Mercedes-Benz Axor Euro 4 Resmi Mengaspal Di Indonesia

Otomotif1.com l – Mercedes-Benz Axor EURO 4 resmi mengaspal di Indonesia setelah diresmikan peluncurannya oleh Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DVCI).

Turut hadir dalam acara peluncuran Naeem Hassim – General Manager Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DVCI), serta Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, yang mewakili pemerintah.

Mercedes-Benz Axor EURO 4 merupakan truk Eropa pertama di Indonesia yang telah menerapkan spesifikasi Euro 4. Melanjutkan penyesuaian Euro 4 yang sudah dilakukan oleh truk-truk pabrikan Jepang.

Mercedes-Benz Axor Resmi Mengaspal Di Indonesia

Penerapan spesifikasi Euro 4  untuk kendaraan diesel di Indonesia telah diterapkan pada 7 April 2022 yang sempat diundur pelaksanaannya satu tahun karena pandemi Covid-19.

Sejak resmi berlaku, sejumlah produsen di dalam negeri telah meluncurkan truk dengan spesifikasi Euro 4, namun kebanyakan merek Jepang seperti Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso dan UD Truck.

Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan komersial Mercedes-Benz, Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), baru menyatakan kesiapannya pada Euro 4 saat meluncurkan Axor.

Mercedes-Benz Axor Resmi Mengaspal Di Indonesia

Langkah besar yang dilakukan DCVI mendapat apresiasi dari Kementerian Perindusrian RI yang menyatakan dalam siran resminya, Axor menjadi produk pertama Eropa yang memperkenalkan truk dengan standar Euro 4.

Naeem Hassim dalam sambutannya mengatakan, bahwa Sebagai bentuk dukungan Daimler Truck kepada pemerintah Indonesia, berkomitmen untuk terus melakukan proses transisi melalui penyempurnaan pada produk-produk unggulannya.

“Kami sangat senang dapat berkontribusi dalam babak baru transportasi kendaraan niaga di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” jelas Naeem.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 Resmi Mengaspal Di Indonesia

Mercedes-Benz Axor Euro-4 tetap menggunakan mesin lama OM 906 LA melalui beberapa penyesuaian untuk mengusung spesifikasi Euro-4.

Mesin OM 906 LA merupakan mesin yang terbukti tangguh, bertenaga besar 6.370 cc, dilengkapi dengan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR),  dan ZPD pump.

Dengan kombinasi SCR dan ZPD pump, DCVI yakin Mercedes-Benz Axor Euro-4 akan memerikan waktu operasi (uptime) yang tinggi dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000 Km.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 Resmi Mengaspal Di Indonesia

Peningkatan efisiensi bahan bakar emisi yang lebih bersih berkat teknologi SCR yang memanfaatkan AdBlue sebagai cairan katalis yang akan menurunkan kadar emisi yang diproses di ruang bakar mesin.

Perubahan lain yang dilakukan pada mesin OM 906 LA juga terdapat pada peak firing pressure yang menjadi maksimal 165 bar, tekanan injektor maksimal 1.800 – 1.900 bar, dan lubang injeksi menjadi 8 buah.

Mercedes-Benz Axor Euro-4 diproduksi di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 Resmi Mengaspal Di Indonesia

“Kami berharap, DVCI tetap menjadi pelopor dalam pengembangan kendaraan dengan standar yang lebih tinggi sesuai dengan spek global. Ini akan mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan nilai tambah di dalam negeri, serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Taufiek Bawazier.

Faustina – Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia, mengatakan, ” Axor Euro-4 telah membawa kami untuk melangkah maju dan bangga denga dua strategi utama yaitu penyempurnaan sebagai bentuk komitmen bisnis kami dalam menjawab suara konsumen yang membutuhkan truk denga kemampuan yang handal, tangguh, efisien dan ramah lingkungan.”

Disisi lain, Axor Euro-4 juga telah membawa DCVI kepada peningkatan produksi rakitan dalam negeri dengan menambah jajaaran model baru pada akhir tahun 2022 yang mencapai tujuh model dan akan terus berlanjut hingga akhir tahun mendatang.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 Resmi Mengaspal Di Indonesia

Hal ini sejalan dengan strategi pemerintah untuk terus mendorong peningkatan komponen dalam negeri dlaam dunia otomotif dan lead time yang lebih rendah dalam memenuhi permintaan pelanggan DCVI.

“Saat ini, Mercedes-Benz Axor Euro-4 kini sudah bisa dipesan di dealer resmi DCVI dan AdBlue sebagai cairan katalisator untuk teknologi SCR tersedia di seluruh jaringan dealer resmi kendaraan niaga Mercedes–Benz di Indonesia,” ungkap Faustina lagi.

DVCI juga meluncurkan call centre resmi Daimler Truck Indonesia, yang dapat dihubungi melalui telpon dan Whatsapp di 021-3000 1971 serta e-mail [email protected] untuk mendapatkan informasi seputar penjualan kendaraan dan suku cadang Mercedes-Benz Truk dan Bus di Indonesia.

Hal ini bertujuan agar DCVI dapat selangkah lebih dekat lagi dengan konsumen Mercedes-Benz Truk dan Bus Indonesia dimanapun berada.

Informasi lengkap mengenai berbagai produk truk dari Daimler Commercial Vehicle Indonesia dapat di akses melalui link website resmi di www.mercedes-benz-trucks.co.id

***

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here