyempatkan waktu membaca artikel di Otomotif1. Salam.

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here