Meski Setiap Tahun Ada Penurunan Tipis, Toyota dan VW Jadi Mobil Terlaris di Dunia

Otomotif1.com – Produsen kendaraan roda empat asal Jepang, Toyota Motor Corporation berhasil menjadi pabrikan kendaraan terlaris di dunia pada periode 2022.

Seperti dikutip dari Reuters pada Senin (22/5/2023), berita tersebut menuliskan hal tersebut setelah Toyota berhasil menjual sebanyak 10,5 juta kendaraan bermotor yang mencangkup merek Daihatsu dan truk Hino.

Hal tersebut membua Toyota berada di peringkat teratas dunia sepanjang tiga tahun berturut-turut walaupun tedapat penurunan tipis sebesar 0,1 persen secara tahunan.

Rekor penjualan luar negeri sebanyak 8,6 juta kendaraan membantu mengimbangi penurunan 9,6 persen di pasar dalam negeri yang hanya sebanyak 1,9 juta unit.

Saingan Toyota yang berada di peringkat kedua adalah Grup Volkswagen. Pada awal bulan ini, Volkswagen melaporkan penjualan terendah dalam lebih dari satu dekade, sebanyak 8,3 juta kendaraan. Kondisi ini terjadi penutupan monilits publik selama terjadinya pandemi Covid-19 di China dan perang di Ukraina yang merusak rantai pasokan.

Selain itu, peningkatan kapasitas produksi serta optimalisasi di Asia dan Amerika Utara membantu Toyota meningkatkan produksi global sebesar 5 persen pada tahun 2022. Mengutip Business Insider, ke depannya, Toyota mengatakan situasinya tetap sulit diprediksi karena kekurangan semikonduktor dan Covid-19. Kendati demikian, perusahaan mencatat bahwa ada rebound dari kekurangan pasokan suku cadang yang terkait dengan penyebaran pandemi Covid-19 di tahun sebelumnya.

 

 

UPDATE TERBARU

Related news

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here